Setiap tahun, Samsung punya tradisinya sendiri. Di awal tahun, raksasa asal Korea Selatan itu punya kebiasaan meluncurkan flagship dari seri S. Tahun ini, Galaxy S seri termuda diwakili oleh S9 yang memulai debut pada bulan Februari lalu. Di pertengahan tahun, biasanya giliran seri Galaxy Note yang bakal tampil di atas panggung, di mana seri Galaxy Note 9 semestinya jadi nama berikutnya. Tahun lalu, Galaxy Note 8 juga diperkenalkan pada bulan Agustus meskipun mendekati akhir.

Seperti yang sudah-sudah, kemunculan perangkat flagship dari Samsung selalu didahului oleh serangkaian rumor, bocoran dan teaser. Sejauh ini yang kita punya barulah praduga yang bisa saja benar tapi bisa juga salah besar. Dan setidaknya, ada beberapa fitur baru yang diharapkan menjadi suguhan flagship yang khas dengan sytlusnya itu.

S Pen Lebih Canggih

Document-filed-with-the-FCC-reveals-Bluetooth-LE-capabilities-for-the-new-S-Pen.jpg

Kehadiran S Pen jadi hukum wajib bagi seri Galaxy Note. Tapi di seri 2018 ini, banyak orang mengharapkan ada teknologi baru yang bakal dikemas di dalamnya. Menurut bocoran dari FCC, S Pen terbaru di Galaxy Note 9 bakal membawa dukungan Bluetooth LE yang diduga berfungsi untuk menjadi kontroler media seperti musik atau film dan juga menjadi tombol shutter kamera.

Baterai Lebih Besar

Hari ini kita bisa dengan mudah menemukan smartphone kelas menengah dengan baterai di atas 3000mAh. Jadi, cukup beralasan jika Galaxy Note 9 diharapkan untuk membawa baterai paling tidak 4.000mAh sebagaimana diperbincangkan belakangan ini. Hanya saja, publik tentu berharap peningkatan ini tak menghadirkan ancaman seperti yang terjadi di Galaxy Note 7.

Memori Lebih Lega

Siapa yang tak menginginkan fitur ekstra ini. Hampir semua penggemar setia Samsung khususnya seri Note tahu betul seri ini merupakan seri paling garang bahkan dibandingkan dengan Galaxy S. Tambahan RAM sampai dengan 8GB dan memori seluas 512GB tentu merupakan kejutan yang melegakan bagi mereka.

Sensor Tekanan Darah

Sensor jenis ini mungkin tak selamanya cocok digunakan untuk semua orang. Tapi, kedatangannya di seri Galaxy S9 kerap menjadi perbincangan yang berkonotasi positif. Jadi, mengapa tidak!

My-BP-Lab-app-1

Sensor Sidik Jari di Layar

Fitur terakhir dan salah satu yang paling ditunggu adalah sensor sidik jari yang dikabarkan bakal berpindah posisi dari belakang ke layar. Belum banyak memang perangkat flagship yang sudah menawarkan fitur ini, tapi jika Samsung bisa menjadi yang pertama tentu akan lebih baik mengingat reputasinya di industri mobile.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi Galaxy Note 8.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.