Pesan error “Sayangnya Google Play Store telah berhenti” mengindikasikan bahwa aplikasi Play Store di perangkat Anda tidak dapat digunakan dikarenakan adanya masalah. Jika dibiarkan masalah ini akan menjadi lebih serius, sebab Google Play Store adalah piranti lunak paling vital di sebuah perangkat Android. Tanpanya, smartphone ataupun tablet tak dapat bekerja dengan optimal dan lebih beresiko akan kontaminasi virus ataupun malware dikarenakan pemasangan aplikasi melalui cara yang tak aman.

Untuk mengatasinya, ada 4 opsi yang bisa Anda tempuh.

Hapus Cache dan Data

Cara pertama, hapus cache dan data Play Store yang tersimpan. Caranya, buka menu Setting – manajer aplikasi – Google Play Store kemudian klik tombol Clear cache.

Force Stop Play Store

Berikutnya, cobalah untuk menghentikan aplikasi Play Store secara paksa dengan menekan tombol Force Stop. Selanjutnya, tekan tombol Disable. Setelah itu, coba restart smartphone Anda kemudian kembali buka menu Setting – App – All – Google Play Store dan kembali aktifkan dengan menekan tombol Enable. Sekarang coba jalankan Play Store Anda.

 

Uninstall Update Play Store

Google Play Store dalam banyak kasus melakukan pembaruan secara otomatis agar pengguna mendapatkan pengalaman paling optimal saat membutuhkan aplikasi baru. Tapi, bisa jadi pembaruan inilah yang membuat Play Store berhenti bekerja. Cobalah copot update yang terpasang, langkah awalnya sama, buka menu Setting – App – Google Play Store kemudian tekan tombol Uninstall Update. Jika ternyata masalah belum selesai, maka Anda bisa mencoba cara keempat di bawah.

Matikan Ponsel, Cabut Baterai, SIM dan Memori Lalu Diamkan

Cara terakhir untuk mengatasi pesan error “Sayangnya Google Play Store telah berhenti”, adalah dengan mematikan ponsel, cabut baterainya, kartu SIM dan juga memori. Kemudian diamkan paling singkat selama semalam. Esok harinya, silahkan pasang kembali semua komponen dan hidupkan.

Selamat mencoba, dan semoga masalah Anda segera teratasi dengan salah satu dari trik di atas.

Sumber gambar header Pixabay.