Categories

Gadget

5 Fitur Unggulan OPPO Reno5 yang Berbeda dari Reno4

Dari layar 90Hz hingga 50W Flash Charge SuperVOOC

Lukman Azis - 20 January 2021

Setelah enam bulan Reno4 tiba di Indonesia, kini OPPO telah merilis sang penerusnya; Reno5. Saat pertama kali diluncurkan, kedua smartphone Reno series tersebut sama-sama dibanderol Rp4.999.000.

Bagi para pengguna Reno4, apakah perlu upgrade ke Reno5? Dilihat dari penampilan, desain keduanya hampir serupa dan juga masih ditenagai oleh chipset yang sama; Qualcomm Snapdragon 720G.

Lantas, fitur dan peningkatan apa saja yang dibawanya? Berikut 5 alasan kenapa Anda harus segera pre-order OPPO Reno5 sekarang.

1. Panel dengan Refresh Rate 90Hz

Panel-dengan-Refresh-Rate-90Hz

Dari segi kualitas layar, Reno4 sudah sangat baik meski hanya memiliki refresh rate standar di angka 60Hz. Pada Reno5, OPPO meningkatkan panel Super AMOLED 6,4 inci beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz dan layarnya juga lebih responsif dengan touch sampling rate 180Hz.

Apakah perbedaan antara panel 60Hz ke 90Hz terasa? Selain menguntungkan saat bermain game, semakin tinggi refresh rate membuat animasi atau transisi antar menu dan gerakan konten di atas layar smartphone akan terlihat lebih halus. Dengan kata lain, mata Anda akan semakin dimanjakan – manfaatnya juga terasa saat Anda menikmati konten video dengan frame rate tinggi.

2. Kamera Utama 64MP

Kamera-Utama-64MP

Kemampuan pengambilan gambar Reno5 juga meningkat berkat penggunaan kamera utama beresolusi 64MP 0.8µm dengan sensor lebih besar 1/1.73 inci berpadu lensa lebar 26mm dengan aperture f/1.7. Sebelumnya Reno4 mengandalkan kamera utama 48MP 0.8µm dengan sensor berukuran 1/2.0 inci, lalu peningkatan apa yang diperoleh oleh pengguna?

Dengan teknologi Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel, kamera 48MP 0.8µm milik Reno4 menghasilkan foto optimal 12MP dengan piksel 1.6µm. Sementara, Reno5 dengan kamera 64MP 0.8µm menghasilkan foto optimal beresolusi lebih tinggi yakni 16MP dengan piksel besar yang sama 1.6µm.

Sementara, tiga unit kamera lain yang menemani kamera utama Reno5 tidak mengalami peningkatan. Ada 8MP dengan lensa ultrawide, 2MP macro, dan 2MP depth. Sedangkan, kamera depannya meningkat dari 32MP menjadi 44MP lengkap dengan Ultra Night Selfie Mode untuk mengoptimalkan foto di kondisi minim cahaya.

3. Fitur Video yang Ditingkatkan

AI Mixed Portrait
AI Mixed Portrait

Masih ingat, di Reno4 terdapat fitur AI Color Portrait Mode yang membuat latar belakang menjadi hitam dan putih namun objek manusia tetap dalam warna yang sebenarnya. Kemudian ada Monochrome Video dengan tiga jenis filter video, yang dapat mempertahankan warna merah, hijau atau biru dari objek dalam video, sementara latar belakang menjadi warna hitam dan putih. Kedua fitur video kreatif tersebut juga diwariskan kepada Reno5 dan OPPO juga menambah fitur video baru yakni AI Highlight Video, AI Mixed Potrait, dan Dual-view Video.

AI Highlight Video ini menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda. Fitur ini tersedia untuk kamera depan dan belakang. Dalam cahaya redup, kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari. Dalam keadaan dengan cahaya latar belakang kuat, HDR Live otomatis bekerja menghasilkan subjek dan latar belakang yang dapat terlihat sama jelasnya.

Lalu lewat AI Mixed Potrait, Reno5 memiliki kemampuan menggabungkan video portrait dengan video latar belakang dan menghadirkan efek video dengan eksposur ganda. Sedangkan Dual-view Video merupakan fitur yang memungkinkan video ditangkap melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan.

4. Fitur Foto yang Ditingkatkan

Fitur Foto yang Ditingkatkan
Foto OPPO

Proses pengambilan gambar pada Reno5 didukung oleh AI Scene Enhancement untuk pengoptimalan yang disesuaikan untuk warna/saturasi/kecerahan pada pemandangan tertentu yang dikenali oleh algoritma AI. Dengan fitur Ultra-Clear 108MP Image, Reno5 juga dapat mengambil foto dengan resolusi hingga 108MP dari kamera belakang yang memberikan detail dan tekstur yang sangat kaya.

Selain itu, kamera Reno5 dilengkapi Image-clear Engine (ICE) yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengambilan gambar dengan subjek bergerak. Sebagai contoh memotret aktivitas olahraga atau anak-anak ketika bermain, ICE membantu mendapatkan foto tetap tajam dan jelas.

5. 50W Flash Charge

50W-Flash-Charge

Sebelumnya Reno4 memiliki baterai berkapasitas 4.015 mAh, didukung dengan 30W VOOC Flash Charge 4.0 yang dapat diisi 50% dalam 20 menit dan terisi penuh dalam 57 menit. Tangki baterai Reno5 lebih besar, 4.310 mAh dan didukung 50W Flash Charge yang memiliki daya puncak 66,6% lebih tinggi dari Reno4. Dengan adaptor SuperVOOC di dalam kotak, dalam durasi 31 menit baterai Reno5 akan terisi 80% dan akan penuh 100% dalam waktu 48 menit.

Nah itulah lima alasan kenapa harus pre-order Reno5, fitur dan peningkatkan yang dibawa dibanding Reno sebelumnya. OPPO Reno5 sendiri secara resmi hadir di Indonesia pada tanggal 12 Januari 2021 lalu dan pemesanan pre-order Reno5 masih dibuka sampai tanggal 21 Januari, penjualan perdananya akan dilakukan pada 22 Januari atau Jumat mendatang.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter