Categories

Gadget

5 Keyboard Gaming Terbaik untuk Beragam Kebutuhan

Pemain MMORPG, pemain CS:GO, atau bahkan gamer yang hobi mengetik, keyboard-keyboard ini cocok buat Anda

Glenn Kaonang - 1 June 2016

Di mata pengguna umum, keyboard mungkin hanya sekadar alat bantu untuk menavigasikan komputer. Namun bagi para gamer maupun atlet esport, keyboard merupakan senjata utama mereka di samping mouse.

Memang benar skill adalah atribut utama yang membuat tim esport seperti NXL bisa meraih prestasi yang amat membanggakan. Akan tetapi peripheral juga turut memegang peranan penting dalam mendukung performa mereka di turnamen, seperti yang sempat kami rangkum menjadi tips memilih gaming gear ala NXL tahun lalu.

Kali ini DailySocial bermaksud untuk memberikan panduan membeli keyboard gaming bagi para pembaca. Berikut ini adalah daftar 5 keyboard gaming terbaik yang bisa memenuhi beragam kebutuhan gaming Anda.

1. Razer Blackwidow Chroma

Razer Blackwidow Chroma / Razer

Kurang afdal rasanya membicarakan peripheral gaming tanpa melibatkan Razer di dalamnya. Selama bertahun-tahun, Blackwidow sudah menjadi keyboard pilihan banyak gamer. Bukan hanya karena desainnya yang keren dan deretan LED warna-warninya, tetapi juga karena performanya yang mumpuni.

Blackwidow Chroma mengemas switch mekanik rancangan Razer sendiri yang diklaim tahan sampai 60 juta klik. Fleksibilitasnya juga baik berkat kehadiran lima tombol macro di sebelah kiri yang bisa diprogram untuk apa saja, membuatnya ideal untuk game ber-genre RPG. Lebih lanjut, kustomisasi ini juga bisa di-backup ke cloud lewat software pendamping Razer Synapse.

Beli: Blibli – Rp 2.680.000

2. Corsair Vengeance K70 RGB

Corsair Vengeance K70 RGB / Corsair

Keyboard yang satu ini bisa dibilang yang paling kokoh mengingat ia punya sasis yang terbuat dari aluminium. Desainnya juga sedikit tidak umum, dimana tiap-tiap tuts-nya tampak melayang di atas bodi keyboard, plus dihiasi oleh deretan LED yang bisa menyala dalam kombinasi 16,8 juta warna.

Switch mekanik Cherry MX Red yang digunakan membuatnya ideal untuk pemain game FPS macam CS:GO. Nilai plus lain dari K70 adalah aksesori palm rest dengan permukaan soft-touch yang termasuk dalam paket penjualan.

Beli: Lazada – Rp 2.861.500.

3. Ducky Shine 5

Ducky Shine 5 / Ducky

Nama Ducky mungkin terdengar asing di telinga Anda, padahal brand asal Taiwan ini sudah amat terkenal reputasinya dalam hal keyboard gaming. Model terbarunya, yaitu Shine 5, kini dibekali LED RGB mengikuti tren yang sedang menjamur saat ini.

Ducky Shine 5 memakai switch mekanik Cherry MX Blue yang sangat tactile. Switch ini tak cuma ideal dipakai bermain game, tapi juga terasa sangat nyaman dipakai mengetik. Meski tampangnya paling simpel dibanding keyboard lain yang ada dalam daftar ini, Ducky Shine 5 tidak main-main soal build quality.

Beli: Lazada – Rp 2.170.000.

4. Logitech G310 Atlas Dawn

Logitech G310 Atlas Dawn / Logitech

Kalau Anda mementingkan portabilitas, keyboard besutan Logitech ini punya dimensi yang amat ringkas, ideal untuk dibawa dari turnamen ke turnamen lainnya. Namun tentu saja, ukuran tak bisa dijadikan patokan terkait ketangguhannya.

G310 Atlas Dawn memakai switch mekanik Romer-G buatan Logitech sendiri yang diyakini mampu bertahan hingga 70 juta kali klik, atau sekitar 40 persen lebih lama dibanding keyboard mekanik lain. Sebagai pemanis, masing-masing tuts-nya dihiasi oleh LED berwarna biru.

Beli: Blibli – Rp 1.459.350

5. SteelSeries Apex 350

SteelSeries Apex 350 / SteelSeries

Satu-satunya keyboard non-mekanik di daftar ini, tapi bukan berarti ia payah soal gaming. Ia sangat ideal digunakan untuk bermain MMORPG, mengingat terdapat 22 tombol macro yang tersebar di sisi kiri maupun di atas deretan tombol-tombol F.

Tombol ekstranya tidak berhenti sampai di situ saja, tapi juga berlanjut ke sisi kanan dimana terdapat tombol multimedia terpisah. Saking lengkapnya, keyboard ini bahkan memiliki tombol arah panah serong ke kiri atas dan kanan atas. Sebagai bumbu penyedap, LED RGB menghiasi semua tuts-nya, sedangkan di belakangnya bernaung sepasang port USB.

Beli: Blibli – Rp 1.370.000

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter