Facebook Lite adalah versi ringan dari aplikasi utama Facebook. Sebagian besar fitur yang ada di Facebook ada di sini, bahkan dengan Facebook Lite pengguna masih bisa menggunakan layanan Messenger tanpa harus mengunduh aplikasinya secara terpisah. Tidak seperti aplikasi utama Facebook yang tidak lagi menyediakan fitur tersebut.

Jika Anda baru pertama kali beralih ke Facebook Lite, memang ada sejumlah perbedaan di dalamnya. Tips-tips berikut ini akan membantu Anda mengenali lebih dalam jeroan Facebook Lite.

Mematikan Status Chat

Secara default, fitur Chat yang tersedia di Facebook Lite dalam kondisi hidup. Jadi, jika And bermaksud mematikan status ini, cukup tap menu settings – chat, kemudian ubah dari posisi On ke Off.

Screenshot_2017-03-09-16-32-07

Menemukan Momen di Hari Tertentu

Fitur on This Day juga bisa dijumpai di Facebook Lite. Fitur ini berguna jika Anda ingin menemukan momen penting di masa lampau yang terjadi di hari itu. Misalnya momen pertemanan. Klik tombol menu – On This Day, kemudian temukan momen penting yang ingin Anda kenang.

Screenshot_2017-03-09-16-33-52

Mematikan Autoplay Video

Seperti aplikasi utama Facebook, di versi ringan ini video juga diputar secara otomatis. Akibatnya penggunaan data akan berpotensi membengkak. Untuk mematikannya, Anda harus mengatur ulang secara manual. Tap menu Setting – Account Settings, lalu aktifkan opsi Autoplay Videos on WiFi.

Screenshot_2017-03-09-16-34-54

Membatasi Penggunaan Data

Sesuai dengan konsep dasarnya, Facebook Lite dilengkapi dengan alat khusus yang dimaksudkan untuk menghemat penggunaan data. Buka menu Settings – Account Settings – General – Data Usage.

Screenshot_2017-03-09-16-35-43

Silahkan pilih satu dari tiga pilihan, Less, normal atau more. Untuk pengaturan paling hemat, pilih Less. Tapi jika Anda ingin menikmati gambar yang lebih baik, pilih More dengan konsekuensi penggunaan data akan jauh lebih besar.

Melindungi Privasi

Privasi tak kalah penting di Facebook Lite. Untuk menjaga privasi akun Anda, sebaiknya aturlah agar timeline Anda hanya dapat diakses dan diramaikan oleh teman-teman yang dikenal. Untuk itu, lakukan pengaturan sedemikan rupa melalui tool yang sudah disediakan.

Screenshot_2017-03-09-16-35-59

Tap tombol menu Settings – Account Settings – Privacy. Lalu ubah siapa saja yang dapat membaca timeline, siapa yang bisa meninggalkan komentar dan menandai Anda. Dengan pengaturan ini, akun akan jauh lebih aman karena Anda hanya akan berinteraksi dengan orang-orang yang memang Anda kenal.

Sumber gambar header Neurogadget.