Categories

Gadget

5 Tips Memaksimalkan Kamera Milik OPPO Reno4 F

Meski dihargai cuma empat jutaan rupiah, Reno4 F terbukti punya kemampuan fotografi dan videografi yang mumpuni

Glenn Kaonang - 19 October 2020

Hanya dalam rentang waktu sekitar tiga bulan, keluarga OPPO Reno4 kini telah berisikan tiga smartphone yang berbeda. Yang terbaru, OPPO Reno4 F hadir belum lama ini dengan banderol yang paling terjangkau di angka Rp4.299.000 saja.

Namun harga rupanya tidak menjadi penghalang Reno4 F untuk tetap berpegang pada tema “creative and innovation” yang sudah menjadi DNA seri Reno sejak generasi pertamanya. Seperti kakak-kakaknya yang sudah hadir lebih dulu, Reno4 F turut mengemas kemampuan fotografi dan videografi yang sangat mumpuni.

Dari segi hardware, Reno4 F datang membawa kamera utama 48 megapixel f/1.8 dengan sensor sebesar 1/2 inci, kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.2, dan sepasang kamera monokrom 2 megapixel, sedangkan di bagian depan, ada kamera selfie 16 megapixel dan depth sensor 2 megapixel.

Lalu dari segi software, Reno4 F juga dilengkapi sederet fitur fotografi berbasis AI seperti Reno4 maupun Reno4 Pro, beberapa di antaranya bahkan baru tersedia di Reno4 F. Namun yang mungkin jadi pertanyaan para konsumen adalah, bagaimana semua itu bisa membantu menghasilkan foto dan video yang apik? Berikut lima tips yang bisa Anda coba terapkan.

Jangan segan mengaktifkan fitur AI Super Clear Portrait

AI Super Clear Portrait

Dari namanya sudah kelihatan jelas bahwa fitur ini diciptakan untuk menghasilkan foto portrait yang jernih, jadi jangan segan mengaktifkannya saat memang sedang memotret wajah seseorang dari jarak yang cukup dekat.

Secara teknis, AI Super Clear Portrait memanfaatkan teknik rekonstruksi wajah sekaligus deep learning untuk membuat detail-detail pada wajah, macam alis atau bulu mata misalnya, jadi lebih jelas lagi daripada biasanya. Seperti yang kita tahu, foto portrait yang baik adalah yang bagian matanya terlihat detail, jadi jangan lupa untuk memanfaatkan fitur ini.

Jangan ragu mengambil selfie di malam hari

AI Super Night Portrait

Sering kali minimnya penerangan saat malam sudah tiba membuat kita jadi mengurungkan niat untuk mengambil selfie. Pada Reno4 F, kita bisa mengandalkan fitur AI Super Night Portrait yang secara spesifik dirancang untuk keperluan ini.

Cara kerja fitur ini cukup mirip dengan HDR, di mana kamera akan mengambil beberapa gambar dengan pengaturan exposure yang berbeda, sebelum akhirnya digabungkan menjadi satu gambar yang paling optimal. Pada praktiknya, fitur ini memungkinkan tampilan wajah kelihatan lebih terang di kondisi cahaya yang redup, tapi di saat yang sama tanpa mencerahkan latar belakangnya secara berlebihan (overexposure).

Cari background dengan lampu warna-warni

AI Night Flare Portrait

Seperti Reno4 dan Reno4 Pro, Reno4 F turut dibekali fitur AI Night Flare Portrait. Untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal, Anda bisa mencari lokasi dengan latar belakang yang menampilkan banyak pancaran cahaya dari lampu, terutama yang warna-warni jika ada.

Dengan begitu, efek bokeh yang dihasilkan oleh fitur ini bakal terlihat jauh lebih dramatis. Tidak perlu jauh-jauh ke kafe atau naik ke jembatan penyeberangan, di komplek rumah pun juga oke selama bisa menemukan latar belakang yang dihiasi banyak sumber pencahayaan.

Kenakan pakaian warna-warni

AI Color Portrait

Masih seputar warna-warni, baju warna-warni bakal jadi properti yang sangat pas untuk sesi fotografi menggunakan Reno4 F. Pasalnya, ada fitur AI Color Portrait yang memungkinkan kita untuk mengisolasi warna pada subjek foto dan membuat latar belakangnya jadi hitam putih.

Fitur ini sudah menjadi favorit konsumen semenjak Reno4 diperkenalkan, dan hasil tangkapan terbaik dari konsumen kebanyakan memang melibatkan subjek yang sedang mengenakan pakaian warna-warni.

Isi waktu dengan vlogging

OPPO Reno4 F

Selagi waktu luang berlimpah selama pandemi, kenapa tidak kita manfaatkan saja untuk memulai hobi vlogging? Hitung-hitung sebagai diari selama menjalani masa sulit. Perangkat yang dibutuhkan tidak lebih dari Reno4 F itu sendiri, sebab fitur Ultra Steady Video pada perangkat ini juga berlaku untuk kamera depannya.

Singkat cerita, hasil perekaman menggunakan kamera depannya bakal terlihat cukup stabil berkat fitur ini, dan Anda juga tidak perlu mengandalkan alat bantu seperti gimbal kalau sesi vlogging-nya dilakukan selagi sebatas jalan-jalan di komplek sekitar rumah.

OPPO Reno4 F saat ini sudah bisa dibeli melalui jaringan toko fisik dan toko online OPPO, serta berbagai situs ecommerce dengan banderol resmi Rp4.299.000. Pilihan warna yang tersedia ada dua, yakni Matte Black dan Metallic White.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id