Membangun sebuah blog membutuhkan banyak persiapan dan pemikiran. Salah satu yang paling penting dan menentukan keberhasilan adalah memilih topik atau niche yang akan menjadi pokok bahasan dalam blog tersebut. Pemilihan niche pun ditentukan oleh banyak faktor, antara lain minat, latar belakang pendidikan, tren, lokasi, target pembaca dan pasar.

Tapi di kesempatan ini saya tidak akan bicara soal faktor-faktor itu, karena dalam perspektif pemasar internet, Anda hanya harus menjawab satu hal terpenting; adakah “pembeli” untuk topik yang Anda jual? Jika jawabannya; tidak, maka tak peduli seberapa besar obsesi Anda akan suatu minat, sebaiknya lupakan. Karena topik tersebut hanya akan jadi hiasan di dunia maya tanpa membawa Anda ke sebuah pencapaian yang bernilai.

Lalu, topik apakah yang paling menguntungkan di bisnis internet dan mempunyai masa depan yang cerah? Berikut adalah 4 pilihan topik yang bisa jadi inspirasi.

Bisnis

Bisnis mencakup banyak aspek dan tingkatan sehingga pangsa pasar yang dijangkau bisa sangat luas. Dalam banyak pendekatan, bisnis selalu berkaitan dengan profit, modal, uang dan aset. Sehingga topik bisnis adalah topik yang menguntungkan dan dihubungkan dengan nilai iklan yang juga tinggi.

Sebagai contoh sederhana untuk membantu Anda memutuskan, misalnya Anda punya kegemaran berburu atau menembak dan bermaksud memilih topik tersebut sebagai bahasan di blog Anda. Tapi, bandingkan dahulu grafik tren di bawah ini, menurut Anda manakah yang punya potensi besar mendatangkan profit?

Traveling

Dikutip dari data Kementerian Pariwisata Indonaia (Kemenpar), kunjungan wisatawan dalam negeri mencapai 6,7 juta orang di tahun 2016 ditambah wisatawan luar negeri yang mencapai angka 9 juta lebih. Jika ditotal, Anda akan mendapati angka 15 juta wisatawan yang menikmati tempat-tempat rekreasi di Indonesia. Angka itu adalah pasar pembaca Anda jika memilih topik traveling.

Sementara menurut data Frost & Sullivan, di tahun 2011 saja orang Indonesia menghabiskan $6,4 miliar untuk jalan-jalan. Dan di tahun 2030 angka ini diestimasikan bakal naik 4 kali lipat mencapai $23,7 miliar atau setara dengan Rp 316,6 triliun. Uang inilah yang diperebutkan agensi, hotel, maskapai dan pusat-pusat wisata melalui strategi promosi dan marketing mereka, salah satunya adalah iklan. Di celah itulah Anda memainkan peran.

Resep dan Kuliner

Traveling dan kuliner relatif punya perbandingan yang positif. Orang yang menyukai aktivitas jalan-jalan cenderung suka mencoba kuliner baru. Mari kita biarkan data yang bicara!

Angkanya memang berbeda, tapi kecenderungannya kedua grafis mempunyai pergerakan yang positif atau sejalan. Untuk membantu Anda menyentuh pasar yang lebih luas, bahasan Anda sebaiknya lebih fokus ke resep dengan tetap membahas jenis kuliner populer di Indonesia dan mancanegara.

Teknologi, Android dan Komputer

Ketiga niche ini saya gabungkan karena dalam penerapannya Anda bisa menyajikan ketiga topik dalam satu blog, tinggal dibedakan saja kategorinya. Tapi jika Anda merasa lebih nyaman dengan salah satunya saja, boleh-boleh saja.

Tapi mengapa kedua topik ini harus jadi pertimbangan, itu kan pertanyaan Anda? Yang pertama, pengguna Android semakin besar yang diiringi dengan perkembangan teknologi di segmen berbeda namun terkait seperti smartphone, tablet, smartwatch, IoT dan lain-lain. Tanpa data kita bisa membaca tren ini, kan?

Komputer memang tak tumbuh sesubur Android, tapi penggunanya tak akan mati. Sebab setiap munculnya generasi muda baru dan usangnya generasi lama, mereka makin butuh dengan informasi meliputi tips, trik, panduan terkait komputer dan segala isinya. Ini juga pasar yang saya yakini akan terus ada, bahasannya akan terbatas di beberapa hal tapi juga berkembang di hal-hal lainnya.

Sumber gambar header Pixabay.