12 November 2019

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Alternatif YouTube Music yang Tak Kalah Asik

Opsi lain jika dirasa YouTube Music kurang menarik

Baru-baru ini, aplikasi Youtube yang kita kenal sebagai platform berbagi video terbesar di dunia telah meluncurkan aplikasi baru bernama Youtube Music. Setelah diluncurkan di berbagai negara, akhirnya Google berhasil membawa layanan streaming Youtube Music ke Indonesia.

Pada dasarnya, aplikasi ini sama seperti aplikasi streaming lainnya seperti Spotify, Joox atau Apple Music. Perbedaannya, semua yang ada di video Youtube bisa Anda dengarkan di aplikasi ini tanpa terdistraksi oleh video-video selain musik.

Jadi, Anda bisa mendengarkan lagu-lagu langka yang hanya ada di Youtube. Namun, untuk berlangganan aplikasi Youtube Music Anda harus membayar sebesar Rp 49000/bulan dan Rp 59.000 untuk YouTube Premium.

Tapi, jika bagi Anda YouTube Music terlihat kurang menarik. Sebenarnya di Google Play ada beberapa aplikasi alternatif untuk Youtube Music, berikut adalah beberapa pilihannya.

Stream

Bagi penikmat musik, Youtube memang memberikan segalanya seperti halnya video, namun kadangkala Anda ingin mendengarkan musik saja di Youtube sambil membuka aplikasi lain seperti Twitter, Facebook atau Instagram. Atau akan lebih seru ketika beraktifitas sambil mendengarkan musik dari Youtube sesuai yang Anda inginkan. Aplikasi Stream adalah aplikasi pihak ketika yang dapat membuat playlist musik dari Youtube dan bisa Anda dengarkan sembari membuka aplikasi lain.

Play Tube

Aplikasi ini memiliki fungsi hampir sama dengan aplikasi Stream, yaitu Anda bisa mendengarkan lagu dari Youtube sambil membuka aplikasi lain seperti sosial media. Anda juga bisa mendengarkan lagu dari playlist yang sudah ada atau Anda buat sendiri.

Joox

Aplikasi ini khusus untuk mendengarkan lagu dari album-album terkenal milik musisi dunia. Tidak seperti, aplikasi Streaming lain yang harus membayar untuk mendengarkan lagu tanpa iklan, Anda masih bisa mendapat fasilitas tersebut jika membagikan musik Joox ke sosial media Anda, tentunya hanya untuk sementara. Namun, jika Anda ingin mendapatkan layanan bebas mendengarkan musik dari waktu yang lama, Anda bisa mengupgrade ke premium.

Spotify Lite

Ini adalah versi ringan dari aplikasi Spotify yang asli, khusus bagi Anda yang minim penyimpanan perangkat. Walaupun Lite, aplikasi ini memiliki layanan yang sama persis seperti Spotify. Anda bisa mendengarkan lagu dari album official dan mendownload untuk mendengarkan lagu secara offline. Mendengarkan lagu dari aplikasi Spotify Lite ini juga masih akan tetap terhitung di Chart Spotify.

Apple Music

Apple Music termasuk salah satu pemain besar di ranah ini, kendati popularitasnya masih belum seluas Spotify yang notabene merupakan layanan gratis. Lahir dari nama besar, Apple Music terus diperhitungkan sebagai kompetitor yang tak main-main. Fitur, pembaruan berkala, dan list lagu yang jauh lebih lengkap akan menjadikan Apple Music terlihat lebih menarik di mata pengguna.