Categories

Otomotif

5 Mobil Mahal yang Wajib Masuk dalam Mimpi Anda

Glenn Kaonang - 20 January 2015

Setiap orang pasti memiliki sebuah impian, entah apapun bentuknya. Salah satu yang paling umum adalah mobil, atau lebih tepatnya, mobil mahal. Mengapa harus mahal? Well, karena semua ini hanyalah mimpi, tapi toh tidak ada salahnya dengan bermimpi.

Dalam memilih mobil impian, masing-masing orang tentu memiliki selera yang berbeda. Mungkin ada yang memilih yang termahal, yang tercepat, yang tercanggih – banyak sekali variabel yang bisa dipertimbangkan. Meski demikian, fakta seringkali berkata bahwa paling mahal belum tentu paling hebat.

Dalam daftar berikut, Anda tidak akan menemukan mobil termahal atau tercepat di dunia. Di sini kami memilih berdasarkan rasa, bukan angka – meskipun angka juga sedikit berperan.

Kelima mobil berikut memiliki nilai istimewanya masing-masing, namun tetap saja, mahal.

Rolls-Royce Phantom Coupé Aviator Collection

Bukan sebuah kejutan apabila nama Rolls-Royce muncul sebagai yang pertama. Pabrikan mobil asal Inggris ini sudah dikenal akan kemewahan (dan kemahalan) mobilnya selama beberapa dekade. Satu hal yang tak bisa terlupakan dari Rolls-Royce adalah gaya kolonialnya yang khas.

Phantom merupakan salah satu lini teratas milik Rolls-Royce. Ada sejumlah varian dalam lini ini, namun satu yang amat mengundang perhatian saya adalah edisi khusus Phantom Coupé Aviator Collection. Bagaimana tidak, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 35 unit.

 

Info menarik: Mobil Super Mewah atau Lounge Berjalan? Atau Malah Keduanya?

 

Mobil ini merupakan simbol penghargaan atas Charles Stewart Rolls, co-founder Rolls-Royce sekaligus pionir teknologi penerbangan yang merupakan salah satu mitra bekerja Wright bersaudara. Cukup tragis nasib Rolls, ia merupakan orang pertama di UK yang meninggal akibat kecelekaan pesawat.

Semua kebaikan Phantom Coupé ada di sini, dengan penambahan baja berlabel aircraft-grade, material kulit asli yang menyelimuti lantai kabin dan aluminium di sekujur kabin bertema kokpit pesawat. Klasik sekaligus modern, mobil ini pantas dihargai di atas $500.000.

Aston Martin Vanquish Carbon Edition

Sama-sama berasal dari dataran Inggris, Aston Martin juga dikenal sebagai salah satu produsen mobil paling mewah di dunia. Namun jika Rolls-Royce mengemas keistimewaannya dalam wujud klasik yang elegan, Aston Martin membungkusnya dalam karakter yang amat sporty.

Perkenalkan Vanquish Carbon Edition. Ya, ini merupakan edisi khusus dari lini Vanquish yang pertama muncul di tahun 2001, yang kemudian dipopulerkan oleh Pierce Brosnan sebagai James Bond dalam film Die Another Day.

Meski identik dengan James Bond, satu varian ini menurut saya lebih cocok dijadikan Batmobile oleh Batman. Kesan gelapnya tidak hanya tampak sangar, tetapi juga fungsional berkat pemakaian bahan serat karbon di sejumlah bagian.

 

Info menarik: McLaren Resmi Menjadi Perusahaan Otomotif + Teknologi

 

Hitam adalah tema kunci dari mobil ini, akan tetapi Aston Martin tidak melupakan calon pembeli yang ‘berhati lebih bersih’, alias lebih doyan warna putih. Satu hal yang pasti, jangan lupa mengabadikan mobil monokrom berharga mahal ini dengan kamera monokrom berharga mahal pula, yakni Leica M Monochrom.

Andai saya ditunjuk sebagai pemeran 007 terbaru, saya akan memilih mobil seharga $300.000 ini tanpa berpikir dua kali.

Lamborghini Veneno Roadster

Lagi-lagi edisi khusus, dan lagi-lagi bertema serat karbon. Well, peserta berikutnya datang dari Itali dengan bekal logo banteng berwarna emas yang siap beradu kecepatan dengan siapapun.

Veneno Roadster merupakan salah satu mahakarya Lamborghini yang amat terbatas – hanya 9 unit diproduksi sejak tahun lalu. Mobil ini dirancang sebagai supercar paling cepat yang banyak memanfaatkan ilmu aerodinamika dan bobot ringan dari material serat karbon.

