Categories

Misc

5 Plugin Toko Online yang Paling Ngetop untuk WordPress

Yang pengen buka toko online, gak perlu repot beli script mahal

Bambang Winarso - 21 November 2018

Seperti yang sudah pernah kita bahas, bahwa untuk membuat toko online tidak harus menggunakan script atau CMS yang rumit. Jika Anda sudah punya web berbasis WordPress dan ingin memperluas bisnis dengan membuat toko online, Anda tak harus membuat sub domain atau bahkan membeli domain, cukup pasang plugin toko online dan masalah pun selesai.

Tapi, masalah baru datang. Pasalnya, ada beberapa plugin toko online yang tersedia untuk WordPress, dan memilih yang terbaik juga butuh waktu dan pertimbangan ini itu. Untuk menghemat waktu Anda, redaksi Dailysocial punya rekomendasi 5 plugin toko online terbaik yang bisa Anda pakai.

WooCommerce

Plugin toko online untuk WordPress buatan Automattic ini masih memuncaki daftar pertama plugin online shop yang paling direkomendasikan. Tidak hanya  fleksibel karena bisa dipasang di semua tema, plugin ini juga terbilang sangat lengkap dan mudah integrasinya sangat luas. Pemasang aktifnya mencapai 4 juta toko, belum termasuk yang versi modifikasi dan yang mengunduh dari pihak ketiga. Fitur lengkap WooCommerce bisa Anda baca di tautan ini.

WP eCommerce

Plugin berikutnya adalah WP eCommerce yang cukup populer walaupun masih kalah jauh dari WooCommerce. Angka pemasangan aktif plugin toko ini hanya 20.000 tetapi ratingnya tak kalah bagus, rata-rata 4.5. Sama seperti WooCommerce, plugin memudahkan Anda menjual produk fisik dan digital, menawarkan beberapa metode pembayaran dan mencatat semua pesanan dari satu panel.

eCommerce Product Catalog Plugin for WordPress

Plugin buatan ini terbilang lengkap, menawarkan sebuah sistem pemesanan online yang rapi. Pemilik toko dapat menampilkan toko yang profesional lengkap dengan alat-alat pendukungnya seperti sistem pemesanan, pembayaran, integrasi merchant, galeri, dan juga review. Sayang, namanya yang kelewat panjang mungkin akan membuat banyak orang kesulitan untuk mengingatnya.

Shopping Cart & eCommerce Store

Plugin toko yang satu ini punya tiga tipe, gratis, profesional dan premium. Untuk penggunaan standar, versi gratisnya saja sudah cukup untuk Anda yang ingin membuat toko beserta sistemnya. Plugin sudah menghadirkan apa yang dibutuhkan, antara lain penambahan produk baru tanpa batas, baik fisik maupun digital, integrasi pembayaran online, pelacakan pesanan, sistem konfirmasi, dan lain-lain.

Jigoshop eCommerce

Terakhir, ada plugin Jigoshop eCommerce yang terbilang baru di kancah per-pluginan WordPress khususnya di ranah ecommerce. Angka unduhannya baru 400 tetapi prospeknya bagus menyusul ratingnya yang nyaris sempurna.

Jigoshop cocok dipakai untuk produk fisik dan digital, mempunyai sistem desain sendiri, pengelola produk, pemesanan dan persediaan. Ia juga mendukung berbagai sistem pembayaran, pengiriman dan menawarkan kemudahan untuk pembuatan alur keranjang, formulir dan invoice yang lebih profesional.

Sumber gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter