28 November 2013

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Android Terpilih Untuk Anak Edisi 2

Ketemu lagi dengan saya di kolom aplikasi Android terpilih untuk anak, ini adalah pertemuan kedua kita di kolom ini, tak jauh berbeda dengan edisi minggu lalu di minggu ini pun TRL akan mengangkat beberapa aplikasi Android yang cocok untuk anak namun tentunya dengan pilihan yang lebih oke lagi.

Jika di edisi sebelumnya aplikasi yang dipilih adalah campuran, ada aplikasi yang dibuat oleh pengembang luar dan lokal, maka di edisi ini TRL ingin angkat aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh developer lokal, selengkapnya langsung saja ini dia 5 aplikasi Android terpilih untuk anak edisi kedua.

Belajar Membaca

Aplikasi yang pertama bernama Belajar Membaca, sesuai namanya aplikasi ini mengajarkan kepada anak beberapa ketrampilan membaca yang terdiri dari 4 level yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Aplikasi ini berbentuk permainan sederhana, sehingga tanpa anak sadari mereka sebenarnya sudah mengikuti proses belajar mengajar, jika dimainkan secara rutin anak akan punya pengetahuan huruf yang baik.

Download: Google Play - Gratis

Belajar Menulis

Jika aplikasi di atas tadi mengajarkan pelajaran membaca, aplikasi yang ini mengajarkan pelajar pelengkapnya yaitu belajar menulis. Di dalamnya dilengkapi dengan animasi agar memudahkan anak menulis setiap tantangan yang diberikan. Terdapat pula sejumlah gambar dengan sesuai dengan huruf yang dipelajari oleh anak. Warna tulisan jenis objek bisa dirubah sesuai keinginan, anak lebih mudah menangkap perintah sebab aplikasi ini didesain dengan cara yang unik.

Download: Google Play - Gratis

Belajar mewarnai

Lengkapi aplikasi anak dengan aplikasi yang ini, sebab di dalamnya anak akan menjumpai beragam permainan seru yang mengajarkan anak perihal warna. Jangan anggap remeh kemampuan anak dalam hal menggunakan warna, sebab di sini kita bisa melihat minat dan bakat anak, plus dengan pengajaran yang tepat orang tua bisa meningkatkan kreativitas anak walaupun tak mempunyai bakat melukis.

Download: Google Play - Gratis

Belajar English for Kids

Kalau aplikasi yang ini bisa membuat anak Anda semakin lancar berbicara dalam bahasa Inggris, kemampuan ini sangat penting loh, paling tidak dengan aplikasi ini anak Anda mulai dikenalkan dengan berbagai huruf dan angka dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan cara membaca dan juga artinya, sehingga anak seperti punya guru bahasa Inggris pribadi.

Google Play - Gratis

Belajar Membaca Alquran

Aplikasi yang terakhir adalah Belajar Membaca Alquran, di mana di dalamnya anak akan dituntun untuk mengenal abjad dasar pembacaan Alquran, tak hanya itu, anak juga akan mendapatkan pembelajaran secara bertahap, berkala dan berkelanjutan bahkan untuk tingkat mahirpun aplikasi ini masih bisa digunakan.

Download: Google Play - Gratis


Aplikasi-aplikasi Android di atas adalah buatan developer lokal, semuanya gratis dan bermanfaat. Dengan mengunduh aplikasi di atas, sekarang Anda tak harus selalu skeptis dengan gadget ya, nyatanya ada cara kok membuat gadget bermanfaat untuk anak Anda.

Gambar header: Kids viaย Shutterstock.ย