29 April 2015

by Glenn Kaonang

5 Fakta Menarik Tentang Penggunaan Internet di Indonesia

Kemarin kita sudah melihat 5 fakta menarik tentang kegiatan jual-beli online di Indonesia. Sekarang saatnya membahas topik yang lebih general, yakni penggunaan internet di tanah air secara umum.

Mengambil data yang dirangkum dari riset APJII (Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia) dan PUSKAKOM UI tentang ‘Profil Pengguna Internet Indonesia 2014’, berikut adalah 5 fakta menarik tentang penggunaan internet di Indonesia.

Info menarik: 5 Fakta Menarik Tentang Kegiatan Jual-Beli Online di Indonesia

1. Jumlah pengguna internet sekitar 1/3 populasi

Hingga akhir tahun 2014 kemarin, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 88,1 juta jiwa. Lebih dari setengahnya berdomisili di Pulau Jawa, tepatnya sekitar 52 juta pengguna.

Jika dibandingkan dengan populasi Indonesia secara menyeluruh, yakni sekitar 252,4 juta – versi akhir tahun lalu tentunya – maka jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 1/3 dari populasi keseluruhan, tepatnya 34,9%. Angka ini tentu saja akan terus bertumbuh seiring meluasnya jaringan internet serta pertumbuhan pengguna perangkat untuk berselancar di dunia maya di tanah air.

Bonus: rasio pengguna berdasarkan jenis kelamin adalah perempuan 51% dan laki-laki 49%. Di artikel kemarin, perempuan juga terbukti lebih sering dan lebih berani berbelanja online ketimbang laki-laki.

2. Mayoritas pengguna internet adalah orang yang sudah bekerja

Dari puluhan juta pengguna internet di Indonesia tersebut, sebagian besar ternyata adalah orang yang sudah bekerja/wiraswasta. Jumlahnya mencapai lebih dari setengah (55%), disusul oleh mahasiswa dan ibu rumah tangga dengan persentase masing-masing 18% dan 16%.

Fakta ini menarik karena, jika kita lihat di jejaring sosial, kaum remaja tampaknya cukup mendominasi. Namun nyatanya, akses internet di Indonesia tidak cuma terbatas pada penggunaan jejaring sosial saja, tetapi juga di lingkungan kerja.

3. Di dunia kerja, internet paling sering digunakan pada sektor perdagangan

Apa yang dicari para pekerja dan pengusaha tersebut saat mengakses internet? Dilihat dari lingkup dunia kerja, internet di Indonesia mayoritas digunakan pada sektor perdagangan (31,5%) dan jasa (26,1%).

Melihat artikel kemarin tentang maraknya jual-beli online di Indonesia, data ini tampaknya cukup akurat.

Info menarik: Ngobrol di Facebook Messenger Makin Seru dengan Fitur Baru, Panggilan Video

4. Ponsel paling sering digunakan untuk mengakses internet

Pertanyaan yang cukup sering dilontarkan saat berbicara tentang penggunaan internet adalah, “melalui perangkat apa pengguna mengaksesnya?” Dan jawabannya juga rata-rata hampir sama di setiap negara, yakni melalui ponsel.

Di Indonesia sendiri, ponsel mencatatkan angka 85% dari total perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Namun satu pengguna biasanya juga mengakses internet dari perangkat lain, sehingga laptop/netbook meraih porsi 32%.

Penggunaan ponsel untuk mengakses internet ini merata di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari barat sampai ke timur.

5. Rata-rata mengakses internet selama 1 - 3 jam

Pertanyaan selanjutnya adalah “berapa lama penduduk Indonesia mengakses internet setiap harinya?” Kalau pertanyaannya berapa kali, maka jawabannya bisa puluhan atau ratusan, karena setiap kita membuka lockscreensmartphone untuk mengakses internet dihitung satu kali.

Nah, untuk pertanyaan lama akses, jika durasi setiap pemakaian ponsel kita diakumulasikan, plus akses internet melalui perangkat lain, maka 37,7% pengguna mengakses internet selama 1 - 3 jam setiap harinya. 23,3% mengakses selama 30 - 60 menit, sedangkan ada 6,1% pengguna yang mengakses internet lebih dari 9 jam setiap hari – saya kira mereka ini adalah raja dan ratu download dengan layanan internet tanpa batas kuota. :)

Sumber: Profil Pengguna Internet Indonesia 2014 (Riset oleh APJII dan PUSKAKOM UI) via SlideShare. Gambar header: Internet via Shutterstock