Categories

Misc

5 Aplikasi Android Untuk Bantu Mahasiswa Dapatkan Tubuh Sehat dan Bugar

Olahraga bisa semakin menarik dengan didampingi ‘teman digital’ yang akan selalu memotivasi setiap waktu

Wiku Baskoro - 10 February 2016

Belajar alias kuliah adalah aktivitas yang harus dilakukan, tidak hanya untuk kelulusan tetapi terlebih untuk mendapatkan ilmu dan mengembangkan diri.

Akan tetapi terkadang jadwal kuliah, kegiatan UKM serta berbagai acara lain begitu menyita waktu sehingga tidak sempat olahraga. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan, badan bisa mudah terkena penyakit karena tidak ada aktivitas gerak tubuh secara cukup yang dilakukan. Cara paling efektif untuk menjaga kebugaran adalah salah satunya dengan melakukan olahraga.

Namun terkadang ada saja orang yang hanya bersemangat dan giat melakukannya di awal-awal saja dan kemudian malas setelahnya. Untuk itu, agar dapat memotivasi Anda untuk terus berolahraga, ada beberapa aplikasi khusus untuk Android yang dapat menjadi ‘teman digital’ selama melakukan olah gerak tubuh.

Run Keeper

Run Keeper merupakan aplikasi khusus untuk pengguna perangkat berbasis Android yang dapat membantu Anda untuk mencatat segala aktivitas olahraga yang dilakukan, seperti untuk mengetahui jumlah kalori yang terbakar setelah olahraga, menentukan lokasi lari, rute, jarak dan waktu yang akan ditempuh.

Selain itu, sebagai 'penyemangat', Anda dapat dengan mudah dan cepat membagikan aktivitas olahraga yang dilakukan ke akun jejaring sosial yang Anda miliki, seperti Facebook atau Twitter. Anda juga dapat mengabadikan tempat-tempat yang Anda inginkan sembari berlari dan foto-fotonya dapat terunggah secara otomatis di website resmi Runkeeper.

Application Information Will Show Up Here

 

Fitness Buddy

Dengan memiliki aplikasi bernama Fitness Buddy ini di dalam perangkat berbasis Android yang Anda miliki, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 300 program latihan yang cukup lengkap dengan panduan serta penjelasan untuk melakukannya.

Untuk mendapatkan fasilitas yang dimiliki Fitness Buddy secara lengkap, Anda wajib membeli aplikasi satu ini di Google Play Store dengan harga USD 1,99. Di versi lengkapnya, ada banyak sekali program dan panduan dari versi gratisnya, serta ada pula panduan dalam format video yang dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam berolahraga.

Application Information Will Show Up Here

 

Runtastic

Bagi penggila olahraga lari tentunya sudah mengenal satu aplikasi menarik bernama Runtastic. Aplikasi yang sangat laris diunduh ini memiliki fasilitas untuk menentukan rute dan lokasi sampai dengan durasi atau juga kalkulasi kalori yang terbakar setelah berlari dengan jarak yang telah ditentukan.

Seperti halnya Run Keeper, Anda juga dapat membagikan aktivitas dan segala hasil lari yang Anda lakukan secara langsung dan mudah di Facebook dan Twitter. Selain lari, aplikasi satu ini dapat juga digunakan sebagai pelacak aktivitas olahraga lain, seperti sepakbola, aerobik, bulu tangkis dan banyak lagi lainnya.

Application Information Will Show Up Here

 

Couch-to-5k

Layaknya seorang pelatih olahraga, dengan menggunakan aplikasi bernama Couch-to-5k ini, Anda akan ‘dipaksa’ untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari dan tiga hari dalam seminggu. Ada berbagai tips serta latihan yang harus Anda lakukan yang akan diperintahkan oleh seorang ‘pelatih’ berbentuk avatar yang akan tampil di layar gadget Anda. Semua program latihan tersebut menggunakan informasi dan dasar dari situs Healthtap.com.

Sayangnya, aplikasi satu ini tidaklah gratis, karena Anda wajib membelinya dengan harga USD 2,99. Akan ada catatan khusus yang dapat Anda lihat ketika sudah melakukan latihan secara rutin seperti yang diperintahkan oleh sang pelatih dalam gadget Anda tersebut.

Application Information Will Show Up Here

 

Endomondo

Satu lagi aplikasi untuk perangkat berbasis Android yang sangat tepat untuk digunakan sebagai pendamping saat berolahraga, yaitu Endomondo. Aplikasi satu ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan segala aktivitas olahraga yang dilakukan, seperti berlari, berjalan, bersepeda dan lainnya.

Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas, seperti GPS, statistik untuk melihat progress yang telah dilakukan sampai dengan pengukuran detak jantung. Tidak hanya itu pengguna juga bisa melihat data kalori yang ada sampai terbakar setelah melakukan olahraga.

Application Information Will Show Up Here

 

Smartphone tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan selfie, aktivitas belajar pun bisa dilakukan dengan bantuan perangkat ini, demikian halnya dengan olahraga. Dengan berbagai aplikasi Android di atas, aktivitas olehraga yang di sela waktu kuliah akan semakin menarik dan tidak membosankan. Selain tubuh yang sehat, kesegaran juga akan menambah semangat serta konsentrasi saat belajar. 

Gambar header: Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter