Dark
Light

5 Tips Marketing Ampuh Via Facebook Pages

1 min read
July 23, 2013

Per Januari 2013, pengguna Facebook yang aktif di Indonesia tak kurang dari 50 juta orang setiap bulannya dari total 61 juta pengguna internet, itu berarti 80% dari total pengguna internet di Indonesia mempunyai akun Facebook. Bisa sobat TRL bayangkan betapa besar potensi yang dimiliki bila menggunakan Facebook sebagai media pemasaran.

Facebook Fan Pages adalah salah satu media promosi yang memiliki potensi besar, seperti yang kita bicarakan di paragraf pembuka, Facebook menyimpan potensi yang luar biasa jika bisa memanfaatkan fakta tersebut. Tak heran jika sebagian besar toko online di Indonesia mengembangkan fans mereka. Nah,  bagi sobat yang sudah mempunyai toko online dan fan page ataupun yang belum tapi punya rencana berbisnis online, 5 tips marketing via Facebook Fan Page ini barangkali bisa meningkatkan omset Anda.

Kenali Target Konsumen Anda

Mengenali target konsumen sudah menjadi keharusan bagi seorang penjual bagi online maupun offline. Menyasar konsumen perempuan berusia 24-30 tahun tapi menjual produk alat pancing tentu strategi yang kurang tepat. Jadi, kenali target konsumen Anda dengan menyiapkan beberapa poin pertanyaan terkait produk dan konsumen. Misalnya:

  • Produk apa yang Anda jual, sepatu, sandal, fashion, herbal atau elektronik?
  • Siapa yang membeli produk tersebut?
  • Produk Anda lebih cocok untuk pria atau perempuan?
  • Usia berapa yang bisa menggunakan produk Anda?
  • Berapa harga produk Anda?
Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan memberikan informasi spesifik siapa, berapa usia, berapa pendapatan dan di mana konsumen berada. Dari sana kemudian kita bisa dapatkan target konsumen yang paling tepat.

Konsistensi Post

Konsistensi adalah elemen penting yang perlu sobat terus pertahankan, apapun bisnisnya jika dijalankan tanpa konsistensi hasilnya tidak akan maksimal. Mem-posting berita, gambar atau artikel secara teratur setiap hari atau dua hari sekali meskipun sedikit akan lebih baik daripada posting 10 item hari ini tapi 5 hari berturut-turut tidak ada post sama sekali.

Berikan Respon Pada Setiap Pertanyaan Fans

Apabila fans, follower atau pelanggan Anda mem-posting komentar sebaiknya segera berikan respon positif agar terjalin hubungan antara Anda dan pelanggan. Berikan informasi yang jelas dan akurat sehingga mereka merasa terbantu.

Gunakan Iklan Facebook

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh iklan Facebook adalah konsumen tertarget. Facebook memberikan keleluasaan kepada Anda untuk menentukan target pengguna mulai usia, gender, lokasi, hubungan, kegemaran dan lain-lain.

Gambar Lebih Efektif dan Menggugah

Percaya atau tidak, gambar mampu mewakili seribu kata-kata. Mempublikasikan gambar lucu atau gambar yang menarik – lebih baik jika berkaitan dengan produk – memiliki tingkat efektifitas yang lebih tinggi ketimbang posting teks. Anda dapat menyisipkan link di kolom komentar yang menuju ke situs Anda atau halaman produk.

Itu tadi 5 tips marketing via Facebook Page, sederhana tetapi mudah-mudahan berguna untuk sobat TRL.

Sumber gambar header Ericschwartzman via Flickr.

Previous Story

Siap-Siap, Sony Xperia Z Ultra Hadir di Indonesia Besok 24 Juli

Next Story

Tokobagus dan Telkomsel Berikan Akses Bebas Kuota Data Selama Bulan Ramadhan

Latest from Blog

Don't Miss

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

5 Tips Kerja Mindful dengan Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Diluncurkan pada pertengahan Maret lalu, tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte
Tips-Mengelola-File-yang-Berantakan-Dengan-Metode-PARA

Tips Mengelola File yang Berantakan Dengan Metode PARA

Bagi sebagian orang, mengelola file digital adalah tugas yang merepotkan,