Ramadhan tiba! Semasa kecil, mungkin sebagian besar di antara kita pernah mengisi ngabuburit dengan kegiatan menyenangkan seperti bermain PlayStation atau online gaming. Dengan kultur Internet dan mobile yang sudah merambah masyarakat, aktivitas menunggu adzan maghrib berkumandang di bulan Ramadhan kini bisa tetap seru dengan smartphone Android-mu.

Aldy, Azka, Alvin, dan Udin adalah empat orang pengguna Android smartphone dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, namun punya satu kesamaan; mereka sama-sama beranggapan bahwa banyak Android apps yang kini bisa membuat ngabuburit mereka jauh dari kebosanan. Bagaimana ceritanya? Simak cerita empat orang ini dengan DailySocial!

1. Mobile Legends: Bang Bang

Dikenal sebagai DotA-nya mobile gaming, Mobile Legends diproyeksi akan benar-benar menjadi legends. Telah diunduh hingga 10 ribu sampai 50 ribu pengguna, MOBA (multiplayer online battle arena) game rilisan Moonton ini memang cocok sekali menjadi ngabuburit game. Azka, seorang karyawan di sebuah digital agency bilangan Kuningan, mengakuinya.

“Karna Mobile Legends itu gameplay-nya kayak DotA, terus lo bisa beli skin hero yang lo suka. Terus lo juga bisa buat squad gitu, dan mainnya party sama temen-temen lo berlima. Pokoknya, enggak berasa deh tiba-tiba adzan maghrib saja,” ujar Azka.

2. YouTube

Saat stasiun televisi punya banyak program unggulan bulan Ramadhan yang siap menemanimu dari saat santap sahur dini hari sampai waktu berbuka puasa, YouTube juga punya konten-konten menarik—bahkan meski sedang tidak di bulan Ramadhan—yang bisa disesuaikan dengan interest-mu.

Udin, 22 tahun, mengaku YouTube menjadi pilihan utamanya untuk ngabuburit. “YouTube suka ngasih info-info menarik secara audio-visual, dan terkadang kontennya menghibur. Biasa nya sih gue buka video-video tentang DotA, bisa sampai dua jam,” ujar freelance videographer yang gemar main online game ini.

3. E-commerce apps

Di tengah teman-teman pengguna smartphone Android, ternyata ada yang beranggapan bahwa aplikasi jual-beli cocok untuk teman ngabuburit. Scrolling dan mencari-cari barang incaran yang harga bersahabat di dompet tak pelak jadi aktivitas yang membuat kita lupa waktu. Kamu termasuk salah satunya?

Alvin merasa termasuk pengguna aplikasi jenis ini saat menunggu santapan buka puasa. “Gue bisa lupa waktu kalau sudah cari barang terus banding-bandingin harga dari satu toko ke toko lain. Dua jam mah bisa lah buat mantengin Tokopedia doang,” aku pegawai bank swasta ini.

4. Clash Royale

Melanjutkan kesuksesan game pendahulunya yang fenomenal, beberapa pengembang Clash of Clan mengembangkan game dengan karakter yang serupa namun genre dan gameplay yang berbeda. Meski dengan metode bermain yang berbeda, Clash Royale punya tingkat adiksi yang berbahaya. Aldy sudah mengakuinya.

Begitu ditanya soal aplikasi untuk teman ngabuburit, pria yang bekerja sebagai graphic designer di sebuah event organizer di Bogor ini secara lantang tak ragu menyebutkan Clash Royale. “Menurut gue, ini game simpel banget dan enggak ribet. Begitu klik, langsung main. Cuma yang susah tuh dapetin kartu legend yang namanya Sparky,” tutur Aldy.

5. Football Manager 2017

Game yang satu ini sudah melegenda sebagai game yang bisa merebut waktumu. Meski berbayar, Football Manager bagi sebagian orang merupakan investasi waktu selama setahun—setidaknya sampai seri terbarunya muncul.

Alvin memang senang menunggu suara bedug maghrib dengan membuka aplikasi e-commerce. Tapi, Football Manager 2017 sudah masuk ke wishlist-nya. “Ini nih game yang bener-bener enggak ribet dan enggak bikin bosen maininnya. ‘Kan ada tuh game yang kalau baru main beberapa kali udah bosen. Nah, ini enggak berlaku di Football Manager 2017,” jelasnya.

Di Ramadhan tahun ini, Football Manager 2017 harusnya sudah tidak ada di wishlist-nya Alvin lagi. Google Play kini punya promo #SalipLevel, biar kamu bisa beli aplikasi, game dan item di dalamnya dengan diskon hingga 80%, dan belinya bisa pakai pulsa juga.

Aldy juga bisa merasakan hal yang sama dengan Clash Royale-nya. “Buat dapetin kartu itu harus pakai chest, chest-nya itu harus dibeli pakai gem, dan gem-nya harus dibeli lewat Google Play. Kalau ada diskon sampai $20 sih ngebantu abis!” ucapnya.

Jadi ternyata sudah bukan zamannya lagi alasan kalah main game gara-gara enggak punya item keren. Sudah waktunya kamu #SalipLevel teman-temanmu, dan tantang mereka dengan bilang, “Mana level lo?”

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung Google Play.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.