Dark
Light

5 Tips Mengembalikan Ruang Penyimpanan Perangkat iOS

1 min read
February 23, 2016

Apple masih mengeluarkan iPhone terbaru alias iPhone 6s dengan ukuran ruang penyimpanan sebesar 16GB. Banyak yang beranggapan ukuran 16GB kurang tepat untuk iPhone versi terbaru. Pasalnya ukuran gambar atau video hasil kamera yang semakin bagus akan memakan ruang penyimpanan yang cukup banyak.

Nah, kalau ruang penyimpanan di iPhone Anda sudah menipis, Anda bisa melakukan tiga tips berikut.

1. Back up foto menggunakan Google Photos

Jika Anda memiliki akun Google, Google Photos bisa Anda gunakan untuk mem-backup foto-foto yang tersimpan pada Camera Roll di perangkat iPhone Anda.

Google Photos secara pintar akan menghapus foto-foto yang sudah lebih dari 30 hari dan sudah bakcup, sehingga Anda bisa mendapat ruang penyimpanan tambahan. Alternatif lain adalah menggunakan Dropbox. Sayangnya Dropbox hanya menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 2GB.

Backup ke Google Photos

2. Menghapus lagu offline yang tersimpan

Jika Anda berlangganan Apple Music yang dan menyimpan beberapa lagu untuk didengarkan secara offline, Anda bisa menghapusnya untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan.

Caranya: Masuk ke Settings > General > Storage & iCloud Storage > Manage Storage > Music. Selanjutnya tap Edit pada pojok kanan atas dan hapus musik-musik yang sudah jarang Anda dengarkan.

Menghapus offline music

Menghapus offline music

3. Reinstal aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang memuat banyak gambar seperti Path atau Instagram dapat ‘membengkak’ ukurannya setelah digunakan beberapa lama. Menghapus dan menginstal ulang aplikasi dapat mengembalikan ruang penyimpanan yang digunakan.

Dengan menghapus aplikasi, Anda juga menghapus data-data yang tersimpan dalam aplikasi tersebut. Caranya lihat dahulu aplikasi yang memakan ruang penyimpanan besar melalui Settings > General > Storage & iCloud Storage > Manage Storage.

Setelah menemukan aplikasi tersebut, Anda dapat langsung menghapusnya dengan memilih Delete App dan menekan tombol konfirmasi pada pop up yang muncul.

Delete apps with docs

 

4. Hapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan

Ada baiknya Anda melihat kembali aplikasi-aplikasi yang terinstal. Jika terdapat ada aplikasi yang jarang atau sudah tidak lagi Anda gunakan, Anda bisa menghapusnya.

Alternatif lain adalah menghapus aplikasi yang dapat diakses melalui Safari seperti Facebook. Cara menghapus aplikasi di iOS pun mudah, cukup tekan dan tahan pada ikon aplikasi hinga muncul tanda ‘x’ di pojok kiri atas untuk menghapusnya.

Hapus apps iOS

5. Menghapus history dan data-data situs di Safari

Meski tak akan menambah lega ruang penyimpanan di iOS secara signifikan, namun tak ada salahnya mencoba menghapus data atau history atau sejarah browsing yang tersimpan di Safari. Caranya masuk Settings > Safari > Clear History and Website Data. Tekan Clear History and Data pada pop up yang muncul.

Clear history data safari

Sekian 5 tips singkat tentang bagaimana mengembalikan ruang penyimpanan perangkat iOS. Kehabisan ruang penyimpanan memang pengalaman yang kurang menyenangkan terlebih jika kita hendak mengabadikan momen-momen spesial.

Gambar header: Shutterstock

Previous Story

Bukan Z6, Sony Perkenalkan Tiga Seri Xperia X di MWC 2016

Next Story

Dimo Luncurkan “Pay by QR”, Metode Pembayaran dengan QR Code

Latest from Blog

Don't Miss

Apple-iPad-Final-Cut-Pro

Apple Akhirnya Membawa Aplikasi Final Cut Pro dan Logic Pro Ke iPad

Apple akhirnya membawa aplikasi pengeditan video dan audio profesional buatannya
iPhone 14

Dinamika Perjalanan iPhone 14 dari Produsen Hingga ke Tangan Konsumen

Terlihat bahwasanya banyak alat komunikasi di dunia, termasuk smartphone yang