Categories

Mobile

5 Aplikasi iOS Pilihan Bertema 'Read Later'

Aditya Daniel - 12 October 2014

Sering menemukan sebuah tautan atau artikel namun ingin membacanya di kemudian hari? Atau berlangganan RSS Feed dari sebuah situs yang menarik dan gemar membacanya di kala senggang? Mungkin pilihan aplikasi read later berikut dapat menjadi alternatif pilihan.

Pocket

Aplikasi multi-platform ini tak hanya tersedia untuk mobile namun juga tersedia juga dalam rupa extensions di berbagai browser. Kehadiran aplikasi ini di aplikasi lain seperti Twitter client layaknya Tweetbot, membuat Pocket jadi pilihan saya dalam menyimpan tautan yang menarik. Terintegrasi di lebih dari 300 aplikasi membuat Pocket hampir dapat diakses dari mana saja.

Download - App Store - Gratis

Instapaper

Desain yang minimalis ditambah kemampuan kostumisasi tampilan tampaknya menjadi salah satu kekuatan Instapaper menjadi sebuah aplikasi read later service.

Instapaper juga menyediakan fitur highlight yang memudahkan pengguna menandai artikel yang dibaca untuk kemudian dapat dibagikan atau disimpan, meski versi gratisnya hanya memberi kesempatan 5 kali setiap bulannya. Tapi tenang, dengan berlangganan 2.99$ per bulannya maka kita sudah bisa melakukan highlight tak terbatas serta fitur pencarian yang lebih baik hingga artikel yang telah kita arsip. Instapaper juga tersedia untuk platform Android dan Kindle Fire.

Download - Instapaper - Gratis

Readabilty

Dengan typography yang cantik membuat Readability menjadi menarik untuk digunakan membaca artikel yang telah disimpan sebelumnya. Hadir pula di platform Android dan Kindle Fire serta tersedia dalam bentuk extensions untuk peramban Chrome, Firefox dan Safari. Tak ketinggalan fitur penyimpanan tautan melalui email. Oh ya, pengguna dapat saling mengikuti pengguana Readability yang lain serta bertukar informasi tautan yang dimilikinya.

Download - App Store - Gratis

Outread

Aplikasi yang satu ini sebenarnya bukan benar-benar aplikasi read it later service seperti Pocket maupun Instapaper. Namun aplikasi yang satu ini akan mambantu kita membaca lebih cepat tanpa kehilangan konteks dari sebuah bacaan tersebut. Terintegrasi dengan Pocket, Instapaper dan RSS feed sebagai sumber bacaan membuat saya memilih memasukan Outread ke dalam daftar aplikasi ini.

Download - Outread - 35Ribu

Reeder 2

Aplikasi yang satu ini sebenarnya lebih ke penyimpan feed dari berbagai macam layanan RSS. Terintegrasi juga dengan layanan semacam Pocket, Instapaper, Buffer serta memiliki kostumisasi tampilan berupa tema, membuat aplikasi satu ini dapat menjadi alternatif. Selain tersedia di iOS, Reeder 2 juga tersedia untuk platform Mac.

Download - Reeder 2 - 59Ribu

Jadi mana aplikasi akan dicoba? Atau ada saran aplikasi lain yang belum kami sebutkan? Berikan komentar Anda di kolom komentar di bawah.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter