30 June 2018

by Bambang Winarso

5 Tips Mudah Agar Blog Diterima Google Adsense

Jangan buru-buru daftar, pastikan dulu blog Anda memenuhi kriteria-kriteria ini

Hampir dapat dipastikan tak ada satupun blogger yang tidak mengenal Google Adsense. Ini adalah program periklanan berbayar yang ditujukan bagi para penerbit, pemiliki web, blogger, vlogger untuk memperoleh pendapatan dari setiap kunjungan atau view di konten terbitannya.

Di luar sana ada banyak sekali program bisnis online yang juga menjanjikan pendapatan bagi blogger, tapi Google Adsense masih menjadi yang terbaik meskipun untuk mengikutinya tidak bisa dibilang mudah.

Untuk tergabung di program Google Adsense, aturan pertama Anda harus mempunyai blog atau video YouTube. Tetapi, bukan sekadar punya, melainkan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan mendapatkan persetujuan. Berikut ada beberapa tips agar blog Anda diterima oleh Google Adsense dan segera mendatangkan pundi-pundi uang.

Kualitas Konten

Bak sebuah masakan, konten adalah bahan utamanya. Tanpa bahan utama, Anda akan sulit mendapatkan sebuah suguhan yang bisa dinikmati. Demikian juga di dunia blogging. Konten memegang peranan paling penting, karena komponen inilah yang akan dinikmati oleh pembaca, membantu mereka mendapatkan solusi atas permasalahan dan juga menjadi sumber informasi atas topik yang diminati.

Bagaimanakah kriteria konten yang berkualitas itu?

Ada beberapa, di antaranya.

  • Cukup panjang, paling tidak di atas 500 kata meskipun bersifat relatif terutama untuk blog berjenis berita.
  • Berikutnya, orisinil. Jadi, panjang saja tidak cukup, artikel yang diterbitkan juga harus orisinil, bukan copy paste dari sumber lain. Orisinilitas sangat penting, saking pentingnya, kendati artikel Anda tak cukup panjang tetapi bukan hasil copy paste, sudah cukup untuk dianggap sebagai konten yang berkualitas.
  • Dilengkapi dengan berbagai elemen, seperti gambar, rujukan yang valid dan relevan, video, infografis dan tersusun atas kaidah penulisan yang baik.
  • Up to date. Artinya, tulisan terus diperbarui sesuai dengan kondisi terkini atau sesuai dengan momennya.
  • Berjumlah lebih dari 25 artikel. Ini bukan angka pasti dari Google, melainkan angka ideal yang saya tentukan sendiri berdasarkan pengalaman. Mudahnya, begini. Jika Anda punya 5 kategori utama, maka paling tidak masing-masing kategori sudah berisi 5 artikel yang menurut saya pribadi sudah cukup baik untuk ukuran blog baru.

Navigasi

Navigasi menjadi komponen penting yang diperhatikan oleh Google dalam menilai kelayakan sebuah blog. Tak jarang, Google menolak permintaan pengguna dengan alasan navigasi yang buruk.

Navigasi yang baik ditentukan oleh beberapa hal.

  • Yang pertama, mudah ditemukan. Blog berbasis WordPress misalnya, mempunyai panel khusus untuk membuat menu. Tetapi, penggunalah yang memutuskan di mana dan bagaimana menu akan ditampilkan. Jadi, pastikan menu yang Anda tampilkan mudah ditemukan oleh pembaca, tidak tersembunyi, ukurannya pas dan dengan warna yang tepat pula.
  • Valid. Menu tidak sebatas ada, tetapi juga memuat tautan yang valid dan tidak memuat tautan dari web-web spam.
  • Lengkap, terdiri dari beberapa menu wajib seperti about us, privacy policy, TOS, contact US dan juga kategori-kategori konten yang disajikan.

Kecepatan

Kriteria lain yang cukup menentukan diterima tidaknya blog Anda di Google Adsense adalah kecepatan. Kecepatan blog ditentukan oleh banyak hal, yang utama adalah server dan pengaturan blog itu sendiri, mulai dari pemilihan tema, penggunaan gambar, header, script, javascript dan lain sebagainya.

Google sendiri sudah memberikan alat bantu untuk mengoptimalkan kecepatan blog pengguna, bisa dilihat di tautan ini. Targetnya adalah memperoleh kecepatan optimal sebelum blog didaftarkan ke Google Adsense. Makin cepat performa blog, maka makin besar pula kesempatan untuk diterima.

Optimalkan Lalu Lintas Pengunjung Terlebih Dahulu

Kendati bukan yang paling menentukan, tetapi lalu lintas pengunjung web menjadi salah satu tolak ukur baik dan buruknya sebuah blog. Google sendiri tak mematok angka berapa lalu lintas yang ideal, tetapi praktik terbaik adalah dengan memperoleh lalu lintas alami dari mesin pencari paling tidak 100 per hari sebelum blog didaftarkan.

Desain

Pilihan desain berdampak pada dua hal, kecepatan dan navigasi. Desain yang bagus tak jarang justru mengorbankan kecepatan, dan tak sedikit yang mengabaikan kaidah navigasi yang disyaratkan oleh Google. Pilihan paling bijak adalah dengan menerapkan desain yang modern tetapi tidak berlebihan sehingga tetap cepat saat diakses dan mempunyai komponen-komponen navigasi yang baik.

Itu dia 5 tips agar blog Anda diterima di Google Adsense. Mudah dipraktikkan oleh siapapun, termasuk blogger pemula. Selamat menulis dan semoga sukses.

Jika sudah siap untuk mendaftar, silahkan ke web resminya di tautan ini.