1. Startup

5 Teknologi Mobil yang Makin Trendy di tahun 2018

Mulai dari pendeteksi sopir ngantuk, sampai mobil yang bisa berbicara dengan mobil lainnya

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan dengan pengguna terbanyak di dunia. Berbagai evolusi teknologi terbaru juga senantiasa diterapkan oleh produsen mobil untuk meningkatkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pengguna dalam berkendara. Inilah lima teknologi mobil yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2018.

 

1. Asisten Suara

Teknologi voice assistant alias asisten suara telah cukup lama diperkenalkan. Jika dilihat dari sejarahnya, pengembangan awal teknologi ini telah dimulai sejak tahun 1961, yaitu dengan diperkenalkannya IBM Shoebox sebagai digital speech recognition tool (alat pengenalan ucapan digital) yang pertama di dunia.

Perkembangan yang cukup signifikan dimulai dengan hadirnya Siri pada iOS dari Apple di tahun 2011. Saat ini, Siri menjadi salah satu fitur utama dalam produk iPhone. Teknologi ini pun semakin menjamur, diikuti oleh berbagai pengembang sistem operasi dan produsen teknologi lainnya, seperti Google Now, Microsoft Cortana, serta Amazon Alexa.

Produsen mobil pun tak ketinggalan menerapkan teknologi ini. Ford dan BMW telah menjalin kerjasama dengan Amazon untuk mengintegrasikan Alexa pada mobilnya. Hyundai rencananya bekerja sama dengan SoundHood untuk mengembangkan asisten suara miliknya sendiri. Mercedes Benz sedang mengembangkan MBUX miliknya yang diperkenalkan pada ajang CES (Consumer Electronics Show) di awal 2018 lalu. Toyota juga telah memperkenalkan produk konsep Yui dengan asisten pribadi yang canggih.

 

2. Mobil Ramah Lingkungan

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup telah menjadi perhatian banyak orang. Salah satunya adalah dengan menggunakan mobil yang ramah lingkungan, seperti mobil hybrid dan mobil listrik. Saat ini, hampir semua produsen mobil terkenal telah memiliki varian mobil hybrid atau mobil elektrik dalam jajaran produknya. Selain itu, mobil bebas polusi dengan bahan bakar hidrogen juga turut menjadi tren saat ini.

Pengembangan teknologi dalam mobil elektrik yang semakin canggih membuatnya diprediksi akan mampu menggantikan mobil berbahan bakar minyak. Salah satu produsen mobil elektrik milik Elon Musk, Tesla juga berhasil menciptakan mobil sport bertenaga listrik. Dengan tenaga, kecepatan, spesifikasi, dan bentuk yang serupa dengan mobil sport pada umumnya, mobil sport milik Tesla diklaim memiliki bobot lebih ringan dan harga lebih murah. Salah satu varian Tesla, yaitu Roadster 2 bahkan mampu meraih titel mobil tercepat di dunia dengan mengalahkan Bugatti Chiron.

 

3. Teknologi DDREM sebagai Pendeteksi Sopir Mengantuk

Teknologi bernama Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM) dikembangkan oleh Hyundai Mobis, salah satu anak perusahaan Hyundai Motor Company yang memproduksi komponen dan mengembangkan sistem untuk produk mobil Hyundai.

Teknologi ini memungkinkan mobil untuk menepi secara otomatis jika si pengemudi terindikasi mengantuk atau tertidur. Sistem DDREM terdiri dari beberapa langkah. Pertama, kamera inframerah memindai pergerakan wajah dan mata untuk menentukan apakah pengemudi terus menatap ke depan, mengubah pola berkedip atau menunjukkan tanda-tanda kantuk lainnya.

Kedua, teknologi ini juga mendeteksi pergerakan mobil. Contohnya jika pengemudi bergerak masuk dan keluar dari jalur, melintasi jalur secara zig-zag, atau membuat gerakan mengemudi yang tidak konsisten seperti halnya seseorang yang mengantuk.

Ketiga, jika sistem DDREM telah memastikan bahwa si pengemudi benar-benar mengantuk atau tertidur, maka sistem ini akan bekerja dan langsung terintegrasi dengan sistem serta perangkat lainnya, termasuk GPS, radar, kamera, hingga sistem pengereman dan power steering elektronik. Tujuannya adalah mengambil alih kemudi secara otomatis untuk dapat mencari tempat yang aman dan berhenti.

 

4. Teknologi Vehicle-to-Vehicle Memungkinkan Mobil Saling Berbicara

Berbicara di sini maksudnya bukanlah mobil bisa mengobrol atau berbincang dengan mobil lainnya. Namun “pembicaraan” yang terjadi adalah pertukaran informasi antara kendaran satu dengan lainnya mengenai kondisi jalanan, cuaca, kemacetan, atau bahkan kecelakaan.

Komunikasi antar mobil menggunakan koneksi Wi-Fi dan terintegrasi dengan sistem yang ada di dalam mobil. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi jalanan yang akan dilewati, serta menghindari kecelakaan.

 

5. Teknologi Self-Parking untuk Parkir yang Lebih Mudah

Teknologi parkir otomatis juga bukanlah merupakan hal baru. Namun diprediksi akan semakin berkembang dan banyak digunakan oleh berbagai produsen mobil di tahun 2018 ini. Teknologi ini dimaksudkan untuk memudahkan para pengemudi untuk memarkirkan mobilnya, terutama apabila lahannya sempit dan sulit, atau jika si pengemudi merupakan pemula dan baru belajar mengendarai mobil.

Terdapat beberapa jenis teknologi self-parking, bergantung pada tipe dan merk mobilnya. Ada yang sifatnya memandu pengemudi untuk memarkirkan mobil dengan cara yang tepat, ada pula yang secara penuh mengambil alih kemudi dan memarkirkan mobil secara otomatis tanpa harus dikemudikan.

Memiliki mobil dengan teknologi canggih tentu menjadi keinginan banyak orang. Namun, jika budget yang dimiliki terbatas, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas. Namun, pilihlah mobil dengan tahun rilis yang belum terlalu lama, sehingga teknologinya pun tidak ketinggalan. Membeli secara kredit dapat menjadi pilihan yang tepat, karena harga yang murah dan dapat dicicil dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu platform jual-beli mobil bekas online, momobil.id menawarkan kredit mobil bekas yang mudah, aman, dan nyaman. Ya, momobil.id adalah e-commerce mobil bekas terbaik dan terpercaya di Indonesia. Beli mobil bekas di momobil.id, pasti terjamin kualitasnya, karena mobil yang dijual sudah tersertifikasi oleh Mister Auto (Quality Checker momobil.id), jadi kualitasnya pasti terjamin. momobil.id juga didukung oleh perusahaan pembiayaan terpercaya, Adira Finance dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Proses transaksinya pun sangat mudah, karena seluruh prosesnya akan dibantu oleh Mona, Personal Assistant (PA) momobil.id, dari mulai pencarian unit hingga serah terima kunci, tentunya untuk memberikan Pilihan Terbaik bagi konsumen. Ayo, beli mobil di momobil.id! Punya mobil idaman, pastinya #BanggaPunyaSendiri.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh momobil.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again