1. Startup

4 Hal Yang Kita Butuhkan Dari Pemerintah

Seiring meningkatnya aktivitas di industri teknologi di Indonesia, saya pikir pemerintah mulai harus lebih serius mendukung dan juga menanggapi permasalahan yang mungkin muncul nantinya. Beberapa minggu ini saya belajar banyak dari para pemimpin industri teknologi dan belajar bagaimana peranan pemerintah dalam memupuk inovasi, mendukung industri dan juga melindungi pemain dan konsumennya.

Saya pun keluar dengan beberapa hal yang menurut saya krusial untuk segera dilaksanakan demi mendukung dan melindungi industri teknologi Indonesia yang masih awal, rapuh dan butuh dukungan. Bapak Tifatul Sembiring yang terhormat, coba ini mungkin saja bisa menjadi masukan ;-)

Intellectual Property Law

Hak kekayaan intelektual ini adalah pondasi awal yang krusial untuk memicu inovasi, saat ini kebanyakan orang malas berinovasi karena mereka tidak mengerti bagaimana mereka bisa memiliki kuasa atas inovasi/ide mereka tersebut. Tentu saja kita sudah punya undang-undang tersebut, tapi sudah rahasia umum bahwa hal ini mudah sekali dikompromikan. Regulasi dan eksekusi dalam hal ini penting untuk bisa mendongkrak inovasi di Indonesia, terutama di bidang teknologi.

Entrepreneurship / industry support

Kita semua juga tahu bagaimana menderitanya ketika kita ingin mendirikan perusahaan di Indonesia, biaya resmi tidak seberapa namun sogok sana-sini untuk memotong jalur birokrasi menjadi isu tersendiri di Indonesia. Hal ini tentu saja membuat banyak pihak merasa kesulitan ketika ingin memulai perusahaan tanpa modal milyaran.

Alangkah baiknya jika pemerintah bisa memberikan stimulus kecil seperti kemudahan untuk memulai perusahaan (PT), potongan pajak dan lain-lain. Contoh saja, pemerintah bisa membebaskan pajak untuk perusahaan yang berusia kurang dari 2 tahun dan didirikan oleh warga negara yang berusia dibawah 30 tahun untuk memicu industri wiraswasta yang juga menjadi pondasi penting untuk ekonomi bangsa.

Di beberapa negara, pemerintah (atau institusi pendidikan) bahkan memberikan stimulus dana kapital untuk warga negara / mahasiswa dengan mengambil persentase kepemilikan perusahaan tersebut. Dalam hal ini, negara / institusi pendidikan berperan layaknya Venture Capital yang mendanai warga negara / mahasiswanya.

Investment policy

Dengan mulai banyaknya aktivitas funding dari beberapa entitas luar, ada baiknya pemerintah mulai memperjelas posisi regulasi untuk investasi di Indonesia. Regulasi yang saat ini berjalan menjadi halangan bagi perusahaan teknologi multinasional seperti Google, Facebook, dan banyak lainnya untuk membuka kantor di Indonesia (investasi). Padahal ketika perusahaan multinasional membuka kantor di Indonesia, maka banyak keuntungan yang kita dapatkan mulai dari traksi perusahaan lain sampai penciptaan lapangan kerja.

Sudut pandang lain tentu saja soal sensitivitas dominasi pihak luar terhadap market Indonesia, tentu saja ini kembali lagi ke posisi pemerintah dalam hal investasi. Pemerintah bisa memposisikan diri seperti Singapura dimana mereka mengandalkan perusahaan asing menanamkan saham atau seperti China yang memproteksi pasar dalam negeri.

Infrastructure

Masalah ini memang tidak mungkin bisa diselesaikan dalam waktu 1-2 tahun, namun nantinya akan menjadi pondasi yang penting dalam jangka panjang. Infrastuktur backbone internet harus diakui sudah cukup bagus untuk kota-kota besar, namun belum menjangkau daerah-daerah yang sebenarnya juga pasar yang potensial.

Infrastruktur yang lebih spesifik seperti banking, payment yang juga krusial bagi bisnis terutama perusahaan yang berbasis service internet dan mobile. Hal ini bisa mendongkrak bisnis secara signifikan, karena selama ini banyak startup yang masih mengandalkan diri pada bisnis advertising karena infrastruktur pembayaran banking yang belum mapan.

-

Dengan adanya pondasi yang cukup kuat seperti ini, setidaknya industri teknologi di Indonesia bisa cukup kuat untuk terus bertumbuh menjadi salah satu kekuatan industri teknologi di regional Asia tenggara. Saya pun berharap dari teman-teman bisa memberikan masukan kira-kira apa yang pemerintah bisa lakukan untuk mendukung pertumbuhan industri teknologi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again