5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu Agar Work From Home Tetap Lancar

Aplikasi manajemen waktu membuat pekerjaan Anda selesai cepat sebelum deadline.

Pandemi Covid-19 di indonesia sudah berjalan menuju dua tahun, dengan keadaan seperti ini tentunya pemerintah membuat berbagai batasan untuk memutus rantai penyebaran virus. Salah satunya dengan pembatasan bekerja, melalui kebijakan WFH. Work From Home secara general dimulai pada 15 Maret 2020, dengan adanya kebijakan ini membuat sebagian orang masih sulit untuk memanajemen waktu. Sedangkan, WFH sudah berjalan satu tahun lebih.

Bagi Anda yang belum terbiasa bekerja di rumah akan sulit untuk mengorganisir jadwal antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah. Belum lagi, Anda harus mengatur jam kerja secara mandiri. Selain itu, tantangan WFH lainnya adalah tergiur untuk bermain games, sosial media, atau beberes rumah.

Sedangkan manajemen waktu sangatlah penting bagi semua orang, terutama pekerja. Manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk merencanakan dan mengalokasikan waktu untuk mengerjakan kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang berantakan juga seringkali membuat pekerjaan menjadi tidak cepat selesai atau berujung tidak selesai sesuai target.

 

Aplikasi manajemen waktu membuat pekerjaan selesai sebelum deadline

Walaupun, pekerjaan Anda menumpuk dan menjadi sibuk, bukan berarti kita tidak bisa mengatur agenda yang tepat. Saat ini sebenarnya juga manusia dimudahkan dengan banyak teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan. Lalu, bagaimana cara melakukan manajemen waktu yang baik? 

Anda bisa memanfaatkan teknologi dari aplikasi task manager, bahkan aplikasi-aplikasi tersebut beberapa sudah bisa diunduh di smartphone. Sehingga, dengan hadirnya tools ini juga bisa menjadi tips agar manajemen waktu Anda lebih efisien, mudah diatur, dan efektif.

1. Trello

Trello sudah tidak asing lagi di kala WFH, bahkan tidak hanya pekerja kantoran saja yang menggunakannya, mahasiswa juga bisa menggunakannya. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara tim, dengan fitur kolaborasi Anda akan bisa memantau task yang dikerjakan secara realtime.

Fitur utama Trello dinamakan Boards, seperti papan tulis yang nantinya akan ditempeli semacam sticky notes terkait apa saja yang akan Anda kerjakan, tenggat waktu, dan juga Anda bisa menambahkan dokumen terkait project Anda. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan fitur Cards, yang memberikan fungsi untuk menambah panduan terkait pengerjaan tugas. Cards juga bisa digunakan sebagai alarm tugas.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trello

 

2. Toggl

Toggl adalah salah satu aplikasi dengan desain yang sederhana. Tools ini akan menganalisis berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengerjakan tugas. Toggldapat digunakan secara individu, tim dengan jumlah anggota kecil, bahkan bisa digunakan untuk big team

Dengan adanya  fitur Toggl Track, akan memudahkan Anda untuk mencatat setiap proses pengerjaan tugas. Selain pengingat untuk mengerjakan tugas, Toggl juga akan memberikan reminder untuk berhenti sejenak dari pengerjaan tugas agar Anda bisa beristirahat.

Bagi Anda yang memilih menggunakan fitur team, Anda bisa memantau siapa saja yang memiliki tugas berlebih dan juga memilih anggota untuk membantu tugas tersebut.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.toggl.giskard

 

3. Todoist

Tools to do list selanjutnya adalah Todoist, sama seperti aplikasilainnya, Todoist berguna untuk mengingatkan Anda untuk mengerjakan tugas, yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi serupa lainnya adalah Anda bisa menambahkan section atau subtask pada project utamaAnda. 

Selain itu, Anda bisa menambahkan label pada setiap tugas yang di-list. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan fitur yang terbatas. Namun, Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada di Todoist, jika Anda memilih berlangganan pro plan.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.todoist

 

4. Remember the Milk

Remember the Milk adalah salah satu tools task manager yang bisa disinkronisasikan dengan Microsoft Outlook. Selain sebagai tools task manager yaitu menyediakan fitur untuk mengatur jadwal mengerjakan tugas, memberikan tags, dateline, dan prioritas, Remember the Milk juga bisa mengingatkan Anda terkait komitmen yang biasanya terlupakan, seperti memberikan reminder untuk menelpon orang lain. 

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rememberthemilk.MobileRTM&hl=en&gl=US

 

5. Rescue Time

Aplikasi yang terakhir adalah Rescue Time. Tools ini akan membantu Anda untuk memantau aktivitas dunia maya yang Anda gunakan. Sehingga, setiap hari atau minggunya Rescue Time akan mengirimkan laporan terkait hal apa saja yang sebenarnya membuang waktu-waktu Anda dan membuat pekerjaan Anda terlupakan.

https://www.rescuetime.com/download_windows

 

Aplikasi-aplikasirekomendasi di atas juga bisa digunakan secara tim atau individu. Dengan adanya tools ini Anda bisa lebih produktif, karena bisa mengatur waktu dengan tepat. Sehingga, WFH bisa berjalan dengan lancar. Anda juga bisa memilih aplikasi manajemen waktu sesuai dengan kebutuhan dan juga selera.


Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Tasya Kania A. C.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again