26 November 2019

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Manga untuk Android yang Cukup Komplet

Line Webtoon jadi salah satu yang sangat populer di Indonesia

Manga adalah istilah untuk komik yang berasal dari Jepang. Selain Anime, Manga juga memiliki peminat yang besar di Indonesia. Dari Naruto, One Piece, Attack On Titan dan lain-lain memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia. Namun sayangnya, distribusi Manga belum cukup luas untuk masuk ke Indonesia, apalagi juga terkendala oleh bahasa. Namun, jika Anda ingin membaca beberapa Manga Jepang secara gratis, bisa mendownload aplikasi khusus Manga berikut ini.

MangaToon

MangaToon adalah salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai Manga terbaru secara gratis. Bahkan manga-manga di dalamnya tersedia full warna. Dari mulai Manga bergenre action, romantis, fantasi, komedi, horor dan lain-lain di update berkala setiap hari.

Anda juga bisa mengunduh komik-komik tersebut sehingga Anda bisa membacanya secara offline. Tidak hanya bahasa Indonesia, tersedia juga bahasa Inggris, bahasa Vietnam dan lain-lain. Anda juga bisa membaca novel dan menulis novel Anda sendiri di MangaToon.

Super Manga - Manga Reader

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna ini menyediakan Manga gratis untuk kebutuhan Anda. Anda bisa memilih genre di dalam menu perpustakaan sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari action, horor, dan lain-lain.

Selain itu, aplikasi ini juga akan mengingatkan Anda bahwa Manga yang Anda suka sudah update. Terdapat juga fitur untuk membaca secara offline.

Manga Plus

Di aplikasi Manga Plus ini Anda dapat membaca Manga favorit seperti Naruto, Boruto, Black Clover, One Piece dan lain-lain setiap hari dan gratis. Tambahkan Manga ke dalam menu Favorit dan Anda akan mendapat pemberitahuan ketika Manga tersebut sudah memiliki episode baru.

Tambahkan juga komentar Anda untuk Manga yang sedang Anda baca di kolom komentar. Untuk bahasa yang dipakai masih bahasa Inggris dan belum tersedia untuk bahasa Indonesia.

Line Webtoon

Aplikasi komik berikutnya yang tak kalah terkenal yakni Line Webtoon. Bahkan aplikasinya sudah diunduh lebih dari 50 juta kali. Tidak heran karena dalam aplikasi ini, pengguna leluasa untuk memiliki genre komik yang akan dibaca seperti horor, romantis, humor, dan lain-lain. Komiknya pun banyak yang tersedia bahasa Indonesia. Terdapat episode tiap harinya dan gratis sehingga tidak akan membuat Anda bosan.

Ciayo Comics

Bagi Anda yang mencari komik karya anak bangsa, aplikasi ini adalah yang Anda cari. Tersedia komik dari berbagai genre seperti horor, action, romantis, komedi yang tentunya khas Indonesia. Setiap hari tersedia episode baru yang tidak akan membuat Anda bosan. Anda juga bisa membagikan komik favorit Anda ke sosial media.