5 Action Camera yang Dapat Digunakan dengan Smartphone Android Anda

Ketika Anda sedang melakukan kegiatan di luar, misalnya outing, hiking, atau aktivitas outdoor lainnya kemudian Anda ingin mengabadikan setiap aksi dalam rupa foto dan video. Kira-kira, apa yang terlintas di benak Anda? Yup, action camera!

Anda butuh sebuah action camera yang cukup bagus agar semua momen di setiap detiknya terekam dengan apik. Untungnya kini sudah ada banyak pilihan action camera yang tersedia di pasaran. Di kesempatan ini TRL hanya akan angkat 4 action camera yang bisa dipasangkan dengan ponsel Android Anda.

Tapi sebelum masuk ke kamera pertama, perlu saya infokan kembali bahwa kelima action camera di bawah sudah dibekali koneksi WiFi dan Bluetooth, jadi dapat dipasangkan dengan sebagian besar ponsel pintar Android. Saya asumsikan Anda menggunakan Smartfren Andromax varian apapun. Semisal, Andromax C3S atau Andromax C3si, tak jadi soal yang mana pegangan Anda. Keduanya sudah sama-sama dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth.

Dan sebagai alternatif terakhir, jika action camera terlalu rumit. Anda juga bisa memanfaatkan kamera keduanya yang sudah sangat baik. Kamera utama beresolusi 5MP FF, sementara kamera depan 3MP FF dengan tambahan dual LED flash.

Info Menarik: Dengan Lens Flipper, Anda Hanya Perlu 5 Detik untuk Mengganti Lensa Kamera

Sekarang baru kita masuk ke daftar kameranya.

Xiaomi Yi Action Camera

Tidak hanya piawai merakit smartphone dan tablet, Xiaomi juga punya cukup kepandaian untuk membuat sebuah action camera. Nyatanya awal Maret 2015 lalu, vendor asal Tiongkok yang sukses dengan Mi Note-nya itu meluncurkan action camera pertama berjuluk Xiaomi Yi Action Camera.

Xiaomi Yi Action Camera dilengkapi sensor kamera 16MP yang mampu menangkap video beresolusi 1080p di 60 frame per detik. Apiknya, kamera juga diberi dukungan komponen lensa Exmor R BSI CMOS besutan Sony yang juga bisa digunakan di bawah air hingga kedalaman 40 meter.

Garmin Virb X dan Virb XE

Kamera aksi kedua ini dilepas oleh Garmin yang sudah lama malang melintang di industri perangkat GPS dan device outdoor.Virb X dan Virb XE dibekali sensor 12MP dimana masing-masing mampu merekam video dengan resolusi 1080p di 30fps dan 60fps.

Keduanya juga tahan air hingga kedalaman 50 meter tanpa casing. Lalu dengan dukungan koneksi Wi-Fi, ANT+ dan Bluetooth 4.0, Anda pengguna Andromax misalnya Smartfren Andromax C3s bisa mengakses kamera secara remote atau menyalin foto-foto yang ada di dalam microSD.

Panasonic HX-A1

Dibanding dua action camera di atas, Panasonic HX-A1 punya perawakan yang sangat berbeda. Tetapi justru karena keunikannya inilah, Panasonic HX-A1 cocok untuk travelers atau pemburu foto yang ingin mendapatkan jepretan pemandangan dari atas bukit.

Kamera aksi ini mempunyai opsi rekaman video beresolusi 1080p dengan dua mode slow motion, yakni 720p 60 fps dan 480p 120 fps. Kelebihannya, Panasonic menyematkan filter infrared (IR) sehingga kamera dapat merekam dalam kondisi gelap tanpa cahaya sekalipun.

Info Menarik: Sony A7R II, Kamera Mirrorless dengan Sensor Full-Frame 42,4 Megapixel

TomTom Bandit

Tak ingin kalah dengan Garmin, TomTom juga terjun ke industri fotografi dengan melepaskan kamera aksi berjuluk Bandit. Tak “sejahat” namanya, kamera mempunyai rancangan yang bersahabat, lebih ringkas dan mudah dipasang ke berbagai objek berbeda.

Soal kemampuan, TomTom Bandit bisa diandalkan. Di saat kamera aksi lain masih berkutat di 1080pk, Bandit sudah lebih jauh di depan dengan kemampuan merekam video 4K di 15fps, kemudian ada juga opsi 2,7K 30fps, 1080p 60fps dan 720p 120fps.

GoPro Hero+ LCD

Sadar betul kelas menengah ke bawah juga gila aksi, GoPro melepaskan varian terjangkau bernama GoPro Hero+ LCD. Kemampuan merekam video 4K memang disunat, tapi kamera ini sanggup merekam video dalam resolusi maksimum 1080p 60fps dan foto still 8 megapixel, baik dalam mode normal, burst atau timelapse.

GoPro juga menambahkan koneksitivitas Wi-Fi dan Bluetooth agar pengguna bisa mengendalikan kamera secara remote melalui smartphone.

Sumber gambar: Yi Action CameraVirb XPanasonic HX-A1BanditGoPro Hero+ LCD.

*) Artikel ini adalah advertorial dan disponsori oleh Smartfren.