Setelah kemarin kita sudah mengunduh dan membuat akun di Google Allo, sekarang yuk kita kenali lebih dekat apa saja hal-hal keren yang bisa dilakukan di aplikasi pesan instan yang katanya pintar ini.

Menjalankan Aplikasi Pihak Ketiga

Berbeda dengan aplikasi pesan instan pada umumnya, Google Allo dilengkapi teknologi pintar bernama Google Assistant. Berkat robot pintar inilah, Google Allo bisa merespon setiap pertanyaan Anda, menjalankan perintah teks dan menemukan informasi yang Anda butuhkan.

Yang pertama, Google Allo bisa menjalankan aplikasi yang Anda inginkan melalui perintah teks sederhana.

Jalankan Google Allo kemudian tap jendela obrolan Google Assistant. Sebelum memberikan perintah, perlu Anda ketahui bahwa Google Assistant baru mendukung perintah dalam bahasa Inggris, sedangkan untuk bahasa lainnya baru bisa digunakan untuk mencari informasi yang diambil dari pencarian Google.

Untuk menjalankan aplikasi, Anda cukup mengetikkan “Open youtube app”, atau “open facebook app” dan nama aplikasi lainnya.

open apps

Selanjutnya tinggal menekan tanda centang untuk menjalankan aplikasi, mudah kan?

youtube open

 

Mengetahui Posisi Anda atau Menemukan Tempat Tertentu

Berikutnya, di Google Allo – masih dengan Google Assistant, Anda juga bisa meminta petunjuk lokasi Anda atau lokasi tertentu. Saya coba memberikan perintah, “my location” dan hasilnya seperti ini.

maps-location

Mengonversi Mata Uang

Makin penasaran, saya coba meminta Google Assistant untuk mengonversi mata uang tertentu. Hasilnya juga akurat, termasuk untuk mata uang negara lain. Anda cukup mengetikkan nominal disertai kode mata uang, contohnya 100usd to idr. idr adalah kode untuk mata uang Rupiah.

converter dollar

Mencarikan Jadwal Pertandingan Olahraga

Berhubung saya penggemar Real Madrid, jadi saya ingin tahu kapan El Real kembali berlaga. Saya coba berikan perintah sederhana, “real madrid math schedule” dan hasilnya pun memuaskan, muncul hanya dalam hitungan detik. Anda dapat menggunakan frase yang sama untuk klub lainnya. Tinggal ganti Real Madrid menjadi Liverpool, Arsenal atau Chelsea.

football schedule

Ngobrol Seperti Manusia

Yang unik dari Google Assistant, ia dapat merespon setiap pertanyaan secara natural. Coba ketikkan saja, “halo” dan ia akan merespon seperti layaknya manusia, ditutup dengan menawarkan diri. Sekarang coba mengetikkan kalimat sembarang yang tidak ia pahami, ia  tetap akan merespon, namun meminta bantuan Google Search atau YouTube.

ngobrol_allo

Selain memahami perintah-perintah sederhana, Google Allo melalui Google Assistant juga telah menyiapkan sejumlah perintah siap pakai tepat di bawah jendela percakapan. Saya tandai di gambar ini.

opsi_1

Perintah-perintah ini terus muncul dan semakin spesifik sesuai dengan informasi yang Anda inginkan. Di format yang berbeda, coba ketikkan “what can you do”, maka Google Assistant akan menampilkan beberapa tombol yang lebih besar dan lebih mudah diakses, seperti di gambar ini.

opsi_2

Anda dapat mengklik salah satu dari menu tersebut untuk mendapatkan informasi lanjutan yang berisikan petunjuk perintah dan akses cepat ke tool yang Anda butuhkan.