18 April 2016

by Aditya Daniel

5 Aplikasi iOS Untuk Mengorganisir Proyek

Fitur kolaborasi menjadi kunci utama aplikasi project management

Menjalankan sebuah proyek entah itu acara perkawinan, ulang tahun atau proyek pekerjaan sekalipun haruslah terorganisir dengan baik. Lebih lagi bila proyek tersebut dijalankan dengan berkolaborasi dengan teman atau kolega.

Delegasi serta pembagian tugas harus jelas agar proyek dapat berjalan dengan lancar. Untuk itulah diperlukan sebuah alat pembantu untuk mengorganisir proyek yang sedang Anda jalankan. Berikut 5 aplikasi dan layanan project management yang bisa Anda gunakan.

Trello

Aplikasi Trello untuk iOS

Trello merupakan salah satu layanan berbasis web dan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengorganisir daftar tugas dari proyek yang sedang Anda jalankan. Mulai dari blog, rencana renovasi rumah atau piknik sekalipun.

Selain versi web, terdapat aplikasi Trello di iOS dan Android yang bisa Anda gunakan di mana pun. Anda bisa membagi tugas-tugas ke dalam sebuah list kategori lalu menambahkan cards semacam post-it ke dalam list tersebut. Anda bisa menambahkan rekan atau keluarga ke dalam boards untuk memulai kolaborasi di Trello.

Download - App Store - Gratis

Wunderlist

Aplikasi Wunderlist untuk iOS

Aplikasi produktivitas yang satu ini telah saja diakuisisi oleh Microsoft. Wunderlist bisa diakses oleh hampir semua sistem operasi hingga Chrome sekalipun. Jika Anda menggunakan Outlook di iOS, Wunderlist sudah terintegrasi sehingga Anda bisa mengubah email menjadi daftar pekerjaan.

Di layanan Wunderlist Anda bisa menambahkan daftar pekerjaan dan memberi catatan serta attachment yang berkaitan. Wunderlist juga bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan mengundang teman melalui email di akun Wunderlist.

Download - iOS App Store - GratisDownload - Mac App Store - Gratis

Todoist

Aplikasi Todoist untuk iOS

Todoist mirip dengan Wunderlist. Layanan online berbasis web dan aplikasi untuk mengorganisir daftar pekerjaan serta proyek yang juga dapat digunakan di hampir seluruh sistem operasi. Salah satu perbedaan Todoist adalah adanya label sehingga Anda bisa melakukan filter sehingga mengetahui daftar pekerjaan.

Todoist dan Wunderlist sama sama memiliki fitur natural language, namun dari pengalaman saya fitur milik Todoist lebih matang dan bekerja lebih baik ketimbang Wunderlist.

Download - iOS App Store - GratisDownload - Mac App Store - Gratis

Slack

Aplikasi Slack untuk iOS

Komunikasi menjadi penting ketika mengurus sebuah proyek. Slack salah satu aplikasi yang bisa mendukung hal tersebut. Anda bisa memantau segala hal yang sedang berlangsung dalam sebuah proyek.

Slack bisa digunakan secara gratis dan Anda mulai bisa membayar untuk integrasi dengan layanan lainnya. Jika berkolaborasi di lebih dari satu proyek Anda bisa mengatur ruang chat yang berbeda-beda.

Download - iOS App Store - GratisDownload - Mac App Store - Gratis

Google Drive

Aplikasi Google Drive untuk iOS

Untuk urusan layanan online, sebagian dari Anda bisa jadi setuju jika Google adalah rajanya. Google Drive adalah layanan pengelola dokumen secara online yang memiliki nilai plus yaitu fitur kolaborasi.

Google Drive memungkinkan pembuatan dokumen seperti presentasi ataupun spreadsheet secara bersama-sama. Jika Anda ingin meng-edit dokumen tersebut di mana saja, Anda bisa menginstal aplikasi Google Drive di iPhone atau iPad.

Download - iOS App Store - Gratis

Mengerjakan proyek kolaborasi akan semakin menyenangkan jika didukung dengan alat yang tepat. Kelima layanan di atas dapat Anda gunakan agar proyek yang dilaksanakan terorganisir dengan baik dan berjalan lancar. Selamat mencoba!

Gambar header: Pixabay