Categories

Otomotif

5 Tahun Lagi, Anda Bisa Kendarai Harley-Davidson Elektrik

Pastinya sedikit berbeda dari Harley yang kita kenal, mengingat tidak ada knalpot besar dengan suara menggelegar

Glenn Kaonang - 16 June 2016

Dari sekian banyak pabrikan otomotif, Harley-Davidson bisa dikatakan sebagai yang paling anti dengan perkembangan teknologi elektrik. Bukan karena perusahaannya tidak mau, tetapi karena image yang sudah terpatri di benak kita semua bahwa motor buatan Harley selalu mengusung mesin garang ber-cc besar dengan suara knalpot yang menggelegar.

Namun pada kenyataannya, Harley sempat bereksperimen dengan teknologi elektrik dan memperkenalkan prototipe motor elektrik perdananya di tahun 2014 seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Dijuluki LiveWire, prototipe tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Harley tidak segan keluar dari zona nyamannya yang dipupuk selama lebih dari satu abad.

Meski performanya cukup mengesankan – 74 horsepower dengan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu sekitar 4 detik – LiveWire tidak pernah memasuki tahap produksi massal. Harley hanya mengajak sejumlah media untuk mengujinya dan meminta tanggapan mereka mengenai motor elektrik dari sebuah pabrikan sekelas Harley-Davidson – plus motor ini sempat muncul sebagai cameo di film Avengers: Age of Ultron, dikendarai oleh Captain America dan Black Widow.

Jangan bayangkan ada knalpot besar pada motor elektrik Harley-Davidson nantinya / Harley-Davidson

Mungkin salah satu alasan mengapa Harley merasa belum siap adalah jarak tempuh LiveWire. Unit baterai yang terpasang pada prototipe tersebut hanya sanggup membawanya sejauh 80 kilometer saja sebelum perlu di-charge lagi selama kurang lebih 3,5 jam. Hal ini tentu bertolak belakang dengan kebiasaan touring pengguna Harley, dimana menyisihkan waktu 3,5 jam setiap 80 km tentunya bukan pengalaman touring yang menyenangkan.

Dua tahun berselang sejak LiveWire, Harley sepertinya semakin optimis dengan perkembangan teknologi elektrik. Salah satu petingginya, Sean Cummings, mengungkapkan kepada Milwaukee Business Journal bahwa Harley-Davidson siap memproduksi motor elektrik paling lambat mulai tahun 2021.

Sejauh ini belum ada informasi seperti apa wujud Harley-Davidson elektrik versi komersial nantinya, namun setidaknya prototipe LiveWire bisa memberikan sedikit gambaran. Lima tahun memang bisa terkesan lama, tapi bukan berarti Harley terlambat, malahan permintaan atas mobil atau motor elektrik kemungkinan besar akan terus meningkat di tahun 2021.

Sumber: The Drive.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter