2 July 2014

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Untuk Bulan Puasa di Android, iOS dan Windows Phone

Ramdan sudah memasuki hari keempat, perjuangan masih panjang. Semoga sobat Trenogoers yang sedang menjalankan ibadah puasa tetap istiqomah dan semangat menyelesaikan 26 hari yang tersisa.

Agar sobat tetap khusu' dan ikhlas, berikut TRL persembahkan 5 aplikasi bulan puasa untuk smartphone yang menggunakan OS Android, iOS dan Windows Phone.

Panduan Puasa Ramadhan

Aplikasi yang pertama ini menawarkan kumpulan bacaan yang berisi panduan berpuasa di bulan Ramadhan karya Ustadz Muahmmad Abduh Tuasikal, ST, MSc. Segala pembahasan terkait puasa dibahas di sini mulai puasa itu sendiri, ibadah tarawih, zakat fitrah, shalat ied dan juga beberapa pembahasan singkat tentang puasa sunah lainnya.

 

Info Menarik: Fitur ‘SMS for Hangouts’ Pensiun Dini

 

Sayangnya aplikasi berupa bacaan ini hanya dapat ditemukan di toko aplikasi Android.

Download: Google Play

 

Muslim Pro

Muslim Pro menawarkan fitur yang lengkap bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah sebagai umat muslim, salah satunya adalah puasa. Di dalamnya Anda dapat memperoleh informasi waktu shalat, arah kiblat, adzan dan juga pembacaan ayat suci Al-qur'an dalam bentuk audio.

Ibadah makin khusu' dan tepat waktu apabila Anda berpatokan pada aplikasi ini, demi mempermudah pengguna pengembang telah menanamkan 14 dukungan bahasa ke dalam aplikasi.

Download: iTunes App Store dan Google Play

Islamic Greeting Cards

Saling mengingatkan tidak selalu dengan kata-kata lisan, terkadang menggunakan tulisan justru lebih mengena. Nah, aplikasi ini dirancang untuk saling mengingatkan di antara sesama muslim di mana pengguna dapat mengirimkan potongan ayat Al-qur'an ke teman, kerabat atau saudara.

 

Info Menarik: Samsung Galaxy Young 2 Resmi Dipamerkan, Berbekal Android Versi KitKat dan Bluetooth 4.0

 

Total ada 170 kartu ucapan yang bisa ditemukan, namun hanya 80 yang boleh digunakan secara gratis. Aplikasi ini menawarkan tampilan kartu ucapan yang jernih dan dilengkapi dengan teks dan ayat-ayat menggugah.

Download: iTunes App Store dan Google Play

Ramadhan Corner

Ramadhan Corner adalah aplikasi bulan puasa untuk Windows Phone. Di dalamnya terdapat informasi-informasi seperti jadwal berbuka dan imsak untuk di berbagai kota di Indonesia. Pengguna juga dibantu untuk melafadzkan niat dan doa berbuka puasa apabila belum hafal.

Download: Windows Phone

Resala Ramadan

Mencari dalil paling valid tentang puasa Ramadaan? Jawabannya ada di aplikasi ini. Di dalamnya terdapat sejumlah hadis sahih yang dapat dipercaya, dan juga terdapat ulasan hadis lemah yang berkembang dan menjadi mitos di kalangan umat muslim.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Daftar dan Memasang ‘Histat’ Counter di Blog

 

Jangan khawatir dengan konten yang terdapat di dalamnya karena Anda dapat mengubah isi ke bahasa Indonesia atau Inggris bila diinginkan.

Download: Windows Phone

Itu dia 5 aplikasi bulan puasa untuk smartphone berbasis Android, iOS dan Windows Phone. Semoga bisa menambah semangat dan kekhusu'an sobat dalam beribadah.

Sumber gambar header Shutterstock.