Misc

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Star Wars: The Force Awakens

Satu hal yang paling dinanti jutaan fans di ajang Star Wars Celebration Anaheim 2015 adalah info dan bocoran mengenai Star Wars: The Force Awakens. Setelah sekian lama, serta periode peralihan kepemiliki Lucasfilm ke Disney di tahun 2012, akhirnya kita dipersilakan mengintip lebih jauh kisah penerus saga ciptaan George Lucas itu melalui teaser trailer kedua.

Trailer tersebut meneruskan video tahun lalu. Respon penggemar sangat beragam, beberapa objek seperti pesawat luar angkasa dan planet terlihat akrab, namun karakter tidak tampak familier bahkan buat mereka yang telah melahap bermacam-macam judul novel dan game Expanded Universe Star Wars. Lightsaber dengan 'tiga ujung' turut menuai perdebatan.

Namun semua lebih jelas berkat video lanjutan yang baru saja dipublikasi bersamaan dengan dimulainya mometum Star Wars Celebration. Nostalgia merupakan senjata terkuat dari trailer berdurasi dua menit tersebut. Musik dari John Williams mengalun di planet padang pasir, rongsokan pesawat Star Destroyer menjadi latar belakangnya, dan di bagian akhir kita melihat dua tokoh legendaris.

Sebelum menyimak lebih jauh beberapa hal yang perlu diketahui tentang Star Wars: The Force Awakens, Anda wajib menyaksikan teaser resmi paling anyarnya.

 

5. Judul dan setting waktu

Star Wars: The Force Awakens ialah film Star Wars pertama yang menanggalkan penyebutan 'Episode' di judul. Walau begitu, secara tak resmi ia juga dipanggil Episode VII. Film ini adalah bagian pembuka trilogi ketiga jagat Star Wars setelah trilogi orisinil dan prekuel. The Force Awakens di-setting sekitar 30 tahun setelah episode VI Return of the Jedi usai. Melihat jumlah tahun, setting benar-benar mendekati rentang waktu sesungguhnya.

Info menarik: Sambut Trailer Baru, Twitter Rilis Emoji Edisi Star Wars

Ketiadaan 'Episode' mungkin dimaksudkan agar film juga terlihat lebih bersahabat bagi mereka yang belum pernah menyaksikan Star Wars.

 

4. Karakter

Fans Original Trilogy akan teriak girang setelah mereka melihat trailer di atas. Pasalnya, wajah-wajah lama muncul kembali: Leia Organa (Carrie Fisher), Han Solo (Harrison Ford), Chewbacca (Peter Mayhew), serta robot R2-D2 dan C-3PO. Jika teliti, Anda akan sadar bagaimana video sebenarnya dinarasikan oleh Luke Skywalker (Mark Hamill), sosok bekerudung dengan tangan droid.

Meskipun depenuhi tokoh-tokoh klasik, The Force Awakens fokus pada karakter baru. Mereka ialah Finn (John Boyega), Rey (Daisy Ridley), Oscar Isaac (Poe Dameron) dan Kylo Ren (sang pemilik pedang laser aneh). Belum ada penjelasan lebih resmi mengenai siapa mereka.

 

3. Sutradara dan sineas

J.J. Abrams bertanggung jawab sebagai sutradara sekaligus co-writer The Force Awakens. Reputasi Abrams cukup tinggi di ranah fiksi ilmiah. Ia turut menyutradarai reboot Star Trek, Star Trek Into Darkness, beserta Super 8 yang mengusung tema hampir serupa. Film diproduksi oleh Walt Disney Pictures, Lucasfilm dan Bad Robot Productions punya Abrams. Proses shooting dilakukan di Abu Dhabi, Irlandia, Inggris, dan Islandia.

Info menarik: Inventor Kembali Buat Miniatur Pesawat Star Wars, Kali Ini TIE Interceptor

Lawrence Kasdan yang menulis naskah The Empires Strikes Back dan Return of the Jedi juga kembali menjadi co-writer. John Williams sekali lagi berperan mengkomposisi lagu, kemudian George Lucas menjabat posisi creative consultant.

 

2. Cerita

Tentu akan sulit menebak cerita apa yang telah disiapkan para sineas The Force Awakens, tapi kita perlu mengingat pengumuman tahun lalu: Semua Expanded Universe dinyatakan tak lagi resmi. Artinya ratusan judul novel, komik, sampai video game kini dianggap bukan bagian formal dari dunia Star Wars.

Langkah tersebut memang terasa cukup brutal bagi fans, tapi sangat dibutuhkan. Expanded Universe terlalu luas dan kompleks, hampir tidak menyisakan ruang bagi cerita baru.

 

1. Waktu tayang

Star Wars: The Force Awakens dijadwalkan untuk tayang di layar lebar pada tanggal 18 Desember 2015 di wilayah Amerika Serikat. Saya cukup yakin waktu perilisannya di Indonesia tidak berbeda jauh.

-

Rekaman live stream Star Wars Celebration 2015 hari pertaa dapat Anda tonton di bawah.

Sumber: Cinema Blend, Wired, StarWars.com. Gambar tambahan: Flickeringmyth.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter