Categories

Internet

5 Situs Belajar Online yang Bisa Bikin Anda Makin Pintar Tanpa Biaya Mahal

Bambang Winarso - 30 March 2015

Pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Tapi di zaman yang serba canggih sekarang ini, untuk melakukan itu tidak harus pergi jauh dan menghabiskan biaya mahal. Sebab, anda dapat belajar secara mandiri melalui situs-situs belajar online yang bertebaran di dunia maya.

Berikut ini adalah 5 situs belajar online yang menawarkan tempat belajar suatu keahlian yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan bakat dan kemampuan.

Squline

tempat kursus online_squiline

Situs belajar online yang pertama bernama Squline, yang pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan online dimana Anda dapat menjajal cara baru dalam belajar bahasa asing. Melalui layanan yang ditawarkan, Anda dapat belajar bahasa Inggris tanpa batasan tempat, bisa diikuti dari rumah, kantor, atau bahkan di sebuah taman selama tersedia koneksi internet.

Info Menarik:Aplikasi Inklet Dapat Mengubah Trackpad MacBook Menjadi Papan Gambar Digital

Brainly

belajar online_brainly

Merantau jauh dari Polandia, Brainly menjadi salah satu tempat dimana para siswa dari sekolah dasar hingga menengah atas dapat menimba lebih banyak ilmu melalui berbagai modul pelajaran dan tugas-tugas berupa soal. Melalui platform ini siswa juga dapat membantu memberikan jawaban.

Begitu siswa menjadi member, maka akan memperoleh akses ke 19 mata pelajaran yang sebagian besar sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia, seperti misalnya ada Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ilmu Sosial, dan PPKn.

Quora

belajar online_quore

Bergulir tak jauh dari konsep Brainly, ada situs belajar online lain bernama Quora yang menyasar pengguna yang lebih luas, mulai remaja hingga usia lanjut. Tidak ada batasan pendidikan atau pekerjaan. Sehingga tak heran bila topik yang ditanyakan terkesan tanpa batas dan tidak terfokus. Anda bisa bertanya tentang hukum, sosial, komputer, situs, jaringan, printer, ponsel, tempat wisata dan lain-lain. Atau memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna lainnya.

Udemy

belajar online_udemy

Di Udemy Anda dapat belajar tentang banyak hal secara lebih mendalam. Sebab disediakan kelas-kelas khusus tergantung minat Anda. Di kelas tersebut akan ada instruktur yang siap memberikan panduan sampai mahir. Anda juga diberikan akses interaktif dan juga dokumen pendukung untuk belajar di rumah.

Udemy cocok untuk Anda yang ingin serius mendalami bidang yang Anda minati. Beberapa topik yang diajarkan, antara lain desain grafis, desain web, java, Microsoft Office, fotografi, Phyton Programming, kesehatan, marketing, keuangan, dan lain-lain.

Info Menarik:Bisa Terbang Selama Berbulan-Bulan, Drone Facebook Sukses Mengudara

Ilmu Grafis

kursus online_ilmugrafis

Jika ke empat situs di atas merupakan layanan pendatang, Ilmu Grafis ini adalah salah satu situs belajar online yang asli dibuat oleh anak negeri. Melalui situs resminya ilmugrafis.com, founder membagikan ilmu desain grafis secara cuma-cuma kepada para pengunjung.

Ada banyak tutorial yang disajikan secara gratis dan gamblang lengkap dengan gambar. Mencakup tutorial animasi menggunakan Flash atau Swishmax. Kemudian desain 3D menggunakan 3dsMax, AutoCAD, Cinema 4D, atau edit video dengan After Effect maupun Pinnacle.

Ilmu Grafis menghantarkan kita di penghujung artikel. Semoga dari di antara lima situs belajar online tersebut, Anda dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas diri.

Sumber gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter