Categories

Mobile

5 Aplikasi untuk Pamer Musik yang Kamu Dengerin

Bambang Winarso - 10 June 2015

Musik identik dengan bersenang-senang, tapi tak selamanya musik dapat dikonotasikan sebagai sesuatu yang negatif. Buktinya banyak orang memanfaatkan musik untuk menemaninya bekerja. Sedikit banyak cara itu terbukti mendorong produktivitas. Jadi, baik atau buruk musik akan tergantung kepada bagaimana penggunaannya.

Sebelum smartphone menjamur, pemutar MP3 dan iPod ada di daftar belanja wajib para penggila musik. Kedua device ini memang dirancang mengakomodasi kebutuhan indera pendengaran mereka. Tapi ketika smartphone mulai populer, perlahan namun pasti device pintar ini menginvasi keduanya.

Salah satu faktor mengapa kedua device tersebut mulai tersingkirkan, karena kualitas suara yang dihasilkan smartphone tak kalah baik. Misalnya, Smartfren Andromax C3s dan Andromax C3si. Kedua ponsel pintar lokal ini meski hanya dibanderol kurang dari Rp 1 juta, ternyata punya kinerja audio yang setara dengan perangkat seharga dua kali lipatnya.

Masing-masing perangkat dijejali teknologi suara dari DTS Sound dan Dolby Digital Plus yang menghasilkan dentuman audio berkelas baik saat didengarkan melalui speaker ataupun earphone.

Faktor lainnya karena dengan smartphone pengguna bisa pamer musik yang sedang didengarkan dengan cara yang lebih keren, mudah, dan banyak pilihan berkat beragamnya aplikasi dan layanan streaming musik. Nah, berikut ini adalah 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pamer musik koleksimu melalui perangkat Android.

Guvera Music

Mengakses musik secara gratis sekarang tidak harus melakukan kejahatan, alias pelanggaran hak cipta dengan mengunduh dari sumber yang ilegal. Guvera Music menyediakan ribuan lagu berbagai genre secara gratis. Dengannya sobat juga bisa membuat playlist dan memutarnya tanpa henti sesuka hati.

SoundCloud

Membuat playlist lagu-lagu favorit itu jelas bukan hal sulit dilakukan di SoundCloud. Terlebih layanan streaming ini juga mempunyai banyak tool yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk tetap mengikuti perkembangan musik dunia. Lewat SoundCloud sobat bisa menemukan lagu-lagu yang sedang tren atau mengunggah suara dan musik yang sobat ciptakan.

MixRadio

Jika Anda menginginkan pengalaman musik yang berbeda, MixRadio adalah jawabannya. Apalagi layanan streaming musik ini sudah diresmikan menyambangi Indonesia. Fitur-fitur musiknya memudahkan Anda mencari lagu-lagu favorit. Aplikasi bahkan dapat mempelajari kebiasaan bermusik Anda dan dari situ kemudian memberikan rekomendasi musik pilihan.

Deezer Music

Aplikasi ini menyediakan akses ke jutaaan musik secara online dan gratis. Anda dapat juga membuat playlist secara otomatis menyesuaikan minat Anda, termasuk menemukan lirik, artis dan khusus untuk versi premium, pengguna bisa melakukan sinkronisasi untuk akses offline.

Rdio

Sedikitnya ada 35 juta lagu yang bisa diakses oleh pengguna Rdio atau dibagikan ke teman. Anda dapat membuat playlist berdasarkan genre atau kesukaan, kemudian memutarnya di perangkat berbeda misalnya smartphone, tablet, PC, Sonos dan Chromecast.

Menambahkan sedikit soal DTS Sound dan Dolby Digital Plus yang ada di Smartfren Andromax C3s dan Andromax C3si. DTS Sound adalah teknologi audio yang menawarkan kualitas suara digital konfigurasi 5.1 channels namun dengan kompresi yang minimal sehingga suara yang dihasilkan lebih akurat.

Sementara Dolby Digital Plus adalah teknologi suara digital surround yang sering dipergunakan dalam pemrosesan audio ke dalam DVD. Dolby Digital Plus juga menggunakan konfigurasi channel 5.1. Perbedaan kualitas antara dan DTS Sound dan Dolby Digital Plus nyaris sulit dibedakan dengan telinga telanjang.

Sumber gambar header Shutterstock.

*) Artikel ini adalah advertorial dan disponsori oleh Smartfren. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter