Categories

Gadget

5 Fitur Utama dan Tips Mengoptimalkan OPPO A54

Bahas dari mulai warna yang tersedia pada OPPO A54, teknologi layar, hingga OPPO Band sebagai pendamping setianya

Lukman Azis - 28 April 2021

OPPO A54 merupakan salah satu smartphone seri A terbaru dari OPPO dan masuk ke dalam daftar rekomendasi smartphone lebaran tahun ini yang berada direntang harga Rp2 jutaan. Perangkat ini mengusung wajah baru dengan punch hole dalam desain stylish berpadu warna yang kekinian.

Desain memang menjadi salah satu faktor pertimbangan utama, terutama bagi anak muda saat membeli smartphone. Sebab smartphone telah menjadi semacam fashion statement bagi penggunanya. Bagi peminat OPPO A54, berikut ini lima fitur utama dan juga tips untuk mengoptimalkannya.

1. Crystal Black vs Starry Blue

OPPO menyediakan dua macam warna yang sangat kontras, yaitu Crystal Black dan Starry Blue. Warna klasik Crystal Black membuat OPPO A54 tampil lebih elegan dan terkesan kalem.

Sebaliknya, warna kekinian Starry Blue berhasil menampilkan keindahan yang sangat mempesona. Umumnya warna ini bakal lebih menarik perhatian kaum hawa, tetapi kaum adam juga sah-sah saja bila menginginkan warna Starry Blue.

OPPO menjelaskan bahwa bodi luar A54 menggunakan teknologi electroplating dengan tiga lapisan penyemprotan sehingga menghasilkan gradasi bingkai yang halus. Bingkainya sendiri terbuat dari alumunium yang memberikan kesan solid.

2. Tahan Percikan Air (IPX4)

Selain tampil menawan, bodi OPPO A54 juga istimewa. Sebab untuk pertama kalinya, OPPO membawa sertifikasi IP rating pada lini seri A yaitu IPX4. Dibandingkan dengan sertifikasi IPX2, OPPO menambahkan sebuah lapisan penahan air yang memberikan ketahanan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Untuk membuktikan keandalannya, OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi. Lebih lanjut, OPPO A54 juga dilengkapi dengan lima lapisan perlindungan dan lulus menjalani enam tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal.

Bodi yang tangguh dengan ketahanan terhadap percikan air, tentunya memberi keleluasaan bagi anak muda dalam menciptakan konten. Namun poin yang tak kalah penting ialah ergonomis saat digenggam, berkat dimensi yang tipis dan ringan dengan ketebalan di angka 8,4mm dan bobot 192 gram.

3. Eye Comfort

OPPO A54 | Foto: OPPO

Banyak hal yang bisa ditunjang oleh smartphone, mulai dari bekerja, belajar, belanja online, akses perbankan, hingga berkreasi membuat konten. Tidak heran, waktu mengakses smartphone tiap harinya meningkat.

Melihat kondisi tersebut, OPPO telah melengkapi A54 dengan Eye Comfort. Sebuah teknologi layar yang dapat menunjang di segala kondisi cahaya dan dapat mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata.

Pada kondisi di bawah terik matahari, teknologi Sunlight Screen akan menawarkan visibilitas lebih baik dengan meningkatkan kecerahan layar 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nit. Sebaliknya, teknologi Moonlight Screen akan mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nit pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari. Sementara, AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna ketika menyesuaikan lampu latar dan merekam tingkat kecerahan layar.

4. Gunakan Fitur Kamera Berbasis AI

Soal kamera, OPPO A54 dilengkapi dengan triple camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP. Agar hasil fotonya optimal, jangan ragu mengandalkan fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan yang ada.

Sebut saja, Dazzle Color yang dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar yang kaya warna. AI Scene Recognition yang mendukung pengenalan otomatis 23 scene ketika digunakan untuk memotret. Ultra Night Mode yang menjadi solusi fotografi malam hari. Serta, AI Beautification 2.0 yang dapat diakses melalui kamera depan dan belakang.

5. Hubungkan dengan OPPO Band

Nah, tips terakhir untuk mengoptimalkan pengalaman menggunakan OPPO A54 ialah mengkombinasikan dengan OPPO Band. Buat yang belum tahu, OPPO Band merupakan wearable smart device yang masuk dalam ekosistem Internet of Things (IoT) OPPO.

Perangkat ini berorientasi pada gaya hidup sehat dengan fitur unggulan seperti pemantauan berkelanjutan terhadap kadar oksigen dalam darah (SpO2), denyut jantung secara real-time, dan juga menawarkan 12 mode latihan yang mendukung gaya hidup aktif penggunanya. Yang pasti, bakal sangat membantu menjaga kebugaran tubuh di era adaptasi kebiasaan baru dan bagi yang menjalankan ibadah puasa. 

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter