4 Tips Memilih Nama Domain untuk Website

4 Tips Memilih Nama Domain untuk Website

Memilih nama domain tak bisa sembarangan, ada beberapa pertimbangan penting yang harus Anda perhatikan
domain-names-1772242_1280
domain-names-1772242_1280

Domain hukumnya wajib apabila Anda ingin memiliki blog pribadi dengan nama sendiri, toko online, web perusahaan, atau startup berbasis online. Ibarat sebuah warung, domain adalah nama dari warung Anda. Tanpa domain, berarti warung Anda tidak punya nama. Lalu, bagaimana orang akan mengingat nama atau usaha Anda?

Domain bisa diperoleh dari penyedia di dalam dan luar negeri, tergantung pilihan dan ketersediaan jenis pembayaran. Pembahasan tentang apa itu domain, bisa Anda baca kembali di artikel ini. Sekarang, saya hanya akan membahas beberapa hal penting sebelum memutuskan membeli domain.

Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Alasan orang begitu mudah kembali ke forum Kaskus dan media berita Detik adalah karena nama domainnya, kaskus.com dan detik.com sangat mudah diingat. Hanya satu kata namun punya makna. Saya tidak meminta Anda untuk keluar dari konteks tujuan Anda membuat web, tapi apapun tujuannya, usahakan agar nama domain mudah diingat orang.

Baku

Beberapa orang mencoba kreatif dengan menggunakan ejaan modern yang ternyata tidak semua orang tahu. Anda boleh menjadi kreatif dan modern, tapi jangan pula menjadi naif. Kalimat yang baku, lebih mudah diingat orang. Tak mengapa menggunakan kata-kata modern dan gaul, tapi kata per katanya lebih baik tetap dalam urutan yang baku baik penulisan maupun pengucapan.

Pastikan Domain Anda Tidak Bertentangan dengan Norma

Indonesia terdiri dari banyak pulau, suku, bahasa dan agama. Satu kata yang sama di daerah A bisa jadi mempunyai makna berbeda di daerah B. Misalnya, kata “amis” di banyak daerah termasuk di dalam bahasa pada umumnya bermakna anyir atau bau tak enak yang biasanya keluar dari ikan atau hewan-hewan air. Tetapi di Sunda, amis berarti manis. Maksud saya seperti itu, pastikan nama domain yang Anda pilih tidak mempunyai makna berbeda bagi orang lain terutama di Indonesia, apalagi jika maknya mengandung unsur hinaan atau keburukan.

Periksa Riwayat Domain

Terakhir, pastikan domain yang Anda pergunakan tidak mempunyai riwayat yang buruk, misalnya bekas situs tak senonoh, situs scam, spam, penipuan, money game dan lain sebagainya. Untuk memeriksanya, baca kembali tutorial di tautan ini.

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…