Categories

Gadget

4 Laptop Baru Dell Ini Diramu Demi Merespons Evolusi yang Terjadi di Tempat Kerja

Ada Latitude 13 7390 2-in-1, Latitude 13 7390, Latitude 12 5290 serta Vostro 13 5370.

Yoga Wisesa - 15 March 2018

Cara manusia bekerja saat ini sudah sangat berbeda dari di era terdahulu. Kegiatan tersebut kini tak cuma dilakukan di lokasi spesifik seperti meja kerja atau ruang rapat di kantor, tapi bisa di mana saja. Menurut Dell, perubahan karakteristik pekerja ini harus ditanggapi para produsen secara sigap agar produk dan layanan mereka mendukung kegiatan produktif dengan optimal.

Untuk memberikan solusi atas evolusi tersebut, sang perusahaan komputer multinasional asal Texas itu meluncurkan empat tipe laptop kelas bisnis buat jenis pekerja ‘new generation’ – yakni mereka-mereka yang biasanya melangsungkan kegiatan produktif secara remote, dalam perjalanan, atau di sela-sela meeting. Dell juga sadar, mereka tidak bisa hanya menawarkan perangkat berdesain portable saja.

Dell 1

Dalam meracik produk, ada sejumlah hal yang harus produsen perhatikan: bobot dan portabilitas, reliabilitas, keamanan, daya tahan baterai, kinerja hardware, dan layanan purna jual. Dell sendiri yakin poin-poin ini sudah terpenuhi di laptop-laptop anyar mereka, meliputi Latitude 13 7390 2-in-1, Latitude 13 7390, Latitude 12 5290 serta Vostro 13 5370. Dan seperti biasa, pelanggan dipersilakan menentukan sendiri spesifikasi sistemnya sesuai kebutuhan.

 

Vostro 13 5370

Di antara empat laptop baru Dell, Vostro 13 5370-lah menyuguhkan desain dan fungsi yang paling mendekati produk multimedia kelas konsumen. Perangkat ini menyajikan layar 13-inci beresolusi full-HD, lalu tubuhnya tersusun atas material aluminium, dirancang agar tipis, ringan serta stylish. Lalu buat mendukung penyajian suara, Dell turut membenamkan teknologi Waves MaxxAudio.

Dell 6

Dell 9

Namun karena menunjang bisnis merupakan prioritas utamanya, sang produsen betul-betul memerhatikan kelengkapan konektivitas. Di sana ada USB 3.1, USB 3.1 type-C, HDMI, slot pembaca kartu SD serta webcam HD.

Dell 8

Dell 7

Sebagai otaknya, Dell mencantumkan prosesor Intel Core generasi kedelapan (Intel menjanjikan produktivitas 31 persen lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya). Lalu Anda juga dapat membekali Vostro 13 5370 dengan penyimpanan berbasis solid-state drive berkapasitas hingga 512GB serta RAM DDR4 sampai 32GB. Terdapat pula opsi kartu grafis discrete AMD Radeon 530.

 

Latitude 13 7390

Latitude 13 7390 diramu buat konsumen yang membutuhkan perangkat kerja tahan banting, berkonektivitas lengkap, serta ditopang fitur-fitur keamanan esensial. Device ini ideal digunakan para administrator IT dalam menjalankan enkripsi, melakukan pemindaian malware, serta mengoperasikan software untuk mengamankan data para karyawan. Laptop mengusung arahan desain tradisional, menyuguhkan display 13,3-inci 1920x1080p.

Dell 15

Dell 17

Di dalam, Dell menyematkan prosesor Intel Core vPro generasi kedelapan dan juga pilihan storage SSD. Aspek yang membuat Latitude 13 7390 spesial adalah perhatian produsen terhadap keamanan. Laptop ini ditopang Dell ControlVault 2.0, Smart Card Reader (contactless maupun contacted), kamera inframerah, hingga pemindai sidik jari untuk menyederhanakan proses log-in.

