3 September 2013

by Bambang Winarso

4 Manfaat Hashtag di Facebook Untuk Pemasar

Sobat TRL pastinya sudah tak asing lagi dengan kehadiran hashtag atau tagar di Facebook, sejak dirilis beberapa waktu yang lalu fitur ini sepertinya membawa dampak positif terutama untuk para pemasar yang ingin mengkampanyekan produk terbaru atau event tertentu.

TRL juga sempat mengulas tips penggunaan tagar di media sosial dan kali ini kita akan bahas kembali topik tentang hashtag tapi lebih fokus ke jejaring sosial Facebook dan sedikit menyentuh ranah pemasaran.

Menutur socialmediaexaminer.com ada 4 cara pemanfaatan hashtag yang dapat digunakan oleh pemasar, 4 manfaat ini dapat sobat adopsi untuk menciptakan kampanye pemasaran yang efektif atau sebagai jurus tambahan guna melengkapi pengetahuan yang sudah sobat miliki.

Menjangkau Konsumen Lebih dengan Hashtag yang Relevan

Hashtag yang relevan dengan post menjadi nilai tambah sebab memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang lebih terkait post Anda. Memposting sebuah link berisi informasi berupa "tips membeli busana muslim" dengan hashtag#kaoscouple tentu bukan strategi marketing yang tepat, yang paling tepat misalnya dengan membuat hashtag #busanamuslim.

Menguatkan Brand

Hashtag tidak hanya berupa potongan kalimat yang menghubungkan satu post dengan post lainnya tetapi juga berguna untuk menciptakan brand marketing yang solid. Bagaimana caranya? Dengan cara membuat hashtag spesial yang menjadi ciri khas, jika dalam strategi promosi biasa disebut dengan slogan. Dalam artikelnya socialmediaexaminer.com menjadikan The Home Depot sebagai bahan percontohan, di mana The Home Depot menggunakan hashtag #HDhacks sebagai hashtag spesial mereka sehingga audiens akan mudah mengindentifikasi informasi yang diberikan.

Kampanye Lintas Platform

Ini sedikit unik, meskipun Twitter dan Facebook bisa dikatakan bersaing menjadi jejaring sosial nomor wahid di jagat raya tetapi keduanya ternyata masih sehati. Terbukti Twitter menawarkan penggunanya untuk terhubung ke Facebook sehingga post yang Anda share di Twitter akan muncul juga di Facebook page atau profile lengkap dengan hashtag. Manfaatnya, di Twitter hashtag Anda ditemukan dengan mudah dan di Facebook juga demikian, ada dua manfaat dengan satu aksi saja.

Promo dan Event Spesial

Hashtag dapat pula dimanfaatkan untuk mempromosikan penawaran spesial atau event terbaru, yang paling sederhana misalnya kontes review produk atau SEO. Anda dapat menyertakan hashtag #kontes atau #diskonseptember untuk memberikan identitas spesial pada post atau link yang Anda publikasikan di Facebook.


Keberadaan hashtag di Facebook dinilai oleh beberapa ahli memberikan manfaat lebih kepada pemasar ketimbang kalangan personal, walaupun anggapan lain menyebutkan bahwa hashtag dapat pula dimanfaatkan sebagai senjata kampannye personal branding. Sobat punya pendapat berbeda?

Sumber gambar header: Hashtag via Shutterstock