5 Tips Praktis Bermain Dota 2 untuk Pemula

Selalu ingat kelima tips ini selagi Anda mengasah keterampilan bermain Dota 2

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai beberapa hero tipe Support dan Carry di Dota 2 yang cocok untuk dimainkan oleh para pemula. Namun meski Anda sudah menguasai hero-hero tersebut, hal ini tetap bukan jaminan Anda bakal menang di setiap pertandingan.

Alasannya sederhana: Dota 2 memiliki banyak variabel penentu kemenangan. Salah satu yang mungkin sering terlupakan adalah kerja sama. Namun sebelum Anda mengoreksi cara bermain orang lain, ada baiknya mengintrospeksi diri sendiri lebih dulu dengan 5 tips praktis berikut ini.

1. Hilangkan kebiasaan auto-attack

Biasakan last hit, bukan auto-attack / Valve

Istilah auto-attack ada kaitannya dengan last hit, yang notabene merupakan mekanisme terpenting dalam Dota 2. Mengapa kebiasaan auto-attack harus dihapuskan? Karena ini akan mempersulit upaya Anda mencari last hit sebanyak mungkin.

Alasan kedua, auto-attack akan mendorong creep Anda maju ke tower musuh. Kalau sudah begitu, posisi Anda pun berada di titik berbahaya, dimana musuh bisa lebih mudah membokong Anda yang terlalu maju dari batas aman. Tidak cuma itu, hero musuh pun jadi bisa farming dengan lebih mudah karena ia selalu dilindungi oleh tower-nya.

2. Biasakan selalu melihat minimap

Icon-icon kecil ini semua ada artinya dan sangat membantu jalannya permainan / Valve

Minimap yang ada di ujung kiri bawah itu bukanlah tanpa fungsi. Dari peta kecil itu kita bisa mengira-ngira posisi hero musuh ada di mana. Saat tidak ada hero musuh yang terlihat di minimap, ada baiknya Anda mundur ke titik aman. Mengapa? Karena itu bisa jadi pertanda tim musuh sedang melakukan mobilisasi untuk membokong salah satu dari tim Anda.

3. Selalu bawa Town Portal Scroll

Selalu sisakan satu slot item untuk Town Portal Scroll / Valve

Apapun hero yang Anda mainkan, Anda butuh Town Portal Scroll, item seharga 50 gold untuk melakukan teleportasi – bahkan Nature Prophet yang punya skill Teleportation pun terkadang memerlukannya. Mengapa item ini penting? Karena ia bisa jadi penyelamat di saat Anda sedang dikejar-kejar musuh. Sedikit masukan mengenai cara menggunakannya ketika dikejar-kejar musuh: cari lokasi aman dulu sebelum mengaktifkannya.

Di sisi lain, Town Portal Scroll juga bisa menjadi penyelamat nyawa rekan setim Anda. Saat rekan setim Anda tengah di-gank, Anda bisa segera melakukan teleportasi ke lokasi di dekatnya dan menyelamatkannya dari maut. Singkat cerita, selalu sisakan 1 slotitem untuk Town Portal Scroll.

4. Sering-sering ambil rune di sungai

Rune Double Damage seperti di gambar ini sangat membantu ketika Anda hendak membokong hero musuh / Valve

Dua rune yang terletak di sisi atas dan bawah sungai sangatlah membantu bagi progress tim. Di awal-awal permainan, rune Bounty akan memberikan gold ekstra bagi yang mengambil dan mengaktifkannya. Lanjut ke menit-menit selanjutnya, ada rune Haste, Double Damage, Invisibility, Illusion atau Arcane, yang semuanya bisa dijadikan alat bantu membokong musuh.

Rune ini muncul setiap dua menit. Jika Anda bermain di lanemid, mengambil rune sudah merupakan kewajiban. Bagi yang berada di lane lain, bisa membantu mengingatkan atau malah mengambilnya sendiri sebelum diambil hero musuh.

5. Jangan terburu-buru membeli sepatu

Boots of Speed itu penting, tapi bukan di awal permainan / Reddit

Boots of Speed, harganya 400 gold, fungsinya menambah 45 movement speed. Pemula Dota 2 biasanya langsung tergiur untuk membeli item ini di awal permainan. Saran saya, sebaiknya jangan, karena uang itu jauh lebih baik Anda belikan item yang lebih berpengaruh di awal permainan seperti Tango, Healing Salve, Faerie Fire, Clarity, Magic Stick, Iron Branch, Stout Shield, Quelling Blade, dan masih banyak lagi.

Barulah di menit-menit pertama setelah Anda mempunyai 400 gold, Boots of Speed bisa dijadikan salah satu opsi pertama. Intinya, sepatu itu penting, tapi bukan di awal permainan.