Dell 16

Dell 18

Lalu apa itu vPro? vPro ialah teknologi yang memungkinkan dilakukannya pengelolaan PC dari jarak jauh oleh departemen IT kantor Anda, diterapkan pada sejumlah prosesor Core dan Xeon. Dengan begini, PC bermasalah dapat segera diperiksa tanpa harus dibawa ke tim IT.

 

Latitude 13 7390 2-in-1

Mungkin alasan mengapa banyak profesional lebih memilih laptop clamshell ialah karena adanya kekhawatiran soal ringkihnya perangkat convertible. Namun Latitude 13 7390 2-in-1 adalah makhluk berbeda. Laptop 2-in-1 13-inci ini tak hanya mendukung empat mode pemakaian, tapi juga mempunyai daya tahan tinggi. Tubuhnya terbuat dari logam magnesium serupa varian clamshell, dengan sepasang engsel putar menyambung bagian layar dan body.

Dell 11

Dell 10

Dell menjelaskan bahwa pengguna tidak perlu cemas untuk membuka dan menutup lid buat menggunakan notebook di mode apapun yang mereka inginkan – baik mode laptop biasa, tenda, layar terbaik ataupun tablet. Dalam uji coba lab, engsel putar 360 derajat Latitude 13 7390 2-in-1 tetap bisa bekerja normal bahkan setelah digerakkan 50 ribu kali.

Dell 12

Dell 13

Selain menggunakan keyboard dan touchpad, interaksi dengan koten bisa Anda lakukan via sentuhan jari atau stylus aktif dari Wacom – terutama saat laptop berada di mode tablet. Dell menjanjikan pengalaman penggunaan sealami menulis di atas kertas.

 

Latitude 12 5290

Notebook ini mengadopsi hampir seluruh kapabilitas varian Latitude lain, termasuk teknologi-teknologi pemindai sidik jari, FIPS 201 Smart Card Reader, serta contactless card reader NFC buat mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan mengakses PC Anda. Menariknya lagi, Latitude 12 5290 menyajikan ukuran layar yang tidak umum: 12,5-inci dengan resolusi HD.

Dell 5

Dell 2

Dalam presentasinya, perwakilan Dell menyampaikan bahwa terlepas dari maraknya tren memperamping tebal laptop, produsen perlu memikirkan apakah desain tersebut betul-betul menunjang user yang jadi sasaran utama produk itu. Tubuh ramping memang membantu, tetapi rasio panjang dan lebar juga jadi aspek penting sehingga laptop tidak memakan tempat ketika diposisikan di ruang sempit – contohnya meja pesawat.

Dell 4

Dell 3

Dan selain konektivitas wireless wajib, Dell turut menyediakan fitur mobile broadband opsional khusus buat Latitude 12 5290.

 

Baterai tahan lama, bobot ringan

Daya tahan baterai menjadi hal yang paling Dell bangga-banggakan di keempat laptop ini. Tanpa tersambung ke sumber listrik, mereka dapat tetap menyala antara 18 sampai 19 jam. Jika menurut Anda masih kurang, Dell telah menyiapkan aksesori Power Companion, yaitu perangkat sejenis power bank yang mampu mendongkrak durasi pemakaian laptop sampai 33 jam (serta bisa mengisi ulang smartphone berkali-kali).

Dell 22

Namun tingginya kapasitas baterai di perangkat-perangkat ini tidak menyebabkan mereka jadi berat. Sebaliknya, bobot seluruh laptop tidak ada yang melampaui 2kg, berkisar antara 1,2kg sampai 1,42kg.

Dell 20

 

Harga dan ketersediaan

Sebagai produk komersial, harga empat laptop Dell ini ditentukan oleh spesifikasi sesuai pesanan konsumen. Meski demikian, detail mengenai estimasi harganya bisa Anda lihat di bawah:

  • Vostro 13 5370: mulai dari Rp 10,7 juta; atau alternatifnya Vostro 14 5471: mulai dari Rp 10,3 juta
  • Latitude 13 7390: mulai dari Rp 19,6 juta
  • Latitude 13 7390 2-in-1: mulai dari Rp 23 juta
  • Latitude 12 5290: mulai dari Rp 14,9 juta

Semua produk Dell ini sudah tersedia di Indonesia.

Dell 21

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id