Categories

Game

5 Aplikasi Gratisan yang Bisa Jadi Alat Bantu Berburu Pokemon

Sebagian besar berupa aplikasi peta penunjuk lokasi pokemon, jenis dan label waktu kemunculannya

Bambang Winarso - 26 July 2016

Pokemon Go belakangan menjadi topik yang hangat diperbincangkan, tak terkecuali di Indonesia yang notabene belum secara resmi disinggahi. Selain jadi headline di berbagai media, ketenaran Pokemon Go mendorong beberapa pengembang untuk ikut menyemarakkan "wabah" dengan menciptakan aplikasi. Beberapa bahkan dilepas berbayar, tapi beberapa lainnya bisa digunakan secara gratis. Kegunaannya sama, ditujukan untuk membantu para trainer dalam berburu Pokemon incarannya.

Berikut kami punya 5 aplikasi pembantu untuk bermain Pokemon Go. (Lihat keterangan Catatan di akhir artikel). 

Pokecrew

Pokecrew memudahkan Anda mencari pokemon di suatu wilayah, disertai waktu kemunculan dan jenisnya

Pokecrew adalah aplikasi peta untuk Pokemon Go yang sangat informatif. Membantu para trainer mengamati lokasi pokemon secara live, mendapatkan informasi waktu yang tersedia sebelum pokemon menghilang dan juga memberikan pemahaman terkait kebiasaannya.

Pokevision

Aplikasi peta untuk Pokemon Go ini juga memberi banyak kemudahan dalam berburu pokemon

Hampir sama dengan Pokecrew, Pokevision juga membantu para trainer menemukan pokemon tanpa harus keluar keringat. Informasi timing menjadi tambahan berharga, karena dengan cara ini, para trainer dapat memperkirakan sekaligus menghemat waktu dalam memburu Pokemon.

Pokemapper

Bukan cuma lokasi, Pokemapper juga menjanjikan performa cepat dan interface yang mudah

Kendati secara umum memberikan informasi yang sama, namun Pokemapper mengubah cara berinteraksi dengan menggantikan tampilan pokemon dengan bulatan berwarna-warni. Cara ini membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan ramah bagi pengguna pemula.

Pun begitu, Pokemapper punya fitur yang lumrah dihadirkan peta Pokemon, yakni fitur label waktu yang berguna untuk mengetahui kapan pokemon-pokemon tersebut terlihat.

Pokefind

Aplikasi pokemon Go ini dirancang untuk menemukan pokemon jenis tertentu

Aplikasi yang satu ini sedikit berbeda tapi fungsinya sangat diminati. Pokefind membantu Anda menemukan pokemon jenis tertentu, misalnya Pikachu atau Charizard. Selain itu, Pokefind juga diperkaya dengan fitur kalkulator untuk menghitung Evolve.

Pokemon Spy

Aplikasi peta untuk Pokemon Go ini dirancang oleh pengembang muda dalam negeri

Aplikasi peta untuk Pokemon Go yang terakhir ini dibuat oleh anak bangsa, Jenni Irawan, mahasiswi Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS). Bukan aplikasi biasa, ia dirancang mampu memberikan info posisi pokemon hingga radius 10km, terutama yang ada di sekiran STTS. (Update: Dari penjelasan yang ada di situsnya, aplikasi ini dibuat untuk tujuan pendidikan dan having fun. Sumber awal kode aplikasi sendiri menggunakan apa yang telah dikembangkan oleh AHAAAAAAA).

Pokemon Spy berjalan secara real time sehingga dapat memberikan informasi akurat letak, jenis apa saja yang berada pada lokasi tersebut, dan berapa lama pokemon tersebut akan muncul di tempat yang ditunjukkan.

Catatan: Aplikasi Pokémon Go belum dirilis secara resmi di pasar toko aplikasi Indonesia. Kami tentunya menyarankan untuk menunggu rilis resmi sebelum ikut bermain permainan populer ini. Daftar list di atas bisa Anda bookrmark untuk sambil menunggu Niantic merilis Pokémon Go di Indonesia. Pokémon Go sendiri secara resmi baru saja masuk ke pasar Asia lewat Jepang beberapa hari lalu, jadi semoga saja Indonesia termasuk negara Asia selanjutnya untuk rilis Pokémon Go.

Sumber gambar header Pixabay. Update: penambahan keterangan catatan di akhir artikel. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter