Categories

Gadget

5 Fitur Menarik ColorOS 7 Beserta Skenario Penggunaannya

Beberapa mungkin belum banyak diketahui, tapi bisa sangat berguna dalam sejumlah skenario

Glenn Kaonang - 22 June 2020

Tahukah Anda kalau smartphone OPPO yang dibekali antar muka ColorOS 7 dapat mengambil screenshot suatu laman dari ujung atas sampai bawah? Tahukah Anda kalau ColorOS 7 menyimpan fitur yang serupa seperti salah satu fasilitas YouTube Premium?

Harus saya akui, begitu banyaknya fitur yang ColorOS 7 tawarkan terkadang membuat saya lupa akan manfaat-manfaatnya di berbagai skenario. Artikel ini bermaksud untuk menjabarkan beberapa fitur ColorOS 7 yang mungkin belum diketahui khalayak, tapi bisa berguna dalam sejumlah skenario.

Long Screenshot

Kita mulai dari screenshot itu tadi. Seperti biasa, mengambil screenshot menggunakan smartphone OPPO bisa dilakukan dengan menahan tiga jari di layar, akan tetapi di ColorOS 7 ada opsi tambahan untuk mengambil screenshot yang lebih panjang daripada ukuran layar itu sendiri.

Caranya cukup dengan mengusapkan tiga jari dari atas ke bawah sampai muncul gambar kecil (thumbnail) hasil tangkapan layar di samping kiri. Selanjutnya, geser thumbnail tersebut ke atas, lalu scroll ke bawah sampai pada bagian yang ingin dicantumkan ke dalam screenshot. Demonstrasinya dapat dilihat langsung pada video di atas.

Fitur ini pastinya bakal sangat berguna saat hendak membagikan konten seperti daftar nama, dokumen SOP, rundown acara, dan lain sebagainya yang biasanya mencakup tabel atau grafik yang ditampilkan secara memanjang ke bawah.

Multi-User Mode

Sesuai namanya, fitur ini diciptakan agar satu ponsel dapat digunakan oleh lebih dari satu orang, tanpa ada data milik masing-masing yang tercampur. Buat yang sudah mempunyai anak dan ponselnya kerap dipinjam oleh sang buah hati untuk bermain, fitur ini eksis untuk melindungi beragam informasi sensitif dari jangkauannya, atau sesederhana mencegah sang anak mengirimkan pesan ke grup WhatsApp kantor tanpa sengaja.

Setiap profil pengguna dapat dilengkapi dengan kata sandinya sendiri, sehingga sang anak tidak akan semudah itu mengganti profil pengguna dari yang sudah Anda siapkan untuknya. Untuk mempermudah pengaturan profilnya, ColorOS 7 menyediakan tiga jenis profil yang bisa dibuat: pemilik (owner), pengguna (user), atau tamu (guest), yang pastinya mempunyai akses paling terbatas sehingga cocok diaktifkan saat hendak meminjamkan smartphone ke orang lain.

Selain untuk menjaga privasi, Multi-User Mode juga bisa membantu pengguna lebih fokus selama bekerja. Caranya cukup dengan membuatkan profil khusus untuk diaktifkan selama jam kerja, dan pastikan akses ke media sosial maupun aplikasi-aplikasi pengalih perhatian lain pada profil tersebut sudah dibatasi. Barulah setelah semua pekerjaan selesai, kita bisa mengaktifkan profil lain yang sepenuhnya disiapkan untuk kebutuhan hiburan.

Black Screen Mode

Namanya mungkin terdengar aneh, akan tetapi fitur inilah yang saya maksud serupa dengan fasilitas YouTube Premium itu tadi. Seperti yang kita tahu, salah satu kelebihan layanan berlangganan tersebut adalah bagaimana video bisa tetap diputar dengan posisi layar mati, sehingga pengguna tetap dapat mendengarkan audionya saja selagi menghemat baterai perangkat.

Dengan Black Screen Mode, pengguna dapat tetap memutar video YouTube sekaligus mengunci layar smartphone. Audionya akan tetap terdengar meski perangkat kita simpan di dalam saku, dan kita tidak perlu khawatir layarnya tertekan tanpa sengaja, sebab untuk membuka kuncinya kita perlu swipe ke atas.

Fitur ini tentunya sangat cocok buat yang gemar mendengarkan podcast saat berada di transportasi umum, atau sebatas mendengarkan musik dari YouTube tanpa perlu melihat videonya. Satu hal yang membedakannya dari YouTube Premium adalah, video akan berhenti apabila tombol power perangkat tertekan. Kalau ini sering terjadi pada Anda, maka tidak ada pilihan yang lebih baik selain berlangganan YouTube Premium.

Clone Phone

Sesuai tebakan, fitur ini hadir untuk menyalin seluruh data dari ponsel lama (termasuk Settings, Photos, Contacts, Apps), lalu menambahkannya ke ponsel baru, dan prosesnya jauh dari kata ribet. Untuk mentransfer data dari ponsel Android, pastikan Anda sudah meng-install aplikasi OPPO Clone Phone pada kedua perangkat, lalu tentukan jenis masing-masing perangkat (lama atau baru).

Buka aplikasi Clone Phone pada keduanya, lalu gunakan ponsel lama untuk memindai kode QR yang ditampilkan oleh ponsel baru dan pilih data yang ingin ditransfer. Dari situ proses transfer datanya akan berlangsung secara otomatis via personal hotspot, yang berarti Anda tak perlu khawatir apakah di sekitar ada jaringan Wi-Fi atau tidak.

Menariknya, Clone Phone juga bisa dipakai untuk menyalin data dari iPhone. Caranya adalah dengan menyinkronisasikan data ke iCloud terlebih dulu pada iPhone yang hendak disalin datanya, lalu masuk menggunakan akun iCloud pada aplikasi Clone Phone di ponsel yang baru dan biarkan proses sinkronisasinya berjalan.

Screen Recording

Pada ColorOS 7, fitur Screen Recording bisa langsung diaktifkan dengan mengklik icon kamera video di Control Center maupun Smart Sidebar. Usai diklik, Anda punya waktu tiga detik untuk bersiap sebelum seluruh tampilan layarnya direkam. Selama merekam, prosesnya dapat di-pause dan dilanjutkan kapan saja, dan perekaman hanya akan berhenti sendiri ketika ukuran videonya sudah mencapai 5 GB.

Kalau memang perlu merekam tampilan layar yang sangat lama, pengguna bisa menurunkan resolusinya ke 480p, meski tentu saja konsekuensinya adalah kualitas videonya lebih rendah. Meski demikian, saya membayangkan opsi pengaturan resolusi ini bisa sangat berguna buat mereka yang ingin merekam sesi gaming-nya yang berlangsung lebih lama dari biasanya.

Ya, Screen Recording merupakan fitur yang sangat gamer-friendly, sebab selain video, audionya juga dapat direkam. Selain itu, pengguna juga punya opsi untuk merekam tampilan layar sekaligus tampilan kamera depan secara bersamaan.

Alternatifnya, pengguna juga dapat mengaktifkan opsi untuk merekam tampilan layar lengkap beserta semua sentuhan pada layar perangkat. Opsi ini tentu cocok untuk membuatkan video tutorial, yang pada akhirnya bisa dibagikan ke anggota keluarga yang tergolong awam demi mengajari mereka cara-cara menggunakan sejumlah fitur pada smartphone.

Salah satu perangkat yang sudah dilengkapi dengan ColorOS adalah OPPO A92. Perangkat ini cukup menarik dengan berbagai fitur unggulan seperti 4 kamera, desain cantik serta fingerprint yang terletak di bagian pinggir. OPPO saat ini juga sedang gencar memperkenalkan paket bundling edisi khusus Disney dengan warna baru yaitu Aurora Purple. Bundling yg Anda dapatkan adalah merchandise Disney serta OPPO Enco W11.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter