1. Entrepreneur

5 Aplikasi Ini Bisa Bantu Jualan UMKM Semakin Laris

Koleksi aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan secara online

Di era digitalisasi ini, teknologi menawarkan banyak kemudahan bahkan untuk aktivitas sehari-hari. Hadirnya teknologi membawa segenap manfaat, tak terkecuali pada sektor perdagangan.

Pesatnya perkembangan teknologi bukan hanya dirasakan oleh konsumen saja. Saat ini, banyak bermunculan aplikasi yang menyediakan layanan bagi para pelaku ekonomi, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk bisa memperluas pasar dan mempermudah proses jual beli.

Apa saja aplikasi tersebut? Yuk simak bersama-sama!

Warung Pangan

Warung Pangan merupakan aplikasi yang menyediakan layanan bagi UMKM untuk membeli barang dari supplier, serta menjual barang kepada konsumen. Untuk bergabung menjadi mitra pada aplikasi yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian BUMN ini terbilang mudah, cukup mendaftar pada aplikasi dengan menyertakan alamat toko dan nomor telepon aktif, kemudian melakukan verifikasi dengan menyertakan foto toko serta foto KTP.

Beberapa program yang dimiliki antara lain WP Asik yakni pendanaan modal usaha, WP Fund yakni pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur atau kelompok usaha produktif, WP Entrepreneur yakni program bimbingan untuk pengembangan usaha, Mitra Get Mitra yakni program bagi mitra untuk mengajak pelaku usaha lain bergabung, Mitra Prioritas yakni kemudahan bagi mitra yang melakukan pembelian minimal Rp. 10.000.000, dan program Bayar Nanti yang berupa layanan pinjaman pembayaran kredit secara online.

Warung Pangan sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store. Kini, Warung Pintar telah menjangkau 41 kota di seluruh Indonesia dengan total 69.882 mitra aktif dan 1.611 produk.

CrediStore

CrediStore merupakan lini bisnis baru buatan CrediBook yang menyediakan platform berjualan online bagi UMKM. Aplikasi yang baru diluncurkan pada 1 September 2021 ini mendukung para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam menjual dagangannya. Untuk bergabung, UMKM diminta untuk menuliskan nama toko, keterangan produk yang dijual, harga produk, serta foto produk.

CrediStore terbuka untuk penjualan produk apapun, mulai dari toko kelontong yang menyediakan produk grocery shopping hingga penyedia jasa. Digitalisasi untuk UMKM ini juga dilengkapi dengan layanan pembukan digital dari CrediBook serta toko grosir berbasis website yaitu CrediMart.

Aplikasi CrediStore sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store.

e-Kelontong

Aplikasi ini dibangun dengan misi untuk “mendukung gerakan pemberdayaan pelaku Usaha Kecil & Menengah (UKM), khususnya pedagang tradisional”. e-Kelontong menghubungkan wholesaler (grosir) dengan retailer (toko) dengan melakukan digitalisasi proses jual beli produk. Pemilik grosir dan agen mendapatkan wadah baru untuk mempromosikan sekaligus menjual produk dagangan kepada market yang lebih luas. Sementara, toko dapat menemukan berbagai pilihan grosir produk dengan harga terbuka.

Untuk bergabung, pemilik grosir atau agen dapat mengunduh aplikasi e-Kelontong di Google Play Store, melakukan pendaftaran, mencantumkan harga produk, menentukan jumlah pembelian minimum, serta radius pengiriman maksimal. 

Hingga saat ini, sebanyak 1.449 grosir dan 2.047 toko telah bergabung. Aplikasi yang tersedia di Google Play Store ini sudah mencatatkan 6.953 jenis barang.

Mitra Tokopedia

Tokopedia menciptakan aplikasi khusus guna mengakselerasi penjualan dari toko, warung, maupun individu melalui digitalisasi. Terdapat pula fitur Grosir yang dapat dimanfaatkan para penjual toko untuk menambah stok dagangannya dengan berbagai promo dan keuntungan. 

Untuk mendaftar sebagai Mitra Tokopedia bisa dilakukan melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Cukup memasukkan nomor telepon, melakukan verifikasi, memasukkan nama lengkap, foto KTP, dan foto bersama KTP. Tada! Pendaftaran untuk menjadi Mitra Tokopedia sudah selesai.

SIRCLO Store

Sedikit berbeda dengan empat platform di atas, SIRCLO Store merupakan fitur berbasis website yang memudahkan penjual atau UMKM membuat website dengan template yang fungsional bagi tokonya. Pelaku UMKM, dalam sektor apapun termasuk jualan grosir, dapat mengelola penjualan secara mudah dan praktis lewat dashboard admin panel di fitur ini. Sementara, pelanggan dapat berbelanja melalui website toko.

Pelaku UMKM dapat mengatur harga dan stok barang, akun bank, ekspedisi, menganalisis performa bisnis dan transaksi, hingga menghubungkan tokonya dengan marketplace dan WhatsApp. Dengan layanan SIRCLO Store, UMKM dapat memiliki website yang terintegrasi dengan sistem pembayaran, berbagai marketplace, serta jasa pengiriman yang sangat memudahkan.

Nah, setelah mengetahui lima aplikasi di atas, aplikasi mana yang tertarik untuk Anda coba terlebih dahulu? Yuk, manfaatkan teknologi guna menjangkau pasar yang lebih luas dan pastinya lebih cuan!

Credit: Pixabay.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again