Secara performa, Veneno Roadster mampu melesat dari 0–100 km/jam hanya dalam 2,9 detik, dan ia sanggup menembus kecepatan maksimum 355 km/jam. Hal ini dimungkinkan berkat perpaduan mesin V–12 6,5-liter berdaya 740 Hp dan bobot keseluruhan mobil 1.490 kg.

 

Info menarik: Bang & Olufsen 3D Advanced Sound System Tersedia Secara Eksklusif untuk Audi Q7

 

Namun saya tidak peduli dengan apa kata Lamborghini, baik itu soal aerodinamika maupun angka-angka indikator performanya. Desain mobil ini adalah hal yang paling membuat saya tertarik. Buntutnya saja amat sangar sampai-sampai saya awalnya mengira bahwa ini merupakan tampak depan sang mobil.

Tertarik? Siapkan $4.5 juta, tapi, Anda terlambat. Kesembilan unitnya telah terjual habis. Namun jika Anda masih ngotot ingin memilikinya, Anda perlu menyiapkan dana €5,7 juta (Rp 83,5 miliar) untuk menggaet satu unit Veneno Roadster bekas di situs perdagangan mobil asal Jerman ini.

BMW i8

Bicara soal Jerman, BMW mungkin merupakan salah satu nama yang paling diingat selain Mercedes-Benz. Meski persaingannya selalu ketat dari tahun ke tahun, BMW tampaknya selangkah lebih maju dalam hal teknologi.

Lewat i8, BMW ingin menunjukkan bahwa mobil hybrid tidak harus lemah, dan sebaliknya, mobil sport tidak harus bermesin gahar. Perpaduan keduanya dapat melahirkan sebuah mobil yang amat dinamis sekaligus efisien.

Dari desainnya saja, tampak bahwa i8 didesain dengan visi yang amat modern. Konstruksinya begitu inovatif dan menyenangkan, dan di saat yang sama, masih menonjolkan ciri khas BMW lewat gril depannya.

 

Info menarik: Elio, Mobil Roda Tiga yang Amat Efisien dan Berharga Terjangkau

 

Luar dalam BMW i8 dijejali dengan beragam teknologi canggih yang tak bisa kami sebutkan semuanya di sini. Kabinnya sendiri bergaya sangat modern sekaligus sporty. Namun yang selalu menjadi topik bahasan utama saat membincangkan BMW i8 adalah efisiensinya.

Berbekal perpaduan mesin 3-silinder 1,5-liter dan motor elektrik, konsumsi bahan bakar BMW i8 hanya berkisar 2,1 liter/100 km, dengan emisi karbondioksida yang amat kecil, tepatnya 49 gram/km.

Sejenak mungkin kita langsung mengira bahwa gerakannya loyo jika melihat efisiensinya, akan tetapi kombinasi pintar ini sanggup menyemburkan daya sebesar 357 Hp, setara sedan-sedan sport lain.

Pun demikian, Anda tidak perlu terlalu banyak pertimbangan. Jika Anda mendambakan mobil yang paling modern saat ini juga, segera siapkan dana sekitar $137.000 di rekening Anda.

Renovo Coupe

Satu-satunya peserta dari luar Eropa, Renovo Coupe – jangan Anda kira ini divisi mobil dari Lenovo – sebenarnya sempat kami bahas di sini.

Tampangnya yang sangat Amerika menjadi alasan mengapa saya tertarik dengannya. Namun wajah berotot ini rupanya tidak didampingi oleh mesin yang berotot pula, melainkan motor elektrik yang murni menggunakan energi listrik saja.

Motor elektrik yang digunakan bukan sembarang motor. Renovo Coupe mampu melejit hingga kecepatan lebih dari 225 km/jam, dan akselerasi dari 0–100 km/jam bisa dicatatkannya dalam waktu 3,4 detik saja. Apa yang ingin Renovo Coupe katakan sejatinya adalah, “Jangan anggap enteng kemampuan motor elektrik!”

 

Info menarik: Chevrolet Bolt EV, Mobil Listrik Pintar nan Terjangkau

 

Dalam memperhatikan perkembangan mobil berjenis muscle seperti ini, seringkali tampak bahwa interiornya terkesan terlalu minimalis sampai-sampai dirasa kurang fungsional. Untuk mengatasi hal ini, Renovo pun mengajak Nvidia bekerjasama guna menyajikan kabin minimalis yang bahkan tidak kalah fungsional dari kabin milik Tesla Model S.

Ah, Tesla, mengapa ia tidak masuk dalam daftar ini? Karena sedan bermotor elektrik sudah terlalu mainstream. Kini saatnya kita berteman dengan supercar bertenaga listrik seharga $500.000, yakni Renovo Coupe.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter