20 November 2013

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Android Terpilih Untuk Anak

Di akhir pekan TRL biasa mengangkat kolom aplikasi Android terpilih, yang di dalamnya memuat beragam aplikasi Android pilihan versi TRL. Biasanya aplikasi-aplikasi yang diulas tidak spesifik untuk kalangan tertentu, selama ratingnya bagus dan konsepnya menarik.

Kemudian datang sebuah request dari seorang "penggemar" TRL yang meminta supaya saya mengulas aplikasi Android terpilih untuk anak. Idenya kemudian ditampung oleh TRL dan hari ini ide tersebut benar-benar jadi kenyataan. Inilah, 5 aplikasi Android terpilih untuk anak.

LEGO® DUPLO® Train

Aplikasi Android terpilih untuk anak yang pertama adalah LEGO® DUPLO®, aplikasi Android ini saya nilai cocok sekali untuk anak-anak, sebab aplikasi ini menawarkan semacam permainan lego penuh warna di mana di dalamnya anak akan diminta untuk mengendarai sebuah kereta api dari satu stasiun ke stasiun lain.

Anak dapat memilih dan memuat gerbong kereta, membangun jembatan, mengisi bahan bakar dan membuat jalur kereta yang baru. Cocok untu anak usia 1,5 hingga 5 tahun, sebab aplikasi ini akan merangsang daya pikir dan kreatifitas anak di usia tersebut.

Download: Google Play - Gratis

Carnival of Animals

Aplikasi yang satu ini dijamin cocok untuk anak Anda sebab di dalamnya terdapat materi-materi musik yang digabungkan dengan rangkaian gambar-gambar hewan yang lucu. Banyak hal yang dapat dipelajari anak dari aplikasi ini, apalagi anak-anak berusia 2 hingga 6 tahun dianggap mampu menampung banyak hal baru dengan cepat, salah satunya musik.

Bahkan banyak ahli percaya kemampuan bermusik menentukan kecerdasan seorang anak, itu sebabnya banyak anak diikut sertakan dalam berbagai kegiatan yang berbau musik.

Selain materi musik, Anda dapat juga memandu anak sehingga mengetahui nama-nama binatang yang ada di dalam aplikasi ini.

Download: Google Play - Gratis

Numbers & Addition! Math games

Aplikasi yang ini mengajak anak Anda untuk belajar berhitung dalam bentuk permainan dan berbagai karakter hewan yang menyenangkan. Di dalamnya juga terdapat gameplay berupa pertualangan di sebuah padang rumput, tetap mengajak anak untuk mengasah kemampuan menghitungnya. Aplikasi ini didesain untuk anak-anak berusia 3,4,5 dan 6 tahun yang segera siap naik ke sekolah dasar.

Download: Google Play - Gratis

Marbel Belajar Warna

Nah, aplikasi yang satu ini asli buatan Indonesia, Educa Studio. Aplikasi khusus anak-anak ini akan memperkenalkan berbagai warna kepada anak Anda misalnya warna-warna dasar, warna pelangi, warna campuran, warna benda, tebak warna dan banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini didesain sedemikan rupa agar tampilannya disukai anak-anak, hebatnya pengembang ini tidak hanya menawarkan satu aplikasi, mereka juga yang membuat beberapa game yang juga ditujukan untuk anak-anak misalnya Marbel Belajar Buah, Marbel Belajar Musik, Marbel Belajar Flora dan sebagainya.

Download: Google Play - Gratis

10monkeys Multiplication

Anak Anda pasti akan suka dengan aplikasi ini, sebab selain berbentuk game karakter di dalamnya adalah seekor monyet yang lucu. Jadi, tugas anak hanya menghitung jumlah yang tepat untu setiap pertanyaan agar dapat membebaskan si monyet dari kerangkeng. Dengan aplikasi ini, anak dapat belajar dan menguji kemampuan berhitungnya tapi sambil bermain.

Download: Google Play - Gratis


Di Google Play terdapat banyak aplikasi dan game yang bisa diunduh secara bebas, anak jaman sekarang tak butuh waktu lama untuk dapat mengoperasikan gadget dan mengunduh sendiri dari sana. Untuk itu, sebaiknya minimal satu dari 5 aplikasi Android terpilih untuk anak di atas ada di gadget Anda agar anak tidak perlu mencari aplikasi lain yang kurang cocok untuk mereka.

Gambar header: Kids via Shutterstock