Categories

Gadget

4 Kamera 360 Derajat Pilihan yang Bisa Anda Beli Sekarang Juga

Keempatnya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri, tapi yang terpenting penggunaannya mudah sekali

Glenn Kaonang - 19 August 2016

Salah satu kegunaan VR headset seperti Google Cardboard atau Samsung Gear VR adalah menonton video 360 derajat. Platform seperti YouTube dan Facebook sudah menyimpan banyak koleksi video 360 derajat, tapi tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri, bukan?

Belakangan ini ada cukup banyak kamera 360 derajat yang membanjiri pasaran. Dari semua itu, mana yang layak dibeli? Mana yang bisa menghasilkan video 360 derajat berkualitas lumayan? Mana yang mudah dioperasikan? Tapi yang paling penting, mana yang bisa Anda beli sekarang juga?

Berikut ini adalah 4 kamera 360 derajat yang bisa Anda beli lewat toko online di tanah air. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, namun yang terpenting semuanya mudah sekali digunakan.

1. Ricoh Theta S

Ricoh Theta S / Ricoh

Produsen kamera asal Jepang ini bisa dibilang sebagai pemain lama dalam ranah kamera 360 derajat. Theta S merupakan suksesor dari Ricoh Theta yang menuai cukup sukses berkat desainnya yang ringkas dan kemudahan pengoperasiannya.

Wujudnya sepintas seperti sebuah remote control. Di bagian atasnya, tampak sepasang lensa fisheye f/2.0 yang menutupi sepasang sensor CMOS 1/2,3 inci. Masing-masing sensor memiliki resolusi 14 megapixel, dan video 360 derajat bisa direkam dalam resolusi 1080p.

Tidak ada layar apapun pada bodi Theta S. Semua pengaturan bisa dilakukan lewat smartphone atau tablet dengan mengandalkan konektivitas Wi-Fi. Sebuah tombol perekaman di bawah lensa membuat anak kecil pun bisa mulai merekam dengan mudah.

Beli: Blibli - Rp 5.600.000

2. Samsung Gear 360

Samsung Gear 360 / Samsung

Termasuk salah satu yang paling baru, Gear 360 yang berwujud seperti bola ini unik karena bisa digunakan dalam mode satu lensa atau dua lensa, sehingga pengguna bebas memakainya sebagai sebuah action cam biasa atau kamera 360 derajat.

Ia ditenagai oleh sepasang sensor CMOS beresolusi 15 megapixel dan sepasang lensa f/2.0 dengan sudut pandang masing-masing 180 derajat. Dipadukan semuanya, Gear 360 bisa menghasilkan foto spherical dalam resolusi 30 megapixel, atau video 360 derajat beresolusi 3840 x 1920 pixel dalam kecepatan 30 fps.

Terdapat sebuah display PMOLED sebagai indikatornya. Kamera ini mengandalkan chipset DRIMe5s yang dipakai oleh lini kamera mirrorless Samsung. Ia pun juga bisa diselipi kartu microSD dengan kapasitas maksimum 128 GB.

Beli: Blibli - Rp 4.999.000

3. LG 360 CAM

LG 360 CAM / LG

Bentuknya sepintas terlihat seperti versi kerdil dari Ricoh Theta S. Sepasang sensor yang digunakan mempunyai resolusi masing-masing 13 megapixel, dan video 360 derajat siap ia rekam dalam resolusi 2K.

Uniknya, LG 360 CAM tidak cuma mementingkan soal video saja, tetapi audio juga bisa direkam dalam mode surround 5.1 channel, sehingga kesan immersive bisa semakin diperkuat saat video diputar di VR headset.

Terdapat penyimpanan internal sebesar 4 GB, tapi pengguna juga bisa menambahkan kartu microSD. Sama seperti dua kamera lain di atas, ia juga mengemas konektivitas Wi-Fi agar bisa disambungkan dengan smartphone.

Beli: Blibli - Rp 3.199.000

4. Brica Insta360 Nano

Insta360 Nano / Insta360

Brica Insta360 Nano unik karena bisa dijadikan aksesori untuk iPhone 6 maupun iPhone 6S berkat konektor Lightning-nya. Manfaatnya, pengguna bisa menyiarkan hasil perekaman video 360 derajat secara langsung dengan cara ini.

Kalau live streaming bukan prioritas Anda, kamera ini masih bisa digunakan seperti kamera 360 derajat lainnya. Dua lensa beserta sensornya sanggup merekam video 360 derajat dalam resolusi 3K (3040 x 1520 pixel) dan kecepatan 30 fps.

Sebuah slot microSD telah tersedia sehingga pengguna tak perlu khawatir storage milik iPhone-nya terkuras saat kamera dipasangkan. Hal lain yang tak kalah unik adalah kotak kemasannya yang bisa dijadikan sebagai VR Cardboard.

Beli: Blibli - Rp 2.999.000

*) Update: Penambahan keterangan nama brand untuk Brica Insta360 Nano. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter