Categories

Mobile

10 Aplikasi Edit Foto Android Pilihan

Bambang Winarso - 20 May 2021

Di toko aplikasi Play Store atau Google Play ada beragam aplikasi edit foto untuk Android yang ditawarkan. Beberapa dapat diunduh secara gratis dan beberapa lainnya berbayar.

Bagi pemula atau bahkan yang sudah sudah ahlinya, mencari aplikasi itu mudah tapi memilih yang benar-benar pas, itu lain cerita. Itu sebabnya TRL buatkan daftar 5 aplikasi edit foto perangkat Android pilihan untuk Anda.

PicsArt – Photo Studio

aplikasi edit foto android

Aplikasi pertama yang kita pilih adalah PicsArt Photo Studio yang punya reputasi apik di kategori ini dengan jumlah unduhan mencapai 100 juta lebih. PicsArt menawarkan lebih dari sekedar aplikasi foto editor, di dalamnya terdapat fitur-fitur lain misalnya tool untuk menggambar, membuat foto grid dan juga kolase.

 

 

Info Menarik: Swash, Mesin Cuci Tanpa Air Dengan Desain Keren

 

 

Mengedit foto dengan PicsArt tidak membutuhkan keahlian khusus sebab di dalamnya sudah disediakan ratusan tool yang sangat mudah untuk digunakan. Ada banyak jenis efek, mask, border, frame, stiker dan juga modifikasi teks, clipart dan fitur untuk meningkatkan kualitas foto hanya dengan satu tap.

Download: Google Play – Gratis

Pixlr Expres

aplikasi edit foto android

Aplikasi foto yang paling oke kedua menurut TRL adalah Pixlr Expres. Bukannya hanya lengkap, aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain misalnya efek-efek pencil, poster, halftone, water color dan denoise yang biasanya ditemukan di aplikasi foto premium, Photoshop.

Download: Google Play – Gratis

Pixlr-o-matic

aplikasi edit foto android_3

Pixlr-o-matic menawarkan banyak hal baru bagi yang gemar memodifikasi foto. Aplikasi juga diperkaya berbagai fitur edit foto seperti halnya aplikasi lain seperti filter, efek, border dan overlay. Jika dibandingkan, aplikasi foto Pixlr-o-matic punya koleksi filter yang jauh lebih banyak ketimbang yang lain.

 

 

Info Menarik: PrintScreen Memungkinkan Kita Mencetak Layar Sentuh di Benda Apapun

 

 

Sayangnya aplikasi ini tidak memperbolehkan pengguna menerapkan lebih dari satu filter dari masing-masing kategori. Tetapi secara keseluruhan aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Download: Google Play – Gratis

Cymera

aplikasi edit foto android_cymera

Aplikasi edit foto yang satu ini punya kemampuan ganda. Selain berfungsi untuk mengedit foto, Cymera juga dapat digunakan sebagai aplikasi kamera. Aplikasi ini punya segalanya, kaya akan fitur dan juga menawakan kemudahan bagi yang ingin memperoleh foto terbaik.

Saat bekerja sebagai kamera pun Cymera menawarkan beragam fitur seperti shooting mode, efek kolase, face detection dan 800 lebih dekorasi yang dapat dipilih sesuka hati.

Download: Google Play – Gratis

PicMix

aplikasi edit foto android_picmix

Pilihan kita yang terakhir ini patut kita banggakan karena aplikasi ini merupakan karya anak bangsa yang berhasil mendunia. Sedikitnya aplikasi foto lokal ini sudah diunduh sebanyak 5 juta unduhan dan terus akan bertambah seiring dengan fitur-fitur baru yang dihadirkan.

 

 

Info Menarik: 5 Aplikasi Keyboard Pilihan Untuk iOS 8

 

 

Dengan Picmix Anda dapat melakukan berbagai modifikasi gambar mulai menambahkan frame, teks, efek dan juga mengatur kombinasi pencahayaan yang tepat. Setelah selesai, Anda dapat langsung membagikan hasil editing ke jejaring sosial dan juga BBM.

Download: Google Play – Gratis

PhotoGrid

Aplikasi yang satu ini enggak hanya memiliki unggulan dalam mengedit foto menjadi lebih kece. Namun juga bisa membuat kolase atau menggabungkan dari beberapa foto yang Anda pilih menjadi dalam satu frame dengan bentuk yang beragam. Jadi, Anda bisa eksplor dan menyesuaikan dengan hal yang Anda inginkan, deh. Ada banyak fitur yang juga bisa Anda gunakan di Photogrid dengan baik!

Download: Google Play – Gratis

Foodie

Eits, aplikasi yang satu ini bukan untuk memesan makanan loh, ya. Tapi, kalau Anda menebak bahwa aplikasi ini berhubungan dengan makanan, Anda gak salah, kok. Yap, aplikasi Foodie ini memang dibuat khusus bagi Anda yang hobi foto-foto makanan. Terkadang, Foodie juga banyak digunakan oleh para pebisnis kuliner untuk memfoto makanan yang dijualnya, agar terlihat lebih menggoda. Aplikasi ini memiliki lebih dari 30 filter foto serta fitur live filter yang bisa Anda gunakan pada saat membuat video, atau live streaming. 

Download: Google Play – Gratis

Afterlight 

Siapa sih yang nggak mau fotonya terlihat seperti foto yang diambil dari kamera profesional? Supaya terlihat bagus, banyak orang yang mengedit fotonya agar terlihat seperti hasil tangkapan dari kamera profesional padahal nyatanya, mereka hanya menggunakan kamera pada smartphone-nya. Salah satu aplikasi edit foto yang dapat merubah fotomu tampak lebih estetik bak hasil kamera profesional adalah Afterlight, yang menyediakan lebih dari 20 alat edit foto serta 130 filter yang dibuat khusus oleh fotografer profesional. 

Download: Google Play – Gratis

Unfold

Anda lebih sering mengunggah momen di Instagram Story? Berarti Anda wajib punya aplikasi yang satu ini! Unfold merupakan aplikasi yang didesain khusus bagi pengguna Instagram, yang sering mengunggah momen di Instagram Story. Kelebihan dari aplikasi ini adalah penawaran template yang artsy, serta fitur texttools yang bisa Anda gunakan untuk menambah unsur estetika dalam Instagram Story-mu. Dijamin, Instagram Story Anda nggak akan di-skip, deh, dengan pake Unfold!

Download: Google Play – Gratis

VSCO

Mengusung jargon standar fotografi dalam ponsel, VSCO menyediakan fitur-fitue untuk mengekspresikan diri serta terhubung di komunitas kreatif di seluruh dunia. Ada dua versi layanan dalam VSCO yaitu gratis dan berbayar. Untuk yang gratis, Anda masih bisa melakukan edit menggunakan 10 preset VSCO, melakukan editing berupa kontras, saturasi dan lain-lain.

Download: Google Play – Gratis

Nah, Itulah tadi merupakan 10 rekomendasi aplikasi edit foto untuk android, lengkap dan paling banyak digunakan oleh orang-orang. Dari 10 aplikasi tersebut, Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kreativitas yang Anda mau. Dengan 10 aplikasi edit foto android yang sudah disebutkan di atas, dapat dijamin, foto-foto yang Anda hasilkan akan terlihat seperti foto seorang fotografer profesional. Jangan lupa untuk share hasil editan-mu di media sosial, ya, selamat mencoba!

*Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Bambang Winarso dan Dessita Natasya

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id