5 Teknik SEO Ampuh Yang Sering Dilupakan

5 Teknik SEO Ampuh Yang Sering Dilupakan

seo 1
seo 1

Saya pernah katakan bahwa SEO bukanlah matematika, tidak hitung-hitungan pasti di dalamnya. Tapi SEO bisa kita pelajari, tak peduli seberapa cepat perubahan aturan logaritma Google, SEO tetap berlaku.

Setiap kali Google mengubah aturan main, teknik SEO pun ikut berkembang. Ada banyak teknik SEO ampuh yang bisa dipraktekkan, tapi 5 teknik ini lebih sering dilupakan.

  • Title dan deskripsi tanpa keyword

Bicara konten maka kita tidak bisa lepas dari title dan dekripsi, jika Anda pengguna CMS WordPress self hosted pastinya pernah mendengar plugin Yoast atau All in One SEO Pack. Tapi, meski menggunakan plugin tersebut banyak dari Blogger yang tidak mengoptimalkan fitur SEO Title dan Description.

Padahal di dua form tersebut Anda dapat mengoptimasi kata kunci yang jadi fokus konten Anda. Title dan deskipsi adalah label yang akan dibaca oleh Google, jika tidak diisi maka Google akan membaca paragraf awal konten Anda yang biasanya tidak teroptimasi dengan benar.

  • ALT title gambar kosong

Alt title pada gambar sering sekali dilupakan oleh para Blogger, padahal komponen ini akan menjadi rujukan bagi Google untuk menampilkan gambar Anda di Google Image Search.

 

Info Menarik: Cara Menambah Admin di Grup Facebook

 

  • Permalink

Beberapa orang berpendapat bahwa permalink bisa diisi sembarang bahkan dengan teks yang yang tidak berhubungan dengan konten. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, boleh-boleh saja. Tapi jika bicara SEO maka mengoptimasi permalink tak kalah penting dengan membuat konten yang baik.

Permalink seharusnya berupa teks, kalau bisa berupa kata kunci atau kombinasinya. Bukan angka, kode atau hanya tanggal.

  • Eksternal link

Eksternal link atau tautan ke situs lain tak kalah penting, terutama ke situs-situs rujukan yang sudah mempunyai reputasi yang baik misalnya Wikipedia. Dengan memberikan rujukan eksternal link yang baik, maka secara tidak langsung blog Anda dipandang berkontribusi terhadap penyebaran informasi yang valid.

  • Internal link

Yang tak kalah penting tapi sering dianggap remeh adalah internal link atau tautan konten situs sendiri. Sejak update Google Panda, internal link menjadi vital. Namun begitu, internal link yang baik haruslah benar-benar mewakili anchor text yang dipilih. Jangan memberikan rujukan internal link di anchor text yang tak berhubungan sama sekali.

Teknik-teknik SEO di atas sekilas memang terkesan sederhana, tapi dampaknya terhadap rangking SEO Anda sangatlah besar. Silahkan dipelajari, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber gambar header SEO via Shutterstock.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…