8 April 2015

by Bambang Winarso

5 Aplikasi GPS Paling Populer untuk Perangkat Android

Aplikasi GPS atau global positioning system merupakan amunisi wajib bagi pengguna perangkat smartphone yang kerap bepergian ke luar kota untuk menjalankan bisnis atau Anda yang gemar jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat baru.

Tapi dengan banyaknya aplikasi GPS di toko Android, sedikit banyak tentulah membuat Anda bimbang untuk memilih. Itu sebabnya, TRL mencoba urutkan 5 aplikasi GPS untuk Android yang paling populer sebagai rekomendasi bagi Anda.

Maps

Aplikasi yang pertama tentu saja Maps, aplikasi buatan Google yang sudah diunggah lebih dari 4 miliar orang. Di dalamnya terdapat sistem navigasi yang luar biasa lengkap, terdapat pula panduan suara serta dukungan lokasi yang sangat luas.

Info Menarik:Aplikasi Noiseless untuk Mac Tawarkan Kemudahan Mengurangi Noise pada Foto

Google Maps juga memberikan informasi lalu lintas secara real-time, bahkan termasuk informasi kecelakaan yang terjadi di jalan raya kemudian mampu memberikan rute alternatif. (Baca panduan menggunakan Google Maps di artikel ini)

Download: Google Play - Gratis

Waze Social GPS Maps & Traffic

Waze mengkombinasikan fungsi GPS dengan komunitas, dimana setiap pengguna yang memakai aplikasi saat bepergian akan secara otomatis berkontribusi terhadap jangkauan peta di dalam aplikasi. Hasilnya nanti dapat dirasakan oleh pengguna di belahan dunia lainnya.

Melalui Waze Anda dapat memantau lokasi Anda secara real-time, mencari rute terbaik ke suatu titik dan mengetahui kondisi lalu lintas di kawasan tersebut.

Download: Google Play - Gratis

Family Locator - GPS Tracker

Aplikasi yang satu ini mempunyai fungsi yang unik, lebih condong ke faktor keselamatan dan pengawasan. Dengan aplikasi terpasang di semua perangkat anggota keluarga, Anda dapat memantau lokasi mereka secara real-time dan akurat. Aplikasi juga dapat mengirim pesan darurat lengkap dengan titik koordinat terakhir.

Download: Google Play - Gratis

Info Menarik:Infografis, Mobile Strategy 101 Oleh Google

GPS Tracker

Hampir sama dengan family locator, aplikasi ini juga memberikan titik koordinat perangkat anggota keluarga termasuk Anda. Masing-masing pengguna dapat melacak satu sama lain termasuk riwayat titik-titik yang pernah disinggahi.

Download: Google Play - Gratis

GPS Fields Area Measure

Dengan GPS Fields Area Measure Anda dapat membuat koordinat-koordinat dalam sebuah area tertentu, misalnya Anda ingin mengukur luas tanah kemudian memberi tanda di setiap titik-titik penting. Fungsi ini sangat berguna untuk pekerja lapangan yang ingin mengetahui luas dan cakupan area tertentu.

Download: Google Play - Gratis

Nah, sobat. Itulah 5 aplikasi GPS yang dapat sobat unduh dan coba. Masing-masing aplikasi punya kelebihan dan juga kekurangan. Keputusan final ada di tangan sobat.

Sumber gambar header Shutterstock.