1. Entrepreneur

5 Ide Topik Podcast yang Bisa Anda Garap

Alternatif topik buat yang baru mulai atau kehabisan ide

Kendati hampir mirip dengan radio yaitu sama-sama menyiarkan audio, podcast lebih kental kesan personal karena berisi beragam topik menarik dan bisa disiarkan oleh siapa saja tanpa harus mempunyai stasiun berfrekuensi.

Yang membuat podcast menarik, penyiar bebas menentukan wilayah geraknya.  Maksudnya, jika Anda jadi podcaster, Anda bisa membuat keputusan sendiri mau fokus membahas apa. Atau, bahkan termasuk jika Anda ingin bermain di banyak kaki, membahas semua hal. Selama memang topik itu menarik untuk diperbincagkan.

Namun jika Anda belum punya ide topik garapan, berikut ada 5 daftar ide topik podcast yang bisa Anda pilih.

Topik kisah misteri

Akhir-akhir ini semua sosial media bahkan YouTube didominasi oleh kisah misteri. Setelah diamati, ternyata sebagian besar masyarakat Indonesia memang gemar akan cerita misteri yang membuat bulu kuduk merinding. Fenomena ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi topik Podcast Anda. Apalagi jika Anda memiliki sejumlah pengalaman supranatural yang ingin Anda bagikan. Jika tidak ada, maka Anda bisa mengundang pembicara lain untuk berbagi kisah di Podcast Anda.

Topik Percintaan

Topik ini adalah salah satu topik podcast yang cenderung ringan. Jika Anda ingin mengambil topik ini, maka Anda harus bersiap-siap memikirkan bagaimana topik percintaan Anda berbeda daripada yang lain. Misalnya kisah bucin (budak cinta) atau kisah perselingkuhan yang bisa dipetik pelajarannya. Sekali lagi kisah tersebut tidak harus dari Anda, bisa juga dari pengalaman pembicara lain.

Pendidikan

Anda adalah seorang yang berkecimpung di dunia pendidikan dan ingin membagikan ilmu Anda? Maka topik pendidikan bisa Anda pilih. Topik pendidikan ini luas sekali cakupannya.

Misalnya Anda orang yang ahli bahasa inggris, Anda bisa membahas bagaimana mahir bahasa inggris kepada pendengar. Selain itu, misalnya Anda memiliki pengalaman masuk perguruan tinggi jalur prestasi, maka Anda bisa membagikan pengalaman tersebut kepada pendengar.

Kesehatan

Topik kesehatan juga menjadi favorit akhir-akhir ini. Dimana ketika semua orang sibuk dengan rutinitasnya dan tidak begitu peduli akan kesehatan tubuhnya, Podcast Anda bisa menjadi solusi bagi mereka. Daripada konsultasi ke dokter, orang biasanya lebih banyak mendengar podcast. Anda bisa mengundang pembicara yang mumpuni di bidang kesehatan.

Topik Inspiratif

Jika Anda menginginkan sesuatu yang agak berat dan mengandung filosofi, maka topik inspiratif bisa Anda pilih. Target yang dituju adalah anak-anak milenial yang sedang dalam fase menuju dewasa dimana masalah kehidupan semakin berat dijalani. Anda bisa membicarakan kisah inspiratif yang bisa mengubah persepsi banyak orang.

Demikian contoh 5 topik podcast yang bisa Anda buat sendiri. Tertarik dengan salah satu topik di atas? Selamat mencoba.

Gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again