Categories

Listicles

5 Aplikasi Jualan Online Ini Bantu Tingkatkan Penjualan. Wajib Dicoba!

Pelaku usaha, apalagi yang baru merintis, harus mencari dan menentukan lapak jualan yang tepat agar produk yang dipasarkan mendapatkan keuntungan sesuai dengan keinginan.

Asti - 22 August 2021

Perkembangan teknologi era sekarang memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas, termasuk kegiatan transaksi jual-beli yang sudah biasa dilakukan lewat aplikasi jualan online. Keberadaan teknologi yang sudah menjadi bagian hidup masyarakat tentunya menambah animo para konsumen untuk memudahkan segala kebutuhan hidup, termasuk di sektor ekonomi.

Tidak heran, jika saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk berjualan online. Ditambah dengan berbagai macam fitur hingga penawaran menarik, mulai dari kemudahan mengakses aplikasi, sampai dengan mempromosikan produk yang ingin dipasarkan. Tentunya pelaku usaha, apalagi yang baru merintis, harus mencari dan menentukan lapak jualan yang tepat agar produk yang dipasarkan mendapatkan keuntungan sesuai dengan keinginan.

Meskipun aplikasi jualan online sudah sangat mudah ditemui dan digunakan, Anda juga harus memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan terpercaya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Berikut 5 aplikasi jualan online yang bisa Anda gunakan terutama apabila Anda baru merintis menjadi pelaku usaha. Simak di bawah ini, ya!

1. Instagram

Sumber gambar : tekno.kompas.com

Siapa yang tidak mengenal Instagram? Aplikasi yang sangat populer ini tidak hanya menjadi tempat berbagi foto dan video saja, tetapi Anda juga bisa mulai mempromosikan serta memasarkan produk yang akan Anda jual. Sebagai upaya memudahkan pelaku usaha, Instagram telah menyediakan fitur akun bisnis. Melalui akun yang Anda miliki, Anda bisa mengubahnya lewat pengaturan menjadi akun bisnis serta menambahkan hashtag yang sesuai agar produk yang Anda jual bisa ditemukan oleh konsumen dengan lebih mudah.

Unduh di sini

2. WhatsApp

Sumber gambar : blog.whatsapp.com

Aplikasi chatting ini bisa diunduh melalui App Store maupun Google Play Store. Selain sebagai aplikasi untuk bertukar pesan, aplikasi WhatsApp kini hadir dengan layanan WhatsApp Business. Layanan ini diperuntukkan bagi Anda, seorang pelaku usaha yang ingin memasarkan produk yang dimiliki. WhatsApp Business juga memiliki fitur menarik agar konsumen juga tertarik dengan apa yang Anda jual, seperti fitur katalog yang menampilkan foto produk serta keterangan produk yang ada. Fitur lainnya yang juga dimiliki oleh WhatsApp Business adalah quick replies, greeting message, serta label yang memudahkan penjual berkomunikasi dengan pelanggan.

Unduh di sini 

3. Facebook

Sumber gambar : about.fb.com

Jika diingat kembali, awal kemunculan Facebook dimulai dengan kepopulerannya di kalangan mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, aplikasi ini berkembang hingga terus menghadirkan fitur- fitur baru, seperti news feed, page, hingga fitur tombol like yang diberikan kepada cerita yang dibagikan oleh orang- orang yang terhubung dengan akun yang dimiliki. Kini, fitur marketplace pun hadir di Facebook untuk memudahkan para penjual dan pelaku usaha dengan mudah untuk memasarkan produk yang dimiliki. Melalui fitur ini, pastinya Anda akan memperoleh banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

Unduh di sini

4. Tokopedia

Sumber gambar : www.tokopedia.com

Tokopedia tidak hanya menjadi marketplace terpopuler di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara. Tokopedia menawarkan berbagai macam fitur kemudahan seperti membuat voucher promo dan cashback untuk toko sendiri. Selain itu, Tokopedia juga menawarkan status keanggotaan seperti Power Merchant, dimana para penjual bisa menggunakan berbagai macam fitur eksklusif untuk membantu meningkatkan penjualan dan kepercayaan pelanggan.

Unduh di sini 

5. Shopee

Sumber gambar : depositphotos.com/moubystudio

Shopee dengan fitur- fitur terbaiknya, seperti gratis ongkir, COD, cashback, voucher, dan Shopeepay yang memudahkan pelanggan dan pelaku usaha meningkatkan penjualan. Shopee juga memberikan fitur foto dan video yang dapat dilengkapi dengan deskripsi produk yang dimiliki, sehingga pelanggan juga akan memahami dengan produk yang Anda pasarkan.

Unduh di sini 

Nah, itu dia 5 aplikasi jualan online yang bisa Anda gunakan untuk memulai memasarkan produk. Selain mudah digunakan, pastinya aplikasi ini aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, enggak perlu bingung lagi, deh, mau berjualan di mana. Selain itu, kamu juga mendukung program pemerintah dalam mendigitalisasi UMKM Indonesia, lho.


Disclosure : Artikel ini ditulis oleh Srikandy Indah Karina

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter