4K Belum Menyebar Luas, YouTube Sudah Punya Video 8K

4K Belum Menyebar Luas, YouTube Sudah Punya Video 8K

ghost-towns-8k
ghost-towns-8k

Ketersediaan perangkat yang mendukung pemutaran video 4K memang sudah cukup menyebar, akan tetapi konsumen yang memilikinya saya kira belum terlalu banyak. Kalau dulu alasan tidak membeli TV 4K adalah konten yang tersedia amat terbatas, hal itu tak bisa dijadikan alasan sekarang.

Buat yang tidak tahu, di YouTube sudah banyak beredar video beresolusi 3840 x 2160. Bahkan belum lama ini Google juga menghadirkan dukungan atas video-video 4K dalam kecepatan 60 fps yang super-mulus.

Kendati demikian, tidak semua hardware sanggup memutarnya dengan sempurna; gaming PC saya yang ditenagai kartu grafis Nvidia GTX 960 tidak mampu karena kapasitas VRAM-nya yang amat terbatas.

Info menarik: YouTube Hapus Fitur Collections pada 20 Mei 2015, Akankah Ada Penggantinya?

Nah, yang mengejutkan, di saat 4K 60 fps saja masih belum bisa dinikmati semua orang, sebuah video 8K malah nongol di YouTube. Video tersebut merupakan sebuah film pendek berjudul Ghost Towns yang baru diunggah pada tanggal 7 Juni 2015 kemarin.

Google sendiri mengonfirmasi bahwa mereka sebenarnya sudah mendukung video 8K sejak tahun 2010. Pun begitu, ketersediaan opsi kualitas ‘4320p/8K’ baru hadir belum lama ini.

Sumber: Google+ – Marquees Brownlee
Sumber: Marquees Brownlee, Google+

Menariknya, bahkan sang pembuat video belum memiliki akses ke kamera 8K. Video tersebut direkam menggunakan kamera RED Epic Dragon 6K dalam orientasi portrait, lalu disatukan memakai software Adobe After Effects. Beberapa adegan juga di-scale sebesar 125% dari 6,1K hingga memenuhi standar 7,6K.

Info menarik: Demi Video Orisinil, YouTube Danai Top Creator Terpilih

Pada kenyataannya, mayoritas kamera 8K masih belum tersedia untuk umum. Pabrikan kamera RED yang produknya banyak digunakan di Hollywood saja baru akan memasarkan kamera RED 8K Weapon Vista Vision di akhir tahun 2015 ini, yang sanggup merekam video beresolusi 8192 x 4320 dalam kecepatan 60 fps.

Kemungkinan besar ini adalah video 8K pertama yang ada di YouTube. Pertanyaannya, bisakah perangkat Anda memutarnya? 2160p/4K (bukan versi 60 fps) berjalan lancar di gaming PC saya, tetapi saat saya ganti menjadi 4320p/8K, video tampak seperti slide PowerPoint. :)

Sumber gambar dan artikel: 9to5Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…