7 January 2016

by Glenn Kaonang

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Mencoba Netflix di Indonesia

Mulai dari koneksi internet, kartu kredit sampai tips singkat mengakses menu pengaturan

Baru satu minggu menjalani tahun yang baru, rakyat Indonesia sudah diberi kado istimewa dari Netflix. Ya, salah satu layanan streaming film terpopuler itu akhirnya sudah resmi masuk di Indonesia. Pengguna bisa mendaftar dan segera menikmati beragam konten tanpa harus mengandalkan cara lama, yakni menggunakan VPN.

Yang sangat menarik adalah, Netflix menawarkan uji coba gratis selama sebulan kepada seluruh pengguna baru. Jadi sebelum Anda ditarik biaya, Anda bebas menjajalnya sepuas mungkin, untuk kemudian memutuskan akan lanjut berlangganan atau tidak.

Untuk itu, kali ini DailySocial akan membantu para pembaca mengenal lebih dekat layanan streaming film yang sudah dinanti-nanti selama beberapa tahun ini. Inilah 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk mencoba Netflix di Indonesia.

1. Periksa koneksi internet Anda

Sama halnya seperti streaming video di YouTube, koneksi internet yang cepat dan stabil sangat penting di Netflix. Cari tahu bandwith koneksi yang Anda miliki di rumah, karena hal ini bakal mempengaruhi keputusan Anda saat memilih satu di antara tiga paket berlangganan yang ditawarkan.

Kalau ternyata bandwith yang tersedia cuma sekitar 1 Mbps, mungkin akan lebih ideal memilih paket yang paling murah karena resolusi video maksimum yang bisa dinikmati hanya sampai kualitas SD atau 480p. Di atas itu, koneksi internet Anda mungkin akan sedikit kewalahan.

2. Siapkan kartu kredit

Saat mendaftar, Anda akan diminta untuk mencantumkan informasi kartu kredit. Satu bulan pertama memang gratis, tapi selanjutnya Netflix akan otomatis memperpanjang paket berlangganan yang Anda pilih. Maka dari itu, info kartu kredit akan diminta langsung di depan.

Semisal Anda ternyata kurang sreg dengan ragam konten yang ditawarkan ataupun hal lain, Anda bisa langsung membatalkan paket berlangganan kapan saja. Jadi tak perlu khawatir muncul tagihan ekstra yang tidak diinginkan. Update: Rekan kami bisa mendaftarkan untuk akun Netflix dengan menggunakan akun iTunes di aplikasi iOS Netflix, jadi selain mendaftarkan menggunakan email Anda juga bisa mendaftarkan dengan akun iTunes Anda.

3. Berapa orang yang akan menggunakan Netflix di rumah?

Selain koneksi internet, jumlah orang juga perlu dipertimbangkan saat hendak memilih paket berlangganan Netflix. Kalau Anda sudah berpasangan, paket Standard-lah yang semestinya dipilih karena bisa digunakan oleh dua orang secara bersamaan.

Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga dan ingin anak-anaknya bisa menikmati Netflix sendiri, paket yang paling mahal memungkinkan hingga empat pengguna yang mengakses dalam kesempatan yang sama.

4. Atur menu Parental Control

Masih seputar anak-anak, Netflix menawarkan opsi pengaturan terkait konten yang bisa ditonton oleh mereka. Anda selaku pemegang akun bisa membatasi film apa saja yang tersedia, memblokir akses menuju film yang rating-nya tidak sesuai dengan anak-anak – mereka perlu memasukkan nomor PIN untuk bisa 'menembusnya', dan Anda-lah yang menetapkan PIN tersebut.

5. Atur menu Playback Settings

Secara default Netflix bekerja seperti YouTube dalam hal kualitas video. Resolusi akan berubah-ubah secara otomatis tergantung seberapa cepat koneksi internet Anda pada saat itu. Akan tetapi Anda juga bisa mengubahnya secara manual sehingga ekspektasi pribadi pun bisa disesuaikan.

Saya sendiri sempat mencoba mengganti setting otomatis menjadi yang terbaik, yang berarti video akan diputar dalam resolusi HD. Dengan bandwith sekitar 3 Mbps, buffer video berlangsung cukup lama, tapi begitu sudah selesai, semuanya berjalan lancar.

Gambar header: Netflix via Shutterstock.