5 Tips Menggunakan Teknologi Untuk Menghemat Waktu

Pepatah mengatakan, waktu adalah uang. Tak terbantahkan memang, waktu adalah segalanya. Waktu memberi kita banyak kesempatan untuk mengembangkan diri, karier, aset, dan kehidupan. Itu sebabnya membuang waktu adalah kebiasaan yang buruk, jika Anda tergolong orang yang ingin maju ke depan.

Anda dan saya beruntung karena hidup di era serba modern dan canggih sekarang ini. Sebab ada banyak teknologi yang dapat membantu kita untuk bekerja dengan efektif dan efisien. Menghemat waktu dan tenaga, namun dengan hasil yang lebih menggembirakan. Tapi, teknologi saja tidak mampu mewujudkan hal itu. Anda tetap memerlukan pengetahuan untuk memanfaatkannya. Nah, 5 tips ringan ini bisa jadi inspirasi untuk Anda.

Mencari Tempat dan Alamat dengan Cepat Melalui Google Maps dan Waze

Punya janji temu dengan calon klien di tempat yang sama sekali asing buat Anda? Tak peduli seberapa baik prospek klien tersebut, jangan buru-buru menginjak gas dan pergi tanpa petunjuk. Sebab Anda tidak hanya akan menghabiskan waktu untuk mencari lokasi, tapi juga beresiko gagal mengesankan klien dan kehilangan prospek.

Karena itu, keluarkanlah ponsel Anda dan buka Google Maps atau Waze. Jika belum punya, unduh dulu dari Play Store, App Store, atau Windows Phone Store. Google Maps dan Waze menyediakan informasi peta lengkap dengan petunjuk jalan, kelokan demi kelokan, dan juga panduan suara yang mempermudah Anda saat harus mengemudi. Di Google Maps, Anda hanya cukup mengetikkan tempat yang ingin dituju. Kemudian, aplikasi akan secara otomatis mencarikan jalur tercepat dan beberapa jalur alternatif menuju ke lokasi.

Waze bahkan punya fitur lebih keren, karena aplikasi ini juga memberdayakan komunitas sesama pengguna untuk bisa memberikan informasi jalan raya secara real-time. Tentunya disertai panduan rute menuju ke lokasi yang Anda mau.

Meeting Efektif dan Efisien dengan Skype

Meeting, brainstorming, briefing atau apapun istilahnya tidak efektif jika selalu dilakukan secara offline di satu tempat. Terlebih jika meeting dilakukan secara tiba-tiba, sementara rekan-rekan lain harus menempuh jarak yang jauh untuk mencapai lokasi. Kebiasaan lama ini tidak hanya menghabiskan waktu tapi juga mengganggu pekerjaan.

Tinggalkan cara itu dan beralih ke Skype! Skype adalah aplikasi pesan chat dan panggilan yang bisa diatur untuk dihadiri oleh beberapa pengguna. Dengan Skype tidak semua anggota harus ada di tempat. Diskusi bisa dilakukan dari mananpun, tanpa harus saling menunggu dan membuang-buang waktu.

Menghemat Waktu dengan Belanja Online

Belanja online itu asyik lho! Banyak orang yang bilang begitu. Beralasan sih, karena dengan membeli barang secara online, konsumen mendapatkan banyak keuntungan terutama bila mereka hidup di kota besar.

Keuntungan yang paling dirasakan adalah penghematan waktu, karena Anda tidak harus menyetir mobil dan terjebak macet selama berjam-jam. Tidak perlu pula mencari lahan parkir, membawa barang belanjaan, dan antre di kasir. Dengan belanja online, Anda bahkan tidak perlu harus keluar rumah. Cukup hidupkan laptop, buka browser dan pilih barang yang Anda butuhkan. Sisanya tinggal menunggu kiriman barang sampai di rumah. Beberapa e-commerce bahkan sudah melayani same day delivery, artinya pesan hari ini Anda akan terima barang hari ini juga.

Stop Buang Waktu Menunggu Baterai Ponsel Penuh, Kan Ada VOOC Flash Charge dari OPPO R7

Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan. Saya yakin Anda sepakat. Untungnya sekarang Anda tidak perlu harus menunggu saat ponsel kehabisan daya. Pasalnya kini ada teknologi baru bernama VOOC Flash Charge yang ada di OPPO R7.

Teknologi ini memungkinkan Anda memperoleh 2 jam pemakaian hanya dengan pengisian ulang selama 5 menit. Jika kurang, Anda hanya perlu menunggu selama 30 menit untuk memperoleh kembali 75% daya baterai dan bersiap kembali beraksi.

Mencatat Jadwal Meeting dan Follow-Up Klien dengan aCalendar+

Kesibukan membuat siapapun tidak selalu punya waktu untuk mencatat hal-hal penting seperti jadwal rapat, follow-up klien atau aktivitas lainnya. Apalagi harus dilakukan secara manual dengan menggunakan pena dan kertas.

Mengapa tidak memanfaatkan ponsel pintar sebagai bantuan. Terlebih sekarang ada banyak aplikasi kalender dan to do yang menawarkan bantuan cepat dan cerdas. Salah satu contoh, aplikasi aCalendar+.

Aplikasi ini membantu Anda mengatur jadwal kegiatan dengan cepat, juga mempunyai fitur notifikasi untuk setiap kegiatan terdekat berikutnya. Semua dilakukan dari satu aplikasi, tanpa pena dan kertas. Bahkan dapat dilakukan saat Anda sedang dalam perjalanan menuju ke suatu pertemuan.

Demikan 5 tips memanfaatkan teknologi untuk menghemat waktu dan mendongkrak produktivitas kerja Anda. Semoga dapat menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi karier dan pekerjaan Anda.

Dan untuk mengetahui lebih banyak tentang OPPO R7, klik saja di sini. Salam sukses!

Sumber gambar Oppo, gambar header Shutterstock.

*) Artikel ini hasil kerja sama OPPO R7 dan Trenologi