Categories

Gadget

5 Teknologi Mutakhir yang MSI Benamkan di Notebook-Notebook Gaming Baru Mereka

Upgrade diterapkan pada sistem pendingin, keyboard, monitor sampai speaker.

Yoga Wisesa - 5 June 2017

Sebagai standar hiburan next-gen, tema virtual reality kembali diangkat MSI di Computex tahun ini. Tentu saja sang produsen juga setia memegang komitmen dalam memberikan terobosan. Di sana, pengunjung diisuguhkan beragam lineup PC baru dalam berbagai wujud, lalu MSI juga menyingkap bermacam-macam upgrade yang mereka bubuhkan pada keluarga notebook gaming.

Tiga laptop anyar menjadi kebanggaan MSI di Computex 2017, dipadu bersama dua edisi spesial: GE62 Camo Squad yang sebelumnya sudah hadir di Indonesia dan GP62M World of Tanks Edition. Dan dalam presentasinya, MSI menjabarkan lima update yang mereka implementasikan pada model-model baru, dimulai dari GT75VR Titan beserta 'kakak-adik' GE73VR dan GE63VR Raider.

Upgrade tersebut diarahkan pada sistem pendingin, layar, keyboard, serta pada output suara. Detailnya bisa Anda simak lengkap di bawah.

 

Cooler Boost 5

Cooler Boost 5 merupakan generasi baru solusi pendingin yang MSI manfaatkan di laptop gaming best-selling mereka, dikhususkan bagi notebook-notebook bersenjata kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070. Produsen mengusung modul thermal ganda, ditunjang sepasang kipas Whirldwind dengan lebar 29-milimeter, dipadu bersama tujuh pipa pendingin untuk menghasilkan empat aliran udara berbeda. Menurut MSI, sistem baru tersebut lebih efektif dan efisien dalam membuang panas yang dihasilkan komponen internal.

Whirlwind Blade sendiri ialah kipas berdesain unik, memiliki 31 bilah, dengan tebal tak lebih dari 0,4-milimeter. Kipas dipakai untuk mendinginkan GPU dan CPU secara terpisah, namun mampu beroperasi secara kooperatif. Di kecepatan putar (RPM) yang sama, kipas Whirlwind Blade mampu mengusir panas ke heat sink 20 sampai 30 persen lebih efektif dibanding fan tipe standar.

Untuk notebook tipe high-end sendiri, MSI masih mengandalkan Cooler Boost Titan (terutama di model-model ber-codename 'Titan' seperti GT83VR dan GT75VR) dan Cooler Boost Trinity di varian bertubuh tipis (GS63VR dan GS73VR contohnya). Buat lebih lengkapnya, pembahasan menganai Cooler Boost Trinity dan Titan bisa Anda simak di sini.

 

Monitor dengan refresh rate 120Hz dan waktu respons 3-milidetik

MSI paham bahwa tingginya spesifikasi tidak akan banyak berguna jika tidak ditunjang monitor yang memadai. Mereka sudah lama menaruh perhatian pada kualitas monitor, tepatnya sejak seri Prestige pertama kali diperkenalkan. Dan kali ini, MSI membubuhkan teknologi panel dengan refresh rate 120Hz dan waktu respons 3-milidetik ke seri GE - pertama kali muncul di gaming notebook.

Berkat teknologi respons 3ms, display bisa meminimalisir efek berbayang pada objek yang bergerak dikecepatan tinggi, sangat berguna di permainan-permainan shooter dan balapan. Lalu dengan refresh rate 120-Hertz, monitor laptop sanggup menghidangkan 120 gambar dalam sedetik, jadi performa tinggi GPU tidak sia-sia. Selain itu, MSI juga telah mengkalibrasi panel agar menyuguhkan color gamut semaksimal mungkin, yakni di 94 persen NTSC, memastikan warna di layar semirip objek aslinya.

 

Keyboard gaming RGB Per Key

Sejak dua tahun silam, pencahayaan RBG terus menjadi tren populer di kalangan produsen hardware. Dan setelah diterapkan di GT83VR, kali ini Micro-Star International menghadirkan RGB Per Key di kelas GE lewat GE63VR dan GE73VR. Sesuai namanya, masing-masing tombol di notebook dibekali lampu LED mandiri. Pencahayaannya tidak lagi dibagi per zona, sehingga variasi polanya lebih banyak dan aspek kustomisasinya lebih luas.

Hebatnya lagi, warna LED di keyboard bisa diselaraskan dengan game. Papan ketik itu dapat dijadikan 'notifikasi' real-time terhadap status di dalam permainan; misalnya untuk menampilkan tingkat health, amunisi, cooldown, atau saat karakter Anda tertembak, keyboard akan menyala.

Khusus di tipe GE63VR/GE73VR, keyboard tersebut mengusung desain chiclet ergonomis, dengan key travel sejauh 1,9-milimeter. Zona WASD-nya dioptimalkan sehingga mendukung penuh kegiatan gaming, lalu sistem input kendali ini turut ditopang fitur anti-ghosting hingga 45 tombol.

 

SteelSeries Rapid Mechanical Keyboard

Seperti yang diungkap sebelumnya oleh product marketing manager Alex C.Y. Lin, keyboard mekanik low-profile di GT75VR Titan merupakan jawaban atas kurang memuaskannya papan ketik tipe sejenis di notebook kompetitor.

Digarap oleh SteelSeries, switch di Rapid Mechanical Keyboard menyuguhkan key travel sejauh 3-milimeter dengan actuation 1,5-milimeter. MSI menjanjikan responsivitas yang lebih baik dari keyboard mekanik low-profile lain, sekitar 25 persen lebih cepat. Berdasarkan sesi hands-on singkat, switch tersebut menyajikan sensasi clicky, terasa empuk serta kokoh di jari, dengan kualitas di atas keyboard ROG GX800. Tentu saja ia turut ditunjang pencahayaan RGB Per Key.

 

Speaker raksasa

Speaker adalah aspek yang sangat dibanggakan MSI di notebook gaming mereka. Namun meski dilengkapi hardware dan software canggih, output di beberapa model - khususnya laptop bertubuh tipis - masih kurang maksimal. Buat model terbarunya, MSI memutuskan untuk membenamkan dua speaker raksasa ditambah dua subwoofer racikan Dynaudio. Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, di konferensi pers Computex 2017, output audio di GE bisa terdengar hingga ke pojok ruangan.

Laptop gaming MSI juga siap menyuguhkan suara beresolusi tinggi berkat ketersediaan DAC HiFi ESS Sabre - GT83VR bahkan menunjang rate hingga 32bit/385KHz. Di sisi software, produsen kembali menggunakan Nahimic 2+ dan Nahimic VR.

-

Kelima fitur baru di atas dapat Anda temukan di laptop gaming MSI GT75VR Titan, GE73VR Raider, dan GE63VR Raider.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter