17 September 2014

by Bambang Winarso

5 Layanan Blog Gratis Selain Blogger.com

Blogging saat ini bukan hanya sekedar hobi dan mengisi waktu, tetapi sudah bertransformasi ke dalam banyak hal termasuk bisnis, bahkan karir.

Hebatnya, beberapa blogger - istilah orang yang mempunyai blog - bisa memperoleh peluang pemasukan dan pekerjaan hanya dengan bermodalkan blog gratisan. Nah, jika sobat ingin mengikuti jejak mereka, berikut ini 5 layanan blog gratis selain Blogger.com.

Mengapa sih harus selain Blogger.com? Alasannya karena layanan blog gratis kreasi Google tersebut terkesan sudah biasa, layanan ini sudah dikenal oleh miliaran pengguna internet. Itu sebabnya Trenologi ingin membawakan opsi lain yang tak kalah oke.

Wordpress

Opsi pertama yang tak kalah oke apalagi kalau bukan Wordpress. Layanan blog gratisan ini sudah dikenal di seantero jagad. Empunya Wordpress juga pernah lho berkunjung ke Indonesia. Itu berarti Wordpress cukup terkenal di kalangan blogger tanah air.

Layanan WordPress sendiri terdiri dari WordPress.com dan self-hosted. Untuk yang WordPress.com, Anda bisa dengan mudah dan gratis membuat blog Anda. Salah satu kelebihan yang ditawarkan Wordpress adalah optimalisasi SEO atau search engine optimization yang relatif lebih unggul ketimbang layanan lain.

 

 

Info Menarik: 4 Aplikasi Resep Masakan di Android

 

 

Selain itu, Wordpress juga menyediakan banyak sekali theme sesuai dengan konsep blog Anda. Apakah ide utamanya teknologi, bisnis, travelling, resep ataupun kesehatan. Semuanya ada.

Web | Android | iOS | Windows Phone

Tumblr

Layanan blog gratis selain Blogger.com yang kedua adalah Tumblr. Layanan ini dikembangkan oleh Yahoo, makin oke memang dan di kalangan blogger memiliki akun Tumblr adalah sebuah keharusan.

Di Tumblr pengguna dapat menulis artikel, membagikan sindikasi web, gambar dan video dengan sangat mudah. Tampilan responsif Tumblr menjadikan layanan ini sebagai salah satu yang tercepat di mata penulis.

Web | iOS | Android | Windows Phone

Weebly

Layanan Weebly jadi rekomendasi terbaik ketiga dari TRL, penulis sendiri sudah pernah menggunakan layanan blog gratis ini selama beberapa saat. Secara umum Weebly menawarkan beragam fitur yang sangat mendukung aktifitas blog. Tidak hanya sisi tampilan tetapi juga di sisi SEO.

 

 

Info Menarik: Jetovator, Perpaduan Jet Pack Dengan Jet Ski

 

 

Salah satu kelemahan Weebly terletak dari layout admin yang relatif lebih rumit ketimbang layanan blog gratis lainnya. Namun tampaknya bagi jutaan orang pengguna hal ini tak menjadi soal berkat adanya fitur-fitur tambahan Weebly ternyata juga tidak ditemukan di layanan lain.

Web | iOS | Android

Blog

Berikutnya adalah layanan blog gratis bernama Blog. Dari namanya tentu Sobat dapat merasakan sesuatu yang berbeda. Layanan ini hampir sama dengan layanan blog gratis lainnya, menawarkan sub domain gratis dimana pengguna dapat mengkreasikan sebuah blog untuk berbagai keperluan. Apakah untuk pribadi, bisnis atau profil bisnis.

Pengembang Blog juga menawarkan banyak desain tampilan, widget dan integrasi ke berbagai layanan guna mendukung kegiatan blogging seluruh penggunanya.

Web

Livejournal

Konsep Livejournal sedikit berbeda dengan penyedia blog gratis lainnya. Layanan ini dengan cerdas menyatukan konsep blog dengan jejaring sosial.

Pengguna yang mendaftarkan diri akan tergabung dalam keluarga besar Livejournal layaknya jejaring sosial, selain itu pengguna juga akan memperoleh akses sub domain gratis yang menjadi tempat untuk mempublikasikan tulisan berupa teks, gambar dan video.

Web | Android | iOS | Windows Phone | BlackBerry

Livejournal menjadi opsi terakhir di daftar 5 layanan blog gratis selain Blogger.com. Sekarang silahkan Anda putuskan memilih layanan yang mana, semua pilihan di atas sangat direkomendasikan